Pelatih Timnas Italia Rindukan Sosok Davide Astori

Davide Astori merupakan salah satu langganan timnas Italia.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Mar 2018, 05:20 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2018, 05:20 WIB
Davide Astori, Fiorentina, Serie A
Davide Astori menghembuskan napas terakhir saat menginap di hotel jelang duel melawan Udinese pada lanjutan Serie A. (AFP/Patrik Stollarz)

Liputan6.com, Roma - Pelatih interim Timnas Italia, Luigi Di Biagio mengaku merindukan sosok Davide Astori. Meski tak sempat melatih almarhum, ia tetap merasa ada yang kurang tanpa kehadiran mantan kapten Fiorentina itu.

Astori meninggal dunia pada Minggu pagi, 4 Maret lalu. Ia tak bangun saat waktu sarapan pagi dan ditemukan tak bernyawa di kamar hotel di Kota Udine, saat Fiorentina akan bertanding melawan Udinese dalam lanjutan Serie A. Sampai ia menghembuskan napas terakhir, Astori masih tetap tergabung dalam skuat Timnas Italia, meskipun lebih sering tampil sebagai pemain cadangan.

“Tanpa Davide Astori? Ada sesuatu yang hilang rasanya,” ujar Di Biagio, seperti dilansir Football Italia.

“Saya tidak mengenal Astori seperti kebanyakan pemain, namun saya cukup mengenalnya dengan baik semasa dilatih (Cesare) Prandelli, (Antonio) Conte, dan (Giampiero) Ventura, dan itu cukup buat saya untuk memahami siapa dia,” Di Biagio melanjutkan.

Semasa hidupnya, Davide Astori mendapatkan 58 panggilan oleh Timnas Italia kurun 2011 hingga 2017. Dari seluruh kesempatan itu, ia diturunkan dalam 14 pertandingan dan menyumbang satu gol.

Penampilan terakhirnya yakni saat menghadapi Israel dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018, di mana Italia menang 1-0. Dalam laga itu, ia tampil selama 90 menit penuh.

“Ada sesuatu yang aneh di udara. Tapi kami harus berusaha untuk membuat segalanya tampak normal kembali. Jika tidak, itu akan mengacaukan segalanya,” kata Di Biagio.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pakai Jersey Khusus

Kenang Davide Astori, Laga Fiorentina Berlangsung Penuh Haru
Anak-anak mengenakan seragam Fiorentina dengan nama punggung Astori dan bernomor 13 jelang pertandingan Fiorentina vs Benevento di stadion Artemio Franchi di Florence (11/3). (AFP Photo/Claudio Giovannini)

Italia akan melakoni dua laga persahabatan kurun tujuh hari ke depan. Yang pertama melawan Argentina di Manchester, 23 Maret, dan yang kedua kontra Inggris di London, 27 Maret. Untuk mengenang Astori, para pemain Italia akan mengenakan jersey khusus untuk dua laga persahabatan tersebut.

Bahkan, menurut laporan Sports Mediaset, jersey khusus untuk mengenang Astori akan dipakai tiga kali, jika Federasi Sepakbola Italia (FIGC) merencakan laga persahabatan khusus untuk menghormati Astori.


Tanpa Chiellini

Kenang Davide Astori, Laga Fiorentina Berlangsung Penuh Haru
Sejumlah anak-anak mengenakan seragam Fiorentina dengan nama punggung Astori dan bernomor 13 jelang pertandingan Fiorentina vs Benevento di stadion Artemio Franchi di Florence (11/3). (AFP Photo/Claudio Giovannini)

Pada dua laga nanti, Italia akan tampil tanpa kehadiran bek veteran, Giorgio Chiellini. Bek 33 tahun itu dipulangkan ke Italia karena mendapat cedera saat sesi latihan. Posisinya akan digantikan oleh bek West Ham, Angelo Ogbonna.

“Cederanya Chiellini menjadi masalah buat kami dan menambah kealpaan (Mattia) Caldara dan (Alessio) Romagnoli) serta tragedi Davide (Astori). Kami kehilangan empat bek penting,” ucap Di Biagio.

Sementara itu, gawang Italia dipastikan akan dikawal oleh Gianluigi Buffon. Kiper 40 tahun itu akhirnya mau menerima panggilan Di Biagio.

Sebelumnya, ia sudah menyatakan pensiun dari timnas setelah gagal lolos Piala Dunia 2018 karena kalah dari Swedia di babak play-off.

“Gigi adalah monumen dan di sini dia tak cuma untuk mempersatukan tim, tapi juga akan bermain dan memberikan sesuatu yang lebih dari sekadar itu,” ujar Di Biagio. (Abul Muamar)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya