Pertamina EP Bor 2 Sumur Migas Baru, Ratusan Barel Minyak Bakal Mengucur

PT Pertamina EP (PEP) Tarakan Field Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina, memulai kegiatan pengeboran dua sumur minyak baru, yakni Pamusian PAM SE-1 dan PAM SE-2, di Kelurahan Kampung Satu, Kota Tarakan, hal ini menjadi bukti Subholding Upstream Pertamina mendukung ketahanan energi nasional.

oleh Septian Deny diperbarui 28 Agu 2024, 14:40 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 14:40 WIB
Cadangan Minyak Tambun Bekasi
VP Explorations Pertamina EP, Indra Yuliandri mengatakan pengeboran sumur EPN-001 yang ada di Tambun ini merupakan bukti keberhasilan dari konsep baru yang dilakukan PEP berupa stratigraphic trap di Formasi Lower Cibulakan, Sub Cekungan Ciputat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina EP (PEP) Tarakan Field Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina, memulai kegiatan pengeboran dua sumur minyak baru, yakni Pamusian PAM SE-1 dan PAM SE-2, di Kelurahan Kampung Satu, Kota Tarakan, hal ini menjadi bukti Subholding Upstream Pertamina mendukung ketahanan energi nasional.

Tarakan Field Manager, Cahyo Tri Mulyanto, mengatakan, investasi dalam pengeboran sumur pengembangan terus dilakukan di lingkungan Subholding Upstream Regional 3 Zona 10. Kali ini, pada 16 Agustus 2024, pengeboran kedua sumur tersebut merupakan bagian dari rencana pengeboran lima sumur pada tahun ini.

Pengeboran ini merupakan langkah strategis perusahaan untuk menjaga tingkat produksi migas dari aset-aset yang dikelola saat ini. Menurutnya, struktur area Pamusian telah memberikan kontribusi signifikan sejak tahun 1.900-an dan diyakini masih menyimpan potensi untuk dikembangkan lebih lanjut.

“Pengeboran sumur Pamusian PAM SE-1 dan PAM SE-2 diharapkan dapat memberikan tambahan produksi ratusan barel minyak per hari untuk menjaga produksi Tarakan Field dan mendukung penyediaan energi nasional," kata Cahyono, Rabu (28/9/2024).

Selain fokus pada peningkatan produksi, PEP Tarakan Field juga berkomitmen terhadap penurunan emisi karbon, sejalan dengan aspirasi Kementerian BUMN dan PT Pertamina (Persero) untuk mencapai net zero emission dengan mengacu pada prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

Selain itu, dalam menjalankan operasi migas, Perusahaan juga mengutamakan aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE). “Kami percaya bahwa peningkatan kinerja HSSE akan mendukung operasi migas yang selamat, efektif, andal, ramah lingkungan, dan berkelanjutan," tegas Cahyo.

PT Pertamina EP (PEP) Tarakan Field berada di bawah Subholding Upstream Regional 3 yang dinakhodai PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) dalam menjalankan pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


SKK Migas

Pertamina EP bor dua sumur minyak baru, yakni Pamusian PAM SE-1 dan PAM SE-2, di Kelurahan Kampung Satu, Kota Tarakan, pada 16 Agustus 2024. (Dok Pertamina)
Pertamina EP bor dua sumur minyak baru, yakni Pamusian PAM SE-1 dan PAM SE-2, di Kelurahan Kampung Satu, Kota Tarakan, pada 16 Agustus 2024. (Dok Pertamina)

Melalui kerja sama dengan SKK Migas, PEP Tarakan Field bersama anak perusahaan dan afiliasi PHI lainnya terus melakukan beragam inovasi dan aplikasi teknologi dalam menghasilkan energi yang selamat, efisien, handal, patuh, dan ramah lingkungan.

Sebelum melakukan tajak sumur, PEP Tarakan Field menunjukkan kepedulian sosial dengan memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar, termasuk panti asuhan dan warga sekitar.

Salah satunya pemberian jaminan ketenagakerjaan kepada kaum disabilitas, rekan-rekan media, serta 50 UMKM di Kota Tarakan. Pertamina bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Kolaborasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keselamatan kerja.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya