Kirim Uang Sekarang Bisa Segampang Tulis Email

Mulai pekan ini, para pengguna internet di Amerika dapat mengirim uang tunai pada keluarga dan teman hanya dengan menggunakan email.

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 21 Okt 2013, 21:00 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2013, 21:00 WIB
kirim-uang-131021b.jpg
Mulai pekan ini, para pengguna internet dapat mengirim uang tunai pada keluarga dan teman hanya dengan menggunakan email. Dengan aplikasi pembayaran online yang baru, mengirim uang menjadi semudah mengirim email.

Sayangnya, seperti melansir The Mirror, Senin (21/10/2013), kemudahan tersebut baru bisa diperoleh para penduduk Amerika Serikat (AS) saja. Saking canggihnya, aplikasi pengiriman uang tersebut diprediksi dapat menggeser kepopuleran belanja online yang mulai redup.

Layanan terbaru yang diluncurkan perusahaan Square Inc. tersebut adalah Square Cash. Perusaan itu merupakan lembaga bisnis yang fokus menekuni dan mengembangkan aplikasi pembayaran mobile.

Bagaimana cara kerjanya?

Untuk mengirim uang, para pengguna Square Cash hanya membutuhkan kartu debit dan akun email. Pastikan penerima diisi dengan alamat email orang yang dituju, lalu `CC` pada alamat email Square Cash. Di kolom `Subject` isi dengan jumlah uang yang hendak Anda kirim.

Square lalu akan mengirimkan link menuju laman rahasia untuk mengisi keterangan lebih lengkap terkait kartu debit Anda. Penerima uang juga akan memperoleh link yang sama. Jika keduanya telah mendaftarkan kartunya dalam layanan itu, maka uang bisa dikirim dalam beberapa hari.

Aplikasi tersebut juga dirilis khusus untuk Android dan iPhone. Dengan begitu, proses pengiriman bisa lebih mudah dilakukan.

Layanan ini terbatas hanya untuk pengiriman sejumlah US$ 250 atau setara Rp 2,7 juta. Angka tersebut bisa ditambah hingga batas US$ 2.500 dengan menambahkan sedikit informasi sekuritas.

Belakangan tersebar kecemasan masyarakat akan keamanan aplikasi tersebut mengingat para pembajak (hacker) bisa meretasnya. Menanggapi kekhawatiran itu, pihak Square mengkonfirmasi kemanan Square Cash dalam situs resminya.

"Anda aman bersama kami. Privasi dan keamanan mengenai informasi keuangan Anda nerupakan prioritas utama kami," tulisnya dalam situs tersebut.

Sistem tersebut merupakan gagasan dari perusahaan teknologi Square Inc. yang terkenal karena membuat aplikasi bisnis baru bagi para pengguna iPhone. Aplikasi tersebut membuat para pengusaha menerima kartu kredit tanpa harus membayar mahal.

Square Cash merupakan aplikasi bebas biaya yang tak mengharuskan para penggunanya memiliki akun di Square. Saat ini Square Cash hanya tersedia di AS, dan perusahaan tersebut belum mengumumkan niatnya untuk melakukan ekspansi ke negara lain. (Sis/Nur)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya