KAI Logistik Percepat Waktu Pengiriman ke Wilayah Timur Jawa

KAI Logistik mempercepat waktu pengiriman barang khususnya ke wilayah timur Jawa, melalui pengelolaan KA Bagasi pada KA Blambangan.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 29 Agu 2024, 17:15 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 17:15 WIB
KAI Logistik
KAI Logistik

 

Liputan6.com, Jakarta KAI Logistik, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), berkomitmen untuk mendukung pengembangan dan percepatan sektor logistik di Indonesia. Salah satu langkah konkret yang dilakukan KAI Logistik adalah mempercepat waktu pengiriman barang khususnya ke wilayah timur Jawa, melalui pengelolaan KA Bagasi pada KA Blambangan.

Inovasi penambahan layanan angkutan barang menggunakan KA Blambangan ini memungkinkan pengiriman barang dari Jakarta ke Banyuwangi menjadi lebih cepat. Jika sebelumnya pengiriman dari Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Ketapang memerlukan waktu 2-3 hari, kini pengiriman tersebut dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 24 jam.

Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah, menyampaikan, penambahan pola operasi melalui pemanfaatan KA Blambangan merupakan langkah strategis KAI Logistik melalui KALOG Express untuk memperluas bisnis retail dan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

"Dengan langkah ini, KALOG Express dapat memenuhi kebutuhan pengiriman barang retail dari Jakarta hingga ke wilayah timur Jawa dengan lebih cepat dan efisien," katanya, kamis (29/8/2024).

Rute Pengiriman

Pengiriman barang melalui KA Blambangan ini mampu mengakomodasi kebutuhan pelanggan dari berbagai daerah di lintas utara Jawa, termasuk Jakarta, Bekasi, Karawang, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, hingga Banyuwangi dan Ketapang. Selain itu, pola operasi ini juga mempercepat arus distribusi ke Pulau Bali, yang sebelumnya memerlukan waktu 2-3 hari, kini dapat dipangkas menjadi 1-2 hari.

"Inisiatif ini sejalan dengan upaya kami untuk mendukung program logistik nasional, khususnya dalam mempercepat distribusi logistik ke wilayah timur guna memperkuat jaringan logistik nasional," tambah Fredi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Layani Berbagai Komoditas

KAI Logistik kian memantapkan posisinya dalam melakukan terobosan optimasi bisnis kurir melalui KALOG Express
KAI Logistik kian memantapkan posisinya dalam melakukan terobosan optimasi bisnis kurir melalui KALOG Express

Layanan KALOG Express ini mencakup berbagai komoditas dan jenis paket, termasuk pengiriman hewan peliharaan, sepeda, sepeda motor, serta produk lokal.

Salah satu contohnya adalah pengiriman produk unggulan dari Banyuwangi, seperti buah naga, yang merupakan komoditas strategis dalam industri pertanian nasional. Dengan waktu pengiriman yang lebih cepat, kualitas dan kesegaran produk dapat lebih terjaga hingga tiba di tujuan.

"Kami menyadari bahwa kecepatan dan ketepatan waktu sangat penting dalam pengiriman produk, terutama bagi pelaku UMKM. Dengan peningkatan layanan ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi pelaku usaha yang membutuhkan kepastian waktu dalam proses pengiriman produknya. Ke depan, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan sebagai bagian dari dukungan terhadap pertumbuhan UMKM," tutup Fredi.

Langkah strategis ini didorong oleh tagline 'KAI Logistik ispossible', yang menekankan bahwa dengan KAI Logistik, segala sesuatu menjadi mungkin. Hal ini mencakup kepastian waktu pengiriman yang lebih cepat dan efisien bagi pelanggan dan UMKM di Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya