4 Bank BUMN Masuk Daftar Perusahaan Paling Terpercaya di Dunia, Siapa Saja?

Laporan World's Most Trusted Companies menyatakan bank BUMN yang masuk dalam daftar. Berikut mereka.

oleh Tira Santia diperbarui 22 Sep 2024, 16:29 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2024, 16:29 WIB
Bank Mandiri
Bank Mandiri/Istimewa.

 

 

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia patut bangga dengan pencapaian beberapa perusahaan yang berhasil mendunia. Salah satunya bank-bank BUMN.

Laporan World's Most Trusted Companies oleh Newsweek dan Statista, dikutip Minggu (22/9/2024), menyatakan bank BUMN yang masuk dalam daftar ini yaitu:

  1. Bank Mandiri : peringkat ke-16
  2. BRI : peringkat ke-17
  3. BSI : peringkat ke-30
  4. BNI : peringkat ke-36

Dasar Penilaian

Adapun penilaian ini dievaluasi dari berbagai sudut. Newsweek dan Statista mengembangkan metodologi yang mempertimbangkan beberapa aspek. Penentuan peringkat ini mengikuti proses tiga langkah:

  • Ruang Lingkup: Semua perusahaan yang tercatat di bursa dan berkantor pusat di negara target dengan pendapatan lebih dari USD500 juta dipertimbangkan dalam daftar panjang proyek.
  • Survei Ekstensif: Dasar analisis adalah survei independen dari sampel lebih dari 70.000 peserta dari negara target. Para peserta menilai perusahaan yang mereka kenal, yang berkantor pusat di negara masing-masing, dalam tiga aspek kepercayaan: kepercayaan investor, kepercayaan pelanggan, dan kepercayaan karyawan. Sebanyak 230.000 evaluasi perusahaan diserahkan.
  • Pendengaran Sosial: Untuk setiap perusahaan yang menerima cukup banyak evaluasi, dilakukan analisis sentimen melalui pendengaran sosial. Proses ini melibatkan analisis sentimen dari penyebutan perusahaan-perusahaan tersebut di segmen media internet dan mengevaluasi apakah penyebutan itu positif, netral, atau negatif. Secara total, lebih dari 995.000 penyebutan dikumpulkan. Selain itu, perusahaan-perusahaan diteliti untuk mengetahui skandal atau litigasi terkini yang dapat menodai citra kepercayaan mereka.
  • Skor dihitung sebagai berikut: 40 persen dari kepercayaan pelanggan, 40 persen dari kepercayaan investor, dan 20 persen dari kepercayaan karyawan bank. Skor tahun sebelumnya juga diperhitungkan dengan bobot yang lebih rendah karena kepercayaan dibangun dalam jangka waktu panjang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kriteria Pemilihan Perusahaan

BRI Jadi Bank Terbesar Versi Fortune Indonesia 100 dan Fortune Southeast Asia 500 Tahun 2024
BRI berhasil menjadi bank dengan posisi teratas dalam daftar Fortune Indonesia 100 atas kinerja tahun 2023.

Pemilihan perusahaan dan definisi kriteria evaluasi dilakukan berdasarkan kriteria jurnalistik independen dari Newsweek dan Statista.

Evaluasi dilakukan oleh perusahaan statistik dan riset pasar Statista. Newsweek dan Statista tidak mengklaim kelengkapan perusahaan yang diperiksa.

Peringkat ini hanya mencakup perusahaan yang memenuhi kriteria yang dijelaskan dalam dokumen ini. Posisi dalam peringkat merupakan pengakuan positif berdasarkan survei dan penelitian konsumen ekstensif pada saat itu.

Peristiwa setelah 24 Juli 2024 tidak menjadi subjek survei dan analisis ini. Dengan demikian, hasil peringkat ini tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya sumber informasi untuk pertimbangan di masa mendatang. Informasi dalam peringkat ini harus dipertimbangkan bersama informasi lain yang tersedia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya