Harga Minyak Dunia Tak Lagi Perkasa Tersandung Perundingan Venezuela

Harga minyak acuan melonjak pada pekan lalu di tengah kekhawatiran konflik di Timur Tengah dapat meluas, dengan harga minyak acuan global Brent naik 7,5% yang merupakan kenaikan mingguan tertinggi sejak Februari.

oleh Arthur Gideon diperbarui 17 Okt 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2023, 08:00 WIB
Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/Atlascompany
harga minyak Brent berjangka ditutup pada USD 89,65 per barel. Angka tersebut turun USD 1,24, atau 1,4%. Sedangkan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) turun USD 1,03 atau 1,2%, dan berakhir pada level USD 86,66 per barel.Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/Atlascompany

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia turun lebih dari USD 1 per barel pada perdagangan Senin karena meningkatnya ekspektasi bahwa Amerika Serikat (AS) dan Venezuela akan segera mencapai kesepakatan untuk mengurangi sanksi terhadap ekspor minyak mentah Venezuela.

Sementara para pelaku pasar melihat bahwa setelah berjalan sepekan lebih, konflik antara Hamas dan ISrael tidak mengancam pasokan minyak dalam jangka pendek sehingga tidak akan berdampak kepada harga minyak dunia.

Mengutip CNBC, Selasa (17/10/2023), harga minyak Brent berjangka ditutup pada USD 89,65 per barel. Angka tersebut turun USD 1,24, atau 1,4%.

Sedangkan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) turun USD 1,03 atau 1,2%, dan berakhir pada level USD 86,66 per barel.

Pemerintah dan oposisi Venezuela akan kembali melakukan perundingan politik minggu ini setelah hampir satu tahun. Sementara sumber mengatakan AS telah mencapai kesepakatan awal untuk meringankan sanksi terhadap industri minyak Venezuela dengan imbalan pemilihan presiden Venezuela yang kompetitif dan diawasi pada tahun depan.

“Kesepakatan yang dilaporkan akan membantu meningkatkan produksi minyak negara tersebut dari tingkat yang sangat tertekan,” kata kepala ekonom negara berkembang di Capital Economics William Jackson.

“Tetapi sektor ini memerlukan investasi yang sangat besar untuk mengembalikan output ke tingkat yang dicapai satu dekade lalu,” tambah Jackson.

“Dan hal ini tidak akan berdampak signifikan terhadap defisit pasar minyak global dalam waktu dekat.”

Harga minyak acuan melonjak pada pekan lalu di tengah kekhawatiran konflik di Timur Tengah dapat meluas, dengan harga minyak acuan global Brent naik 7,5% yang merupakan kenaikan mingguan tertinggi sejak Februari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Negosiasi Venezuela

Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP
Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP

Sedangkan Presiden Lipow Oil Associates Andrew Lipow mengatakan, di awal pekan ini, harga minyak dunia mengalami tekanan yang tampaknya merupakan istirahat sejenak untuk melihat kejadian di Timur Tengah dibandingkan dengan perkiraan peningkatan produksi di Venezuela.

“Negosiasi dengan Venezuela dapat menyebabkan lonjakan ekspor minyak mentah yang sudah tersedia,” kata Lipow.

“Tetapi peningkatan produksi masih merupakan sebuah jalan keluar mengingat kondisi infrastruktur energi Venezuela yang sudah bobrok.”

 


Perang Palestina dan Israel

Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/wirestock
Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/wirestock

Para pedagang mengatakan perang antara Israel dan kelompok militan Islam Palestina Hamas sejauh ini masih terfokus di Jalur Gaza.

“Hal yang sama terjadi pada hari Senin dalam hal konflik di Timur Tengah dapat diatasi karena mempengaruhi pasokan minyak mentah,” kata John Kilduff, mitra Again Capital LLC.

Serangan udara Israel terhadap Gaza meningkat pada hari Senin, setelah upaya diplomatik AS untuk mengatur gencatan senjata di Gaza selatan gagal.

Rusia juga telah memasuki pertikaian diplomatik, dengan Presiden Vladimir Putin akan mengadakan pembicaraan dengan Iran, Israel, Palestina, Suriah dan Mesir.

Meningkatnya ketegangan di Timur Tengah mungkin telah menambah faktor risiko lain yang mendorong harga lebih tinggi pada minggu lalu, kata sumber pasar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya