Pertemuan Jerez Hasilkan Regulasi Baru MotoGP, Simak Rinciannya

Tidak hanya menjangkau kelas MotoGP, aturan baru juga berlaku untuk kelas Moto3.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Mei 2017, 19:51 WIB
Diterbitkan 13 Mei 2017, 19:51 WIB
MotoGP Spanyol, Maverick Vinales
Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales beraksi pada kualifikasi MotoGP Spanyol 2017 di Sirkuit Jerez. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Liputan6.com, Jerez Komisi Grand Prix melakukan perubahan untuk meningkatkan persaingan pada balapan roda dua, termasuk kelas MotoGP. Regulasi baru dihasilkan lewat pertemuan yang berlangsung di Jerez, Spanyol, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat yang terkait. 

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Mike Trimby (IRTA, Sekretaris pertemuan), Vito Ippolito (Presiden FIM), Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sports), Corrado Cecchinelli (Direktur Teknologi), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA), dan Takanao Tsubouchi (MSMA).

Dikutip dari situs MotoGP, Sabtu (13/5/2017), salah satu yang menyita perhatian adalah penggunaan helm bagi mekanik yang bertugas di pit lane. Dalam pertemuan itu disepakati bahwa aturan ini akan diperpanjang hingga latihan bebas di Minggu pagi. 

Pertimbangannya di sesi warming up, sering terjadi pergantian motor (flag-to-flag). 

 

Selain itu, ada juga aturan baru mengenai prosedur balapan saat dalam kondisi hujan. Dalam hal ini Race Direction mempunyai kewenangan penuh untuk mengizinkan para peserta menggunakan motor yang sama dan bukan cadangan saat turun hujan.

Selain untuk balapan kelas MotoGP, aturan baru juga diberlakukan pada kelas Moto3 dan Moto2. Dan salinan regulasi ini mulai efektif pada balapan musim berikutnya

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berikut ini rinciannya:

Valentino Rossi, MotoGP 2017
Pebalap tim Ducati, Andrea Dovizioso bersiap memasuki lintasan pada balapan MotoGP Grand Prix Jerez, Spanyol, Minggu (8/5/2017). Andrea menempati peringkat kelima Klasemen sementara MotoGP 2017 dengan total 41 poin.(EPA/Jose Manuel Vidal)

Kelas Moto3

Fitur Manajemen Wajib Mesin
Penggunaan LSU Bosch 4,9 untuk sensor UEGO U2 sekarang wajib. Daftar fitur manajemen mesin yang direkomendasikan juga dimodifikasi untuk menanggapi permintaan Dell'Orto.

Inspeksi Mesin Internal
Sudah diizinkan bagi tim/produsen membuka penutup camshaft, di bawah pengawasan staf Kontrol Teknis, untuk melakukan inspeksi visual tapi tidak mengubah part motor. Di masa depan, tim diperbolehkan untuk mengganti gasket penutup camshaft atau stempel saat memasang kembali mesin setelah diperiksa.

Kelas MotoGP

Prosedur Hujan di Grid
Selama prosedur ini, tim bisa memilih menggunakan motor yang sama, dan bukan motor cadangan, untuk balapan. Hal inipun mengarah pada kesulitan dalam memastikan tangki bahan bakar benar-benar penuh. Dengan demikian, jarak tempuh balapan akan dikurangi satu lap.

Prosedur Start Cepat
Telah diakui prosedur start cepat akan berguna dalam situasi dibandingkan balapan terputus yang saat ini diterapkan. Sebagai contoh, prosedur start cepat akan berguna dalam situasi start tertunda. Musim depan, Race Direction dapat meminta prosedur start cepat jika diperlukan dalam kasus selain balapan terputus.

Keselamatan Pit Lane
Persyaratan bagi para mekanik kelas MotoGP untuk memakai helm ketika bekerja di pit lane telah diperpanjang termasuk Warm Up Practice (WUP) pada Minggu pagi, di mana sering terjadi latihan pergantian motor (flag-to-flag).

(David Permana)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya