Dua Bersaudara Bintang NFL Ini Raih Kontrak Podcast Senilai Rp 1,5 Triliun

Bintang NFL Travis dan Jason Kelce telah menandatangani kesepakatan podcast yang menguntungkan dengan Amazon, yang kabarnya bernilai USD 100 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun

oleh Satrya Bima Pramudatama diperbarui 08 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2024, 06:00 WIB
Football
illustrasi permainan football (Foto: Pexel/Joe Calomeni)

Liputan6.com, Jakarta - Dua Bintang National Fotball League (NFL) yaitu Travis dan Jason Kelce telah menandatangani kesepakatan podcast yang menguntungkan dengan Amazon. Nilai kontrak untuk keduanya tersebut kabarnya mencapai USD 100 juta atau kurang lebih Rp 1,5 triliun dengan estimasi kurs rupiah 15.458 per dolar AS.

Berdasarkan Kesepakatan, Amazon memberikan jaringan audio Wondery milik perusahaan tersebut hak multimedia eksklusif untuk podcast New Heights yang populer dari kedua bersaudara itu.

Dikutip dari BBC, Minggu (8/9/2024), kedua bersaudara itu meluncurkan podcast tersebut pada 2022, mewawancarai tamu selebriti dan membahas kehidupan mereka sendiri - semuanya dengan humor persaudaraan.

Travis juara Super Bowl tiga kali untuk Kansas City Chiefs, kini mulai dikenal luas sebagai pacar mega bintang pop, Taylor Swift. SedangkanKakak laki-lakinya, Jason, baru-baru ini pensiun setelah 13 musim bersama Philadelphia Eagles dan telah mengambil peran sebagai analis di ESPN.

Kesepakatan ini menandai titik balik popularitas podcast olahraga dan media secara umum, dengan New Heights memenangkan penghargaan podcast tahun ini di iHeartPodcast Awards 2024.

Bos Wondery Jen Sargent berkata: "New Heights pada dasarnya adalah podcast olahraga, dan olahraga adalah kategori yang paling banyak didengarkan. Namun, ini telah menjadi fenomena budaya, semuanya mengikuti semangat zaman."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Podcast Akhirnya Mulai Booming

Saat ini jumlah orang AS yang mendengarkan podcast telah meningkat sebesar 45% dalam lima tahun terakhir saja - lebih dari dua kali lipat dalam dekade terakhir hingga mencapai 183 juta orang.

Pergeseran serupa telah terjadi di Inggris, dengan pendapatan iklan melonjak di seluruh dunia hingga bernilai miliaran, menurut PwC.

Peningkatan ini mencerminkan perubahan dalam kebiasaan konsumsi, dengan audiens yang lebih muda semakin memilih podcast daripada TV linear.

Penandatanganan kontrak Kelces dengan Wondery mengikuti kesepakatan serupa perusahaan dengan komedian dan podcaster Dax Shephard bulan lalu.

Kesepakatan podcast besar lainnya yang melibatkan nama besar dan uang besar termasuk kemitraan Joe Rogan senilai USD 100 juta dengan Spotify dan kepindahan Alex Cooper ke Sirius XM.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya