Arab Saudi Tak Mengheningkan Cipta, FIFA Tak Beri Hukuman

FIFA mengonfirmasi tidak akan menghukum timnas Arab Saudi.

oleh Luthfie Febrianto diperbarui 10 Jun 2017, 12:20 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2017, 12:20 WIB
Suasana mengheningkan cipta untuk korban teror London. Tampak pemain timnas Arab Saudi yang menolak melakukan ajakan tersebut (Twitter/@darrelltester)
Suasana mengheningkan cipta untuk korban teror London. Tampak pemain timnas Arab Saudi yang menolak melakukan ajakan tersebut (Twitter/@darrelltester)

Liputan6.com, Melbourne - FIFA mengonfirmasi tidak akan menghukum timnas Arab Saudi terkait insiden mengheningkan cipta di laga melawan timnas Australia di Adelaide Oval, Kamis (8/6/2017). Laga itu berkesudahan dengan kemenangan tuan rumah, Australia dengan skor 3-2.

"Kami bisa mengonfirmasi tak akan ada tindakan terhadap hal tersebut," tulis FIFA dalam pernyataan resminya seperti dikutip dari ESPNFC.

Timnas Arab Saudi jadi perbincangan dunia setelah menolak mengheningkan cipta bagi para korban teroris di London, Inggris. Pihak Saudi beralasan, mengheningkan cipta tak ada dalam budaya mereka.

Namun, alasan ini tak digubris oleh dunia. Beberapa kalangan tetap mengecam tindakan Arab Saudi tersebut. Menurutnya, tindakan Arab Saudi tak menunjukkan rasa hormat.

"Tak ada pengecualian di sini. Ini bukan budaya, tapi soal tak ada rasa hormat," kata politisi Australia, Anthony Albanese.

Belakangan, pihak Arab Saudi akhirnya meminta maaf atas tindakan tersebut. Pihak Saudi menegaskan sangat mengutuk kekerasan yang terjadi di London.

Mereka juga menegaskan menolak terorisme dalam bentuk apa pun. "Federasi sepak bola Arab Saudi mengutuk semua bentuk terorisme dan ekstremisme, juga turunannya yang menyebabkan banyak korban manusia," tulis pernyataan resmi pihak Arab Saudi.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya