GoPay Merchant Hadirkan 3 Inovasi Baru dalam Layanan Keuangan UMKM, Intip Keunikannya

GoTo Financial meluncurkan aplikasi GoPay Merchant yang memiliki sejumlah keunggulan. Berikut sejumlah keunggulannya.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 25 Jul 2024, 15:45 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 15:45 WIB
GoPay Merchant Hadirkan 3 Inovasi Baru dalam Layanan Keuangan UMKM, Intip Keunikannya
Unit bisnis financial technology GoTo, GoTo Financial meluncurkan aplikasi GoPay Merchant. (Foto: Liputan6.com/Natasha KA)

Liputan6.com, Jakarta - Unit bisnis financial technology GoTo, GoTo Financial meluncurkan aplikasi GoPay Merchant pada Kamis, 25 Juli 2024.

Aplikasi tersebut menawarkan layanan keuangan yang aman dan mudah bagi pelaku usaha, terutama UMKM, dengan berbagai keunggulan. Keunggulan pertama, adalah proses pendaftaran QRIS tercepat di Indonesia, yang hanya memerlukan waktu 30 detik. 

Keunggulan lainnya, adalah pemilik usaha bebas mencairkan uang hasil penjualan kapan saja setiap harinya, termasuk pengaturan secara otomatis saat jam operasional toko tutup. 

Fitur pengaturan pencairan ini juga merupakan yang pertama di Indonesia, sebagai solusi tepat bagi UMKM dengan perputaran uang yang cepat untuk menjaga kelangsungan usaha. 

Selain bisa mencairkan uang kapan saja, pengusaha juga dapat menjadwalkan pencairan hasil jualan pada akhir jam operasional toko setiap harinya.   

Pemilik Toko Buah Adam Jaya di kawasan Pasar Rebo Jakarta, Adam Jodi Firmansyah mengungkapkan, ia sangat terbantu menjalankan bisnisnya dengan pengaturan pencairan GoPay Merchant yang bisa dilakukan tanpa batas waktu.

"Ibu saya harus pegang uang tunai setiap harinya untuk bisa langsung belanja ke supplier. Fitur pencarian yang fleksibel di aplikasi GoPay Merchant sangat membantu kami mencairkan hasil penjualan kapan saja, di hari yang sama, bahkan bisa diatur sesuai waktu tutup lapak kami," ungkap Adam dalam keterangannya di Kantor GoTo di Jakarta, Kamis (25/7/2024).

"Pendapatan yang diterima hari ini bisa kami gunakan lagi untuk modal pembelian stok untuk jualan esok harinya, jadi saya tidak perlu nalangin dulu agar Ibu bisa belanja stok buah seperti sebelumnya,” ia menambahkan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keunggulan Lainnya

GoTo Financial, unit bisnis financial technology PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), resmi meluncurkan aplikasi GoPay. (Elga/Liputan6.com)
GoTo Financial, unit bisnis financial technology PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), resmi meluncurkan aplikasi GoPay. (Elga/Liputan6.com)

Keunggulan lainnya adalah perangkat GoPay Spiker yang secara eksklusif tersedia di Gopay Merchant. Manfaat GoPay Spiker dirasakan oleh Yennita Vera (Nita), pemilik Warung Prasmanan Dapur Cigeulis Jakarta. 

"GoPay Spiker membantu saya terhindar dari transaksi palsu sekaligus membantu saya melayani pembeli dengan lebih cepat, terutama saat di jam-jam ramai. Saya cukup mendengarkan suara dari GoPay Spiker untuk memastikan pembayaran telah masuk sesuai nominal, sembari menyiapkan pesanan pelanggan,” ungkap Nita, yang telah menjalankan Dapur Cigeulis sejak tahun 2019 di Blok M Square, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan itu,  Group Head of Merchant Services GoTo Financial, Haryanto Tanjo menuturkan, GoPay Spiker mengeluarkan notifikasi berupa suara untuk tiap nominal transaksi QRIS yang dilakukan pelanggan. 

"Inovasi ini merupakan yang pertama di Indonesia dan menawarkan tiga manfaat. Pertama, menghindari potensi terjadinya transaksi palsu; kedua, menghilangkan kekhawatiran adanya transaksi yang tidak sesuai nominal atau transaksi tidak langsung masuk ke rekening; dan ketiga, fitur ini juga membantu merchant untuk dapat melayani pembeli dengan lebih cepat karena tidak perlu bolak-balik memeriksa aplikasi untuk verifikasi transaksi,” jelas dia.


GoPay Bareng Bank Jago Kenalkan Tabungan Syariah

Pers Konferensi GoPay Tabungan Syariah by Jago
GoPay bersama Bank Jago hari ini memperkenalkan GoPay Tabungan Syariah by Jago pada Selasa (5/12/2023) - (Liputan6.com/Vatrischa Putri Nur Sutrisno)

Sebelumnya, GoPay gandeng Bank Jago meluncurkan fitur baru GoPay Tabungan Syariah by Jago. GoPay Tabungan Syariah ini merupakan rekening transaksi sehari-hari yang menggunakan akad Wadiah Yad Dhamanah.

GoPay Tabungan Syariah by Jago ini nantinya akan bisa diakses melalui aplikasi GoPay maupun Gojek, dan langsung terafiliasi dengan rekeningBank Jago.

Akad Wadiah Yad Dhamanah merupakan syariah yang mempraktikkan kaidah keuangan dan transaksi syar'i menurut aturan agama Islam.

Kata 'wadiah' itu sendiri merupakan kata berbahasa Arab yang artinya menitipkan sesuatu ke pihak lain yang bisa dipercaya. Oleh karena itu, GoPay Tabungan Syariah by Jago ini tidak menetapkan sistem bunga.

Head of Marketing Money Management GoPay Kiki Apriyani mengatakan bahwa GoPay akan terus berinovasi dengan selalu menghadirkan layanan keuangan lainnya.

Lebih lanjut, Kiki menuturkan kehadiran GoPay Tabungan Syariah by Jago ini bisa meningkatkan pangsa pasar keuangan syariah di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya muslim.

"Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, di mana populasi Muslim mencapai 241,7 juta jiwa di tahun 2022. Sementara, berdasarkan data OJK, per Juli 2023 pangsa pasar keuangan syariah di Indonesia baru mencapai 7,16% dari total aset keuangan nasional. Potensi pasar ini jelas masih besar,” jelas Kiki dikutip pada Rabu (6/12/2023).

Meski berbasis syariah, GoPay dan Bank Jago akan menyediakan produk dan layanan dengan inovasi dan fitur yang setara dengan layanan keuangan konvensional.

Ekonom Piter Abdullah mengapresiasi kolaborasi ini karena bisa melengkapi kebutuhan masyarakat dengan memanfaatkan komposisi yang ada.

"Yang perlu diapresiasi dari kolaborasi ini adalah bagaimana melengkapi semua nasabah. Dari collab ini Bank Jago dapat casa (dana murah). Pengguna juga bisa memanfaatkan gopay sebagai e-money. Sistem pembayaran kita murah dan mudah," ungkapnya.

 


Gopay Tabungan Syariah

Setelah GoTo Financial meluncurkan GoPay Tabungan by Jago sebulan lalu, mereka telah menghimpun kurang lebih 400 ribu pengguna. Tak hanya sampai situ, GoPay dan Bank Jago berharap layanan Gopay Tabungan Syariah by Jago akan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sebagai bank berbasis teknologi dengan ekosistem digital, ini beberapa manfaat Gopay Tabungan Syariah by Jago yang ditawarkan.

Pertama ada layanan GoPay yang simpel. Melalui GoPay atau Gojek, pengguna dapat mengubah saldo Gopay menjadi Gopay Tabungan Syariah by Jago dengan waktu 2 menit. Kemudian tidak ada minimum saldo dan biaya administrasi bulanan.

Layaknya GoPay, pengguna bisa top up dan bertransaksi kapan saja dan di mana saja.

GoPay Tabungan Syariah by Jago juga aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

GoPay Tabungan Syariah by Jago telah disesuaikan dengan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dan disupervisi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS), sehingga nasabah bisa tenang mengelola keuangan sesuai dengan cara dan keyakinan mereka.

“Sebagai bank berbasis teknologi yang tertanam di dalam ekosistem digital Indonesia, Bank Jago memiliki aspirasi untuk meningkatkan kesempatan tumbuh bagi masyarakat Indonesia melalui solusi finansial digital syariah yang berfokus pada kehidupan,” ujar Waasi Sumintardja, Head of Sharia Business Bank Jago.

Infografis: Deretan Bank Digital di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis: Deretan Bank Digital di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya