7 Langkah Ini Bisa Bantu Kamu Jadi Orang Kaya

Menjadi miliarder merupakan Impian bagi banyak orang. Meskipun tidak mudah, hal ini mungkin lebih dapat dicapai dari yang kita kira.

oleh Satrya Bima Pramudatama diperbarui 10 Okt 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2024, 06:00 WIB
illustrasi jutawan muda
Hanya mengatakan ingin menjadi kaya tidak akan cukup. Kamu perlu membuat rencana keuangan yang konkret dan menuliskannya. illustrasi jutawan muda (foto: Unsplash/Austin Distel)

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi miliarder atau orang kaya merupakan Impian bagi banyak orang, meskipun tidak semuanya. Untuk mencapai mimpi ini tidak mudah. 

Di Amerika Serikat (AS), ada sekitar 22 juta orang dengan sebutan miliarder di 2024. Harta yang mereka miliki puluhan juta AS.

Dengan kebiasaan keuangan yang tepat dan memulai di usia muda, kekayaan tujuh digit dolar AS atau sepuluh digit rupiah bisa menjadi kenyataan.

Dikutip dari bankrate, Kamis (10/10/2024), berikut ini 7 langkah yang bisa bantu kamu menjadi orang kaya: 

1. Tulis Rencana Keuangan

Hanya mengatakan ingin menjadi kaya tidak akan cukup. Kamu perlu membuat rencana keuangan yang konkret dan menuliskannya.

Seperti yang dikatakan perencana keuangan Stewart Welch: "Rencana tertulis memaksa kamu untuk bertindak dan menghitung apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut."

Rencana Keuangan ini mencakup:

  • Pendapatan dan pengeluaran, Lacak berapa uang yang anda dapatkan dan belanjakan.
  • Utang, Buat daftar semua utang anda, termasuk dari kartu kredit dan pinjaman yang ada.
  • Tabungan dan investasi, tinjau berapa banyak yang sudah anda tabung dan investasikan, dan berapa hasilnya.

2. Biasakan Menabung

Simpan sebagian dari penghasilan kamu, terutama saat mendapatkan kenaikan gaji. Cari rekening tabungan berbunga tinggi agar uang kamu bisa tumbuh lebih cepat.

Menurut Hamrick: "Jangan menjadi salah satu dari banyak orang Amerika yang menyesal karena tidak menabung, baik untuk keadaan darurat atau pensiun." 

3. Hidup di Bawah Kemampuan

Jangan tergoda untuk membelanjakan lebih dari yang anda hasilkan. Menurut Hamrick, terlalu banyak orang mengaitkan harga diri mereka dengan barang-barang yang mereka miliki.

Miliarder sejati lebih memilih menabung dan berinvestasi daripada membelanjakan uang hanya untuk menunjukkan kekayaan mereka.

4. Hindari Utang

Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Utang, terutama utang kartu kredit berbunga tinggi, adalah musuh besar. Seperti yang dikatakan Jason Flurry:

"Utang menghambat orang. Mereka membeli kewajiban dan membayar terus-menerus."

Lunasi utangmu, terutama yang berbunga tinggi, dan batasi penggunaan kartu kredit. 

5. Mulai Berinvestasi

Kamu tidak perlu banyak uang untuk mulai berinvestasi. Jika tempat kerjamu menawarkan pengelolaan dana pensiun mulailah berinvestasi di sana.

Para ahli merekomendasikan untuk menyisihkan setidaknya 10 persen dari gaji ke investasi ini. Menurut Dana Twight, "Berinvestasi di berbagai aset membantu anda mengatasi fluktuasi pasar."

Jika anda punya dana tambahan, pertimbangkan untuk berinvestasi di properti atau peluang lain yang bisa memberikan pendapatan pasif, seperti properti sewaan.

 

6. Memulai Bisnis Sendiri

Memiliki bisnis sendiri bisa meningkatkan kekayaan. Menurut buku The Millionaire Next Door, sebagian besar jutawan adalah wirausahawan.

Namun, penting untuk memahami bahwa memulai bisnis memiliki risiko, termasuk biaya tak terduga dan persaingan. 

7. Dapatkan Saran Profesional

Penasihat keuangan dapat membantumu memilih investasi yang tepat dan strategi untuk membangun kekayaan. Seperti yang dikatakan Dana Twight, "Kita semua adalah pembelajar seumur hidup dalam hal keuangan pribadi." Anda juga bisa mencari penasihat yang menawarkan layanan dengan biaya satu kali untuk meninjau portofolio Anda dan memberikan rekomendasi.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, maka selangkah anda dapat  lebih dekat untuk mencapai tujuan menjadi seorang orang kaya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya