Bidik Para Bos, Tiket First Class Kereta Cepat Whoosh akan Dijual Rp 600 Ribu

KCIC telah mendapat testimoni positif dari sejumlah bos perusahaan yang sudah menjajal Kereta Cepat Whoosh. Utamanya diakui ada perbedaan waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 18 Okt 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2023, 16:00 WIB
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Hotel Shangri-La, Rabu (18/10/2023). Arya mengungkapkan harga tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Arief/Liputan6.com)
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Hotel Shangri-La, Rabu (18/10/2023). Arya mengungkapkan harga tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Arief/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkap kisaran harga tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh untuk first class. Nantinya tiketnya akan dijual sekitar Rp 500.000-600.000 untuk sekali jalan.

Diketahui, Kereta Cepat Whoosh mulai berbayar per 18 Oktober 2023. Tarif normal yang berlaku adalah Rp 300.000 untuk satu kali perjalanan kelas ekonomi premium. Namun, hingga akhir November nanti, masih berlaku tarif promo kereta cepat Rp 150.000 dengan pembelian via aplikasi.

"(Kelas) Ekonomi premium Rp 300 ribu, bisnis bisa sampe Rp 500.000-600.000," ujar dia saat ditemui di Hotel Shangri-La, Rabu (18/10/2023).

Sebelumnya, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan kisaran yang serupa. Dia menegaskan, dengan tarid Rp 600.000 sekali jalan, dia menyasar para bos-bos perusahaan.

"Sebenarnya kalau menurut saya itu tarif persepsi sih. Kalau Rp 600.000 kelas first class ya, kan kita nyasarnya juga bos-bos kan. Bos-bos memang mikir akses? Mikir waktu," ujarnya di Stasiun KCIC Halim.

Dia mengaku telah mendapat testimoni positif dari sejumlah bos perusahaan yang sudah menjajal Kereta Cepat Whoosh. Utamanya diakui ada perbedaan waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung.

"Ini kan sebagian ngomong ke saya ya. 'Pak, saya udah nyoba 3-4 kali kereta cepat nih.

Kemarin naik mobil 3,5 jam. Jet lag,' katanya, Bener. Itu namanya membuat mereka tergantung sama kita. Yang semula kebutuhan jadi bergeser keinginan," paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Waktu Tempuh

Tampilan Kereta Cepat 'Whoosh'
Penggunaan nama Whoosh terinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini. (Yasuyoshi CHIBA/AFP)

Dia menyebut, waktu tempuh jadi pertimbangan utama para pebisnis tersebut. Dwiyana menerangkan, perjalanan Stasiun Halim-Padalarang dengan Kereta Cepat Whoosh bisa ditempuh 25 menit saja. 

Lalu, bisa disamping dengan akses tol ke Gerbang Tol Padalarang sekitar 3 menit, dan perjalanan kurang lebih 10-15 menit. Akses itu dinilai lebih mudah dan cepat di mata para bos perusahaan.

"Dibandingkan naik mobil 3 jam setengah. Jet lag dia bilang. Naik mobil sekarang. Itu ya mungkin baru satu orang yang ngomong gitu. Mungkin termasuk saya juga akan ngomong gitu. Tapi kan semakin lama semakin banyak," paparnya.


Tiket Promo

Tampilan Kereta Cepat 'Whoosh'
Kereta cepat Jakarta-Bandung yang diberi nama 'Whoosh' terlihat setelah peresmiannya di stasiun Halim, Jakarta, 2 Oktober 2023. (Yasuyoshi CHIBA/AFP)

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) memberlakukan tarif promo tiket Kereta Cepat Whoosh. Calon penumpang mendapat diskon 50 persen dari harga normal atau Rp 150.000.

"Melalui momen peresmian perjalanan perdana Kereta Cepat Whoosh berbayar, KCIC menghadirkan promo tiket seharga Rp150.000 untuk kelas premium economy keberangkatan 18-30 November 2023," ujar Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi di Stasiun Halim, Jakarta, dikutip Rabu (18/10/2023).

Momen ini juga diikuti dengan peresmian penjualan tiket di aplikasi resmi yaitu Whoosh Kereta Cepat serta bekerjasama dengan aplikasi Access by KAI dan Livin by Mandiri.

Dwiyana menjelaskan, promo ini diberikan sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk mengurangi kemacetan dan polusi sebagai dampak tingginya penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya. Promo tersebut juga diberikan dalam rangka HUT KCIC yang ke-8 yang jatuh pada 16 Oktober 2023 serta mendorong penggunaan aplikasi mobile untuk pemesanan tiket khususnya Whoosh Kereta Cepat.

“Diharapkan melalui beragam promo tiket Kereta Cepat Whoosh yang dihadirkan dapat menarik minat masyarakat untuk beralih dari jalan raya ke transportasi publik berbasis rel khususnya kereta cepat,” ungkapnya.

 


Beli Lewat Aplikasi

Harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung WHOOSH dikabarkan akan dijual Rp 250 Ribu
Harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung WHOOSH dikabarkan akan dijual Rp 250 Ribu (dok: Tira)

Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket Kereta Cepat Whoosh seharga Rp 150.000 dapat segera mengunduh dan memesan tiket melalui aplikasi resmi.

Yakni, Whoosh Kereta Cepat maupun Access By KAI, Livin by Mandiri, dan menyusul dalam waktu dekat di aplikasi BRImo dan BNI Mobile Banking. Mulai hari ini pula, pembayaran tiket Kereta Cepat Whoosh telah dapat dilakukan di berbagai channel pembayaran serta Virtual Account Bank Mandiri, BRI, dan BNI. 

Aplikasi Whoosh Kereta Cepat sudah bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store. Dengan aplikasi Whoosh, penumpang akan lebih mudah untuk melihat jadwal, melakukan pemesanan, hingga melakukan boarding melalui QR Code tiket yang akan muncul di Aplikasi setelah melakukan pemesanan. 

Infografis Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya