Klausul Penjualan Lionel Messi Senilai Rp 10,6 Triliun

Barcelona membentengi Lionel Messi dengan klausul harga Rp 10,6 triliun.

oleh Nurfahmi Budi diperbarui 25 Nov 2017, 19:47 WIB
Diterbitkan 25 Nov 2017, 19:47 WIB
Lionel Messi
Penyerang Barcelona, Lionel Messi berpose dengan istrinya Antonella Roccuzzo dan putranya Thiago usai meraih sepatu emas di Barcelona, Spanyol (24/11). (AP Photo/Manu Fernandez)

Jakarta - Lionel Messi setuju bersama Barcelona sampai akhir musim 2020-2021. Prosesi penandatanganan kerja sama kedua kubu berlangsung pada Sabtu (25/11/2017). Pada kontrak baru tersebut, Barcelona membentengi Lionel Messi dengan 'buy-out clause' sebesar Rp 10,6 triliun.

Baca Juga

  • Messi: Sulit Jalin Persahabatan dengan Ronaldo
  • Lionel Messi Perpanjang Kontrak di Barcelona sampai 2021
  • Lionel Messi Enggan Anggap Remeh Real Madrid di Liga Champions

Angka tersebut menjadi satu di antara yang tertinggi sepanjang sejarah 'buy-out clause' seorang pemain bola. Bagi tim-tim yang mencoba membeli Lionel Messi dari Barcelona, bersiaplah dengan kocek yang mampu membeli beberapa 'termahal' di dunia.

"FC Barcelona dan Lionel Messi setuju menandatangani perpanjangan kerja sama, yang membuat Lionel Messi akan bertahan sampai musim 2020-2021. Nilai penjualan Lionel Messi sebesar Rp 10,6 triliun. Ketika kontrak habis, Lionel Messi akan mencatat karier selama 17 tahun bersama tim utama Barcelona," rilis kubu Barcelona.

Besaran harga Lionel Messi memberi perbandingan dengan beberapa item lain. Misalnya saja, 'buy-out clause' nyaris sepersepuluh dari nilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD) DKI Jakarta 2018.

Tak hanya itu, uang penjualan Lionel Messi bakal bisa membeli 169 mobil termahal sejagad, yang saat ini dimiliki Koenigsegg CCXR Trevita. Mobil super berhias berlian tersebut tercatat sebagai kendaraan termahal dunia tahun 2017. Produksi pabrikan Swedia tersebut dilabeli banderol Rp 64,3 miliar per unit.

Sekadar informasi, Koenigsegg CCXR Trevita memiliki banyak senjata. Satu di antaranya adalah kecepatan maksimal yang bisa mencapai 410 kilometer per jam. Akselerasi dari kondisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam bisa dijangkau dalam 2,9 detik.

Tak hanya itu, banderol anyar Lionel Messi bisa membuat seseorang menginap selama 1199 hari atau 3,3 tahun di The Royal Penthouse Suite Hotel Presiden Wilson, Jenewa, Swiss. Harga kamar tersebut senilai Rp 884 juta per malam.

Andai dijadikan sebagai uang pembayaran naik pesawat termahal di dunia, harga jual Lionel Messi setara dengan 1190 kali terbang New York - Abu Dhabi menggunakan fasilitas Etihad Airways Residence.

Saat ini, kabin istimewa dengan 3 ruangan eksklusif plus layanan 24 jam tersebut dibanderol Rp 832 juta per orang untuk penerbangan New York - Abu Dhabi.

Keputusan Lionel Messi memerpanjang kontrak dengan Barcelona membuat gonjang-ganjing selama ini tutup buku. Sebelumnya, Lionel Messi selalu membuat teka-teki pada setiap momen ketika terdengar gosip masa depannya.

Beberapa waktu lalu, Lionel Messi sempat diisukan mendekat ke Manchester City. Kubu Etihad Stadium merayu Lionel Messi dengan transfer dan gaji selangit. Tak hanya The Citizens, Paris Saint-Germain (PSG) juga sempat mengajukan proposal guna membawa Lionel Messi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya