Jawa Timur Juara Umum Selam Kolam PON XIX

Jawa Timur meraih sembilan emas dalam cabang olahraga selam kolam di PON XIX Jabar 2016.

oleh Panji Prayitno diperbarui 19 Sep 2016, 00:00 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2016, 00:00 WIB
Tim Selam Kolam Jawa Timur (tengah)
Tim Selam Kolam Jawa Timur (tengah) menjadi juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat.

Liputan6.com, Cirebon - Jawa Timur menjadi juara umum cabang olahraga selam kolam di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016. Jatim total meraih 23 medali di cabang ini, antara lain sembilan medali emas, sembilan perat, dan lima perunggu.

Pencapaian Jatim ini melampaui target yang ditetapkan. "Dari awal target kita delapan emas. Kita selalu berusaha semaksimal mungkin. Begitu pun untuk selam laut nanti," kata Kepala Pelatih Selam Kolam Jatim Nurul Amsori di kolam renang Catherine Surya Kota Cirebon, Jawa Barat, Minggu (18/9/2016).

Amsori mengungkapkan sukses Jatim berkat persiapan matang selama empat tahun. Selain itu, timnya juga dapat memanfaat Ilmu dan teknologi serta sport sains.

"Kita dibantu dengan tenaga ahli. Dengan sistem yang kita lakukan, akhirnya kita bisa membuktikan pada masyarakat Jatim," ucapnya.

Selain itu, tim selam Jatim juga melakukan training center (TC) ke luar negeri, seperti ke Korea selama dua bulan dan Tiongkok tiga bulan.

Sembilan dari tiga medali emas Jatim disumbang atlet putri Janis Rosalita Supriyanto. Ia meraih medali emas dari nomor 100, 200, dan 4x100 meter surface putri. "Senang banget bisa dapet emas," ujarnya sembari tersenyum.

Tidak hanya medali yang didapat Janis. Ia juga memecahkan rekor. Janis menjadi yang tercepat di nomor 100 dan 200 meter surface putri. Di nomor 100 meter surface, ia mencatat waktu 40.35 detik. Sedangkan untuk nomor 200 meter surface, Janis
memecahkan rekor dengan waktu 01.21.24 detik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya