Finis ke-2, Marquez: Pedrosa 'Ganggu' Duel Saya Lawan Lorenzo

Marc Marquez harus puas finis di posisi kedua pada seri terakhir MotoGP 2015 yang digelar di Valencia, Spanyol.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 08 Nov 2015, 22:40 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2015, 22:40 WIB
Marc Marquez
Sumber: Crash

Liputan6.com, Valencia - Marc Marquez harus puas finis di posisi kedua pada seri terakhir MotoGP 2015 yang digelar di Valencia, Spanyol, Minggu (8/11/2015). Pembalap asal Spanyol itu mengaku mendapat gangguan dari rekan setimnya, Dani Pedrosa yang akhirnya finis di urutan ketiga. Sedangkan posisi pertama diraih oleh pembalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo.

Tiga posisi terdepan pada balapan yang digelar di sirkuit Ricardo Tormo memang dikuasi oleh pembalap asal Spanyol. Namun persaingan ketat sempat berlangsung, utamanya saat lomba sudah memasuki lap-lap terakhir.

Di dua lap terakhir, Marquez yang berada di belakang Lorenzo mulai tampak meningkatkan tekanannya. Duel semakin seru saat lomba memasuki lap akhir.

Pelan tapi pasti, Marquez mulai menempel Lorenzo yang berada di depan. Sayang upanya mengkudeta Lorenzo dari posisi terdepan justru terhambat setelah Pedrosa yang berada di belakang juga tak mau kalah. Dia ngotot menyalip Marquez dan sempat berhasil mendahului rekan satu timnya tersebut.

Marquez mampu merebut kembali posisinya. Namun dia akhirnya hanya finis kedua karena kehilangan momen menyalip Lorenzo. "Saya berusaha menekan di final lap, namun Pedrosa membuat saya kehilangan waktu dan saya tidak ingin mengambil resiko," kata Marquez kepada La Gazzetta dello Sport.

Sebenarnya banyak yang mencibir gaya balapan Marquez di Ricardo Tormo. Pasalnya, Marquez tidak menunjukkan tekanan berarti kepada Lorenzo. Dia terlihat seperti bermain aman saja di belakang pembalap bernomor 99 tersebut.

Namun Marquez menampiknya. Menurutnya sejak awal Lorenzo tampil sangat kuat. Karena itu, dia harus berjuang sekuat tenaga untuk mengimbanginya. "Di lap terakhir saya lihat peluang dan berusaha menekannya tapi Pedrosa datang. Dia mendahului saya dan membuat saya kehilangan waktu. Saya melewatinya tapi tak ingin ambil resiko menyerang Lorenzo."

"Untuk sekarang, ini merupakan cara terbaik untuk mengakhiri lomba. Tapi saya akan bangkit lagi musim depan," sambung Marquez.

Marquez sendiri harus mengakhiri balapan musim ini di posisi ketiga klasemen pembalap. Marquez mengantongi total 242 poin. Di urutan kedua ditempati oleh pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi dengan koleksi 325 poin. The Doctor gagal keluar sebagai juara dunia karena hanya mampu finis di posisi keempat.

Sedangkan juara dunia akhirnya jatuh ke tangan Jorge Lorenzo. Pembalap kelahiran 4 Mei 1987 itu menutup balapan musim ini dengan koleksi 330 poin--5 poin di depan Rossi. Pedrosa sendiri berada di posisi ke-4 dengan 206 poin. (Rjp/Def)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya