Pamer Konversi BBM, Kendaraan Pengaman APEC Bali Bakal Pakai BBG

Indonesia ingin menunjukan kepada dunia bahwa konversi BBM ke BBG sudah dilakukan di negara ini.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 04 Sep 2013, 15:25 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2013, 15:25 WIB
pertamina-bbg130215c.jpg
Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan seluruh kendaraan operasional patroli keamanan selama gelaran APEC 2013 di Bali akan menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG). Langkah ini juga menjadi ajang pemerintah menunjukan konsistensi Indonesia dalam program penghematan BBM dan ramah lingkungan.

"Kendaraan baru patroli pakai gas, itu sebagai pengaman APEC di Bali, kami tunjukkan dunia kita pakai kendaraan gas," kata Jero, dalam rapat dengar pendapat dengan komisi VII, DPR, di gedung DPR, Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Untuk merealisasikan program tersebut, Kementerian ESDM mengaku telah menggandeng PT Pertamina (Persero) dan TNI untuk menerapkan konvesi BBM ke BBG pada kendaraan opersional TNI. Program ini diharapkan akan menjadi tonggak pelaksanaan konversi BBM ke BBG pada kendaraan instansi pemerintah.

"Jadi semua kendraaan dinas TNI akan diberikan koverter kit, kita sudah launch," pungkasnya.

Sebelumnya, Mantan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono menyatakan sekitar 500 kendaraan TNI yang akan mengubah penggunaan bahan bakarnya dari BBM Ke BBG.

TNI menilai Indonesia memang sudah seharusnya memulai penggunaan BBG guna meredam impor minyak yang terus meningkat. "Saat ini Indonesia menjadi net importir BBM, karena itu ada upaya mengalihkan merupakan kegiatan kita apresiasi, kita bantu pelaksanaaannya," ujar Agus.(Pew/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya