Tiga Serangkai Thailand yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan timnas Thailand di Final Piala AFF 2016.

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 12 Des 2016, 07:04 WIB
Diterbitkan 12 Des 2016, 07:04 WIB
Timnas Thailand
Timnas Thailand akan jadi lawan timnas Indonesia di Final Piala AFF 2016(AFP/Fayez Nureldine)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan timnas Thailand di Final Piala AFF 2016. Leg pertama akan dimainkan di Stadion Pakansari, Rabu (14/12/2016), sementara leg kedua bakal berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12/2016).

Dibanding  Indonesia,  Thailand lebih diunggulkan untuk laga ini. Selain karena berstatus sebagai juara bertahan, Thailand punya catatan bagus saat harus melawan Indonesia.

Dari empat pertemuan sebelumnya, Indonesia hanya menang sekali, sedangkan Thailand tiga kali. Satu-satunya kemenangan Indonesia terjadi di fase grup Piala AFF 2010 dengan skor 2-1.

Pertemuan di final kali ini merupakan yang kedua di Piala AFF 2016. Di fase grup, Indonesia bertemu Thailand. Hasilnya, Indonesia kalah 2-4 dari Thailand.

Secara permainan, Thailand punya kekuatan dalam hal kecepatan. Para gelandang dan striker Thailand sering memanfaatkan kemampuan itu untuk meneror pertahanan lawan.

Setidaknya ada 3 pemain timnas Thailand yang patut diwaspadai timnas Indonesia. Siapa saja mereka?

1. Sarawut Masuk

Timnas Thailand
Sarawut Masuk adalah salah satu andalan timnas Thailand(AFF Suzuki Cup)

Pelatih Kiatisuk Sinamuang memainkan formasi 3-4-1-2 di Piala AFF kali ini. Salah satu striker yang dipasang Kiatisuk adalah Sarawut Masuk.

Masuk terhitung pemain baru di timnas Thailand senior. Striker berusia 26 tahun ini masuk timnas Thailand pada 2011. Tak butuh waktu lama bagi Sarawut untuk mendapatkan tempat inti di timnas.

Salah satu bukti betapa berbahaya Sarawut terlihat saat laga leg kedua semifinal melawan Myanmar. Usai menciptakan gol, tusukan Sarawut ke kotak penalti Myanmar membuat Thailand mendapatkan penalti.

Hingga babak final, Masuk sudah membukukan 3 gol dan dua assists.

2. Chanatip Songkrasin

Chanatip Songkrasin, Messi Thailand
Chanatip Songkrasin yang mendapat julukan Messi-nya Thailand (istimewa)

Chanatip Songkrasin adalah otak permainan The War Elephant. Dari kakinya lah, bola-bola matang mengalir pada para striker dan gelandang sayap Thailand. Chanatip telah membuat 2 assists dan satu gol.

Kualitas Chanatip terbukti dengan catatan caps nya bersama timnas Thailand. Di usianya yang masih 23 tahun, Chanatip telah membukukan 36 caps dan 5 gol.

Chanatip memulai kariernya di timnas Thailand sejak 2012. Chanatip turut berkontribusi terhadpa keberhasilan Thailand meraih gelar juara Piala AFF 2014 dan dua medali SEA Games.

Chanatip juga pernah meraih pemain muda terbaik Liga Thailand pada 2012 dan Pemain paling berharga di Piala AFF 2014.

3. Teerasil Dangda

Teerasil Dangda
Teerasil Dangda saat ini berstatus sebagai topskor timnas Thailand (REUTERS/Jorge Silva)

Di antara dua pemain  di atas, Teerasil Dangda bisa jadi pemain yang paling diwaspadai timnas Indonesia. Pasalnya, dialah pemain senior sekaligus topskor sementara Piala AFF 2016 dengan 5 gol.

Di Piala AFF 2016, timnas Indonesia pernah merasakan keganasan Teerasil.  Ya, Teerasil mencetak hattrick ke gawang Kurnia Meiga saat Indonesia kalah 2-4 di fase grup.

Teerasil sudah membela timnas Thailand sejak 2007. Ia telah membuat 83 caps dan 39 gol buat timnas Thailand.

Di level klub, Teerasil sempat menimba ilmu di Manchester City sebelum kembali ke  Thailand dan kini bermain bagi Muangthong United.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya