Bayar Tol Tanpa Henti Bisa Jalan Tahun Ini, Tapi Kepastian Tergantung Hungaria

Uji coba dan implementasi sistem bayar tol tanpa henti pasti mengalami kemunduran. Pasalnya, dengan penerapan teknologi baru ini, pemerintah melihat jalan tol sebagai satu sistem jaringan, bukan ruas per ruas.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 09 Agu 2023, 17:30 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2023, 17:30 WIB
Tol Tak Layani Pembayaran Tunai
Progres bayar tol tanpa henti sudah berjalan baik. Namun, pemerintah masih menunggu rencana implementasinya dari Roatex Indonesia Toll System.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengabarkan perkembangan implementasi sistem bayar tol tanpa henti atau multi lane free flow (MLFF) yang dioperatori perusahaan asal Hungaria, Roatex Ltd Zrt melalui PT Roatex Indonesia Toll System (RITS).

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja menilai, progres bayar tol tanpa henti sudah berjalan baik. Namun, pemerintah masih menunggu rencana implementasinya dari Roatex Indonesia Toll System.

"Hungaria sudah siap untuk menyampaikan rencana kerjanya. Artinya konsolidasinya sudah hampir selesai, sudah berkirim surat ke kita untuk segera memulai persiapan-persiapan menuju penerapan. Tapi kita akan lihat rencana kerjanya. Kalau rencana kerjanya sendiri kami belum terima," ujarnya di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Endra menyampaikan, persoalan internal antara RITS dan Roatex sudah terselesaikan.

 

"Artinya sudah ada mitra lokal, mereka juga kita minta untuk menyiapkan rencana kerja. Itu belum kita terima," imbuh Endra.

Namun, Endra tak memungkiri uji coba dan implementasi sistem bayar tol tanpa gerbang ini pasti mengalami kemunduran. Pasalnya, dengan penerapan teknologi baru ini, pemerintah melihat jalan tol sebagai satu sistem jaringan, bukan ruas per ruas.

"Pasti ada delay, kita tunggu lah rencana kerjanya seperti apa. Kita perlu diskusikan dengan Himbara, ada risiko-risiko kita mitigasi. Dengan Korlantas, para BUJT, kita harus bicarakan lagi," ungkapnya.

Tol Bali Mandara

Menurut dia, Jalan Tol Bali Mandara nantinya akan tetap jadi prioritas sebagai tempat uji coba sistem MLFF. Sebab, panjang ruas tol itu relatif pendek dengan trafik lalu lintas tidak terlalu padat.

Saat ditanya kepastian kapan penerapan tol tanpa henti akan dilakukan, Endra berharap itu bisa direalisasikan tahun ini. Dengan syarat, RITS bisa cepat menyampaikan rencana kerjanya.

"Mudah-mudahan (tahun ini). Tapi kita kan belum terima ya rencana kerjanya. Cuman yang kita terima bahwa mereka sudah menyiapkan tim baru dan akan segera menyampaikan," tuturnya.


Kenali Apa Itu Teknologi RFID, Pemakaiannya hingga Bayar Tol Tanpa Berhenti

Sistem Transaksi Jalan Tol Tanpa Henti
Pengendara melintas memasuki gerbang tol transaksi non tunai di pintu masuk tol ruas Tangerang, Banten, Rabu (17/7/2019). Pembayaran tarif tol nantinya akan menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) berupa aplikasi FLO yang tertempel pada kendaraan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Teknologi Radio Frequency Identification atau biasa disebut RFID mungkin sering terdengar. Teknologi RFID ini juga ditemui saat menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari.

Misalkan saja saat identifikasi karyawan, aset perusahaan dan pembayaran tol baik memakai kartu e-toll hingga stiker RFID serta dipakai di supermarket untuk identifikasi belanja barang. Lalu apakah teknologi RFID ini, dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari?

Mengutip laman baktikominfo.id, ditulis Senin (10/7/2023), RFID merupakan teknologi yang digunakan untuk identifikasi dan pengambilan data dengan memakai barcode atau magnetic card. Metode identifikasi memakai sarana yang disebut label RFID yang berfungsi menyimpan dan mengambil data jarak jauh.

Label RFID pada praktiknya dapat disematkan pada suatu produk hingga sesuatu yang hidup. Proses identifikasi pada RFID ini dapat terjadi memakai gelombang elektromagnetik. Oleh karena itu, proses identifikasi RFID membutuhkan dua perangkat yakni tag dan reader sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Adapun RFID tag merupakan alat yang menempel pada benda yang akan diidentifikasi oleh RFID reader. RFID tag terdiri dari dua jenis yakni aktif dan pasif.

Tag pasif dapat dipakai tanpa harus memakai baterai sedangkan tag aktif memerlukan baterai untuk bisa dioperasikan. RFID tag berisi suatu tag unik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Selain itu, informasi yang tersimpan pada suatu beda atau objek yang terhubung pada tag hanya terdapat pada sistem atau data base yang dihubungkan ke RFID reader.

RFID reader ini merupakan alat yang mampu membaca RFID tag. RFID reader juga terdiri dari RFID reader pasif dan RFID reader aktif. RFID reader pasif mampu menjangkau hingga 600 meter. Akan tetapi, reader pasif hanya mampu menerima sinyal radio dari tag aktif.

Sementara itu, reader aktif dapat memancarkan sinyal interrogator ke tag dan menerima balasan autenfikasi dari tag. Selain itu, sinyal interrogator juga dapat berfungsi sebagai sumber daya tag pasif.

 


Pemakaian dan Aplikasi RFID

Sistem Transaksi Jalan Tol Tanpa Henti
Pengendara melintas memasuki gerbang tol transaksi non tunai di pintu masuk tol ruas Tangerang, Banten, Rabu (17/7/2019). Pembayaran tarif tol nantinya akan menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) berupa aplikasi FLO yang tertempel pada kendaraan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemakaian RFID juga diminati. Label atau tag dapat dibaca jika melewati dekat pembaca label. Bahkan dalam keadaan tertutup oleh objek lainnya. Label juga dapat dibaca dalam suatu wadah, karton dan kotak.

Label RFID dapat sekaligus membaca ratusan pada satu waktu. Saat ini, RFID banyak dipakai oleh perusahaan untuk keperluan identifikasi karyawan dan aset perusahaan.

RFID juga dipakai di supermarket untuk identifikasi ketika belanja barang. RFID juga dipakai di mobil untuk identifikasi penggunaan BBM bersubsibsidi. Selain itu, RFID juga dipakai untuk pembayaran tol tanpa kontak langsung. Sedangkan di bandara, RFID juga digunakan untuk keperluan pelacakan bagasi.

Bicara mengenai pemakaian RFID untuk pembayaran tol tanpa kontak langsung, di media sosial ramai video pengemudi mobil yang diberhentikan oleh petugas pintu tol karena belum membayar tol.

infografis Tarif Tol Dalam Kota Naik
infografis Tarif Tol Dalam Kota Naik
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya