Bundesliga Akan Dilanjutkan, Muncul 10 Kasus Positif Covid-19 di Sepak Bola Jerman

Kompetisi Bundesliga Jerman menemukan 10 kasus baru positif virus corona Covid-19 di dua divisi teratas. Padahal, Bundesliga tengah menyiapkan diri untuk kemungkinan melanjutkan kompetisi musim ini.

oleh Windi Wicaksono diperbarui 05 Mei 2020, 08:15 WIB
Diterbitkan 05 Mei 2020, 08:15 WIB
Bundesliga
Ilustrasi Logo Bundesliga Jerman. (AFP/Thomas Kienzle)

Liputan6.com, Berlin - Kompetisi Bundesliga Jerman menemukan 10 kasus baru positif virus corona Covid-19 di dua divisi teratas. Padahal, Bundesliga tengah menyiapkan diri untuk kemungkinan melanjutkan kompetisi musim ini.

Seperti dilaporkan DFL, sebanyak 1.724 tes diberikan kepada pemain dan staf klub Bundesliga Jerman jelang rencana kelanjutan kompetisi musim ini. Hasilnya, 10 orang positif Covid-19.

Tiga orang di antaranya berasal dari anggota klub FC Cologne. Bundesliga sendiri sejak 13 Maret 2020 telah menangguhkan kompetisi sepak bola di seluruh divisi.

Awalnya, Bundesliga berencananya melanjutkan kembali kompetisi pada 9 Mei 2020. Tapi kemudian rencana itu diundur menjadi 16 Mei nanti, dan bukan tak mungkin mundur lagi.

"Tes yang digelar sejak beberapa hari terakhir bertujuan menyediakan keamanan tambahan dan melindungi para pemain dan staf sebaik mungkin dari terinfeksi ketika latihan atau pertandingan," bunyi pernyataan resmi DFL seperti dikutip AFP.

Hasil positif Covid-19 itu berasal dari kelompok pertama yang jalani tes ketika Bundesliga menyiapkan diri untuk melanjutkan kompetisi 2019-2020 mulai 16 Mei 2020 di stadion tertutup dan protokol keselamatan yang ketat.

Bundesliga Jerman ingin menjadi liga pertama di Eropa yang melanjutkan kompetisi usai tertunda pada pertengahan Maret lalu akibat pandemi virus corona Covid-19 yang belum bisa dikendalikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tes Rutin

Angela Merkel (AP)
Kanselir Jerman, Angela Merkel (AP)

Pelaksanaan tes rutin Covid-19 terhadap para pemainnya dilakukan Bundesliga demi mewujudkan keinginan mereka. Hasil positif dari tes terbaru tentu menjadi ganjalan untuk melanjutkan kembali kompetisi musim ini.

DFL tidak merinci siapa saja yang terinfeksi, kecuali mereka yang sudah diketahui yaitu dua pemain dan satu ahli fisioterapi dari Cologne. Hasil positif itu seakan kontraproduktif, mengingat Bundesliga masih menanti izin dari Kanselir Jerman Angela Merkel.


Rencana Selesai 30 Juni

Dengan ditemukannya 10 kasus positif di dua divisi teratas aturan di Jerman mengharuskan siapa pun yang pernah melakukan kontak dengan mereka mesti menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Di sisi lain, klub-klub papan atas Bundesliga Jerman berharap menyelesaikan musim ini pada 30 Juni 2020, supaya mereka memperoleh total 300 juta euro dari kesepakatan kontrak televisi lewat hak siar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya