Iker Casillas Diusulkan Pimpin Sepak Bola Spanyol

Mantan penjaga gawang Real Madrid, Iker Casillas bakal menantang presiden RFEF, Luis Rubiales.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 16 Jan 2020, 16:30 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2020, 16:30 WIB
Pemain sepak bola asal Spanyol, Iker Casillas
Pemain sepak bola asal Spanyol, Iker Casillas saat menghadiri drawing Piala Eropa 2020 di Bucharest, 30 November 2019. (Febrice Coffrini / AFP)

Liputan6.com, Madrid - Mantan penjaga gawang legendaris Real Madrid, Iker Casillas, diusulkan ikut dalam pemilihan Presiden Persatuan Sepak Bola Spanyol (RFEF) yang akan berlangsung Maret 2020. Presiden La Liga, Javier Tebas ingin pria berusia 38 tahun itu menjadi pesaing utama bagi presiden petahana, Luis Rubiales.

Seperti dilansir dari Marca, Tebas saat ini tengah mempertimbangkan untuk mengajukan proposal tersebut kepada Casillas. Kabar ini pertama kali mencuat pada program El Partidazo de Cope.

Belum ada komentar dari Casillas terkait hal ini. Namun bila benar-benar maju, maka Casillas harus pensiun dari sepak bola. Saat ini, Casillas masih menjadi bagian dari klub FC Porto. Setelah mengalami serangan jantung saat latihan beberapa waktu lalu, Casillas untuk sementara ditempatkan sebagai penghubung antara pemain dengan manajemen tim asal Portugal tersebut.

Rubiales yang menjabat sejak 2017 lalu juga mantan pemain. Pria kelahiran Las Palmas, Spanyol, itu sempat memperkuat sejumlah klub profesional, termasuk Levante. Sebelum menjabat sebagai presiden RFEF, Rubiales merupakan presiden Asosiasi Pemain Sepak Bola Spanyol (AFE). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:


Pemain Berkarisma

Iker Casillas dan Sara Carbonero
Iker Casillas bersama sang istri, Sara Carbobero, meninggalkan rumah sakit di Porto tempat ia dirawat akibat serangan jantung, Senin waktu setempat (6/5/2019). (AFP/Miguel Riopa)

Kehadiran Casillas tentu bakal memberi warna baru bagi pemilihan presiden RFEF nanti. Sebab selama ini, pria yang sempat dijuluki Saint Iker tersebut dikenal sebagai pemain yang penuh karisma. 

Sebelum bergabung ke Porto, Casillas merupakan kiper utama Real Madrid selama 16 tahun. Gelar Saint Iker diberikan karena aksi-aksi penyelamatan gemilang yang kerap dilakukannya. Selain tembok tangguh di bawah mistar, jiwa kepemimpinan Casillas bisa terlihat saat menyandang ban kapten.

Kiprah Casillas bersama Timnas Spanyol juga tidak kalah gemilang. Pria kelahiran 20 Mei 1981 itu merupakan salah satu pemain dengan jumlah caps terbanyak bersama timnas (167 laga). Casillas memimpin La Furia Roja saat merebut Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa (2008 dan 2012).  

Rubiales rencananya akan menggelar pemilihan presiden baru RFEF pada  pertengahan Maret ini sebelum Timnas Spanyol menjalani dua laga persahabatan. Bila Casillas tidak menerima tawaran Tebas, maka pria berusia 42 tahun itu tidak punya pesaing lain otomatis terpilih secara aklamasi. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya