5 Fakta Menarik Setelah La Liga Bergulir, Zidane Cetak Sejarah Bersama Real Madrid

Persaingan Real Madrid dan Barcelona meraih gelar di La Liga Spanyol pun kembali dimulai.

oleh Cakrayuri Nuralam diperbarui 15 Jun 2020, 13:00 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2020, 13:00 WIB
ilustrasi La Liga
ilustrasi La Liga (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Madrid - La Liga telah kembali ke lapangan hijau. Persaingan Real Madrid dan Barcelona meraih gelar di kasta tertinggi sepak bola Spanyol pun kembali dimulai.

Pada pekan ke-28 La Liga, Barcelona mencatatkan kemenangan telak 4-0 di kandang Real Mallorca, Iberostar Estado. Empat gol kemenangan Barcelona dicetak oleh Arturo Vidal, Martin Braithwaite, Jordi Alba, dan Lionel Messi.

Sedangkan Real Madrid mencatatkan kemenangan 3-1 atas Eibar di Stadio Alfredo Di Stefano. Tiga gol kemenangan Los Blancos dicetak oleh Toni Kroos, Sergio Ramos, dan Marcelo. Sedangkan gol balasan Eibar dicetak oleh Bigas.

Kemenangan ini membuat persaingan di kedua tim semakin memanas. Barcelona berada di puncak klasemen dengan 61 poin, unggul dua angka dari Real Madrid.

Setelah La Liga pekan ke-28 bergulir, ada beberapa fakta menarik yang terjadi. Apa saja itu? Simak di halaman selanjutnya.

 


Zidane Cetak Sejarah

Karim Benzema Hattrick, Real Madrid Taklukkan Fenerbahce
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane melihat para pemainnya bertanding melawan Fenerbahce pada pertandingan Audi Cup 2019 di stadion Allianz Arena di Munich, Jerman (31/7/2019). Madrid menang atas Fenerbache dengan skor 5-3. (AP Photo/Matthias Schrader)

Dalam laga melawan Eibar, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane mencatatkan sejarah. Dia telah memimpin 200 pertandingan bersama Real Madrid, menjadi yang ketiga terbanyak dalam sejarah klub.

Zidane hanya kalah dari Vicente Del Bosque yang mencatatkan 246 pertandingan dan Miguel Munoz dengan catatan 605 laga. Secara keseluruhan, Zidane telah berhasil menang dalam 132 pertandingan.

Sisanya, dalam 200 pertandingan, pelatih berusia 47 tahun tersebut menelan 26 kekalahan dan meraih 42 hasil imbang selama menakhodai Real Madrid.

 


Lionel Messi Raja Kaki Kiri

Barcelona Pesta Gol di Markas Mallorca
Striker Barcelona, Lionel Messi, berusaha melewati pemain Mallorca, Iddrisu Mohamed, pada laga La Liga di Estadio de Son Moix, Minggu (14/6/2020). Barcelona menang dengan skor 4-0. (AP/Francisco Ubilla)

Saat melawan Real Mallorca, Lionel Messi mencatatkan satu gol untuk Barcelona. Dia pun mencetak gol dengan sepakan kaki kiri.

Hal itu menjadikan pemain berusia 32 tahun tersebut sebagai raja gol dengan kaki kiri di La Liga musim ini. Messi telah mencetak 18 gol dengan kaki kirinya.

Pemain asal Argentina itu hanya unggul dari Lucas Perez (10 gol dengan kaki kiri) dan Mikel Oyarzabal (9 gol).

 


Musim Terbaik Toni Kroos

Pesepak Bola yang Direkrut Real Madrid Usai Tampil Apik di Piala Dunia
4. Toni Kroos - Kross adalah motor permainan timnas Jerman yang sangat disukai Joachim Low. Tampil gemilang di Piala Dunia 2014 membuat Madrid tak segan menawarkan gaji besar untuk Kross. (AFP/Javier Soriano)

Toni Kroos membantu Real Madrid menang 3-1 atas Eibar. Dia menjadi pemain pertama yang mencetak gol di laga tersebut.

Itu menjadi golnya yang keenam untuk Real Madrid di semua kompetisi musim ini. Tentunya, ini menjadi musim terbaik Kroos yang mampu mencetak gol di semua kompetisi yang diikuti Real Madrid.

 


Koke Cetak Rekor

Didikan Siego Simeone
2. Koke, menjalani debut di Atletico dua tahun lalu berkat kesempatan yang diberikan oleh Diego Simeone. Musim ini gelandang berusia 24 tahun itu berhasil menyumbangkan 13 asist pada ajang La Liga Spanyol. (AFP/Pau Barrena)

Koke ikut bermain saat Atletico Madrid bermain imbang 1-1 melawan Athletic Bilbao di San Mames Barria, Minggu (14/6/2020) dalam ajang La Liga.

Itu menjadi penampilan ke-308 Koke bersama Atletico Madrid. Pemain incaran Manchester United itu menyamai torekan Arteche sebagai pemain Atletico Madrid keempat yang membuat penampilan di La Liga.

 


Kiper Banyak Mengumpan

Ragam Ekspresi Pemain dan Pelatih Barcelona pada Liga Champions
Ekspresi Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen usai laga melawan Borussia Moenchengladbach pada liga Champions di Borussia Park, Jerman (Kamis (29/9/2016) dini hari WIB. (AP/Michael Probst)

Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen menjadi penjaga gawang pertama yang menciptakan 68 operan, 94 persen di antaranya mengarah ke rekan setim.

Ter Stegen juga menjadi penjaga gawang terbanyak yang melepaskan umpan ketimbang kiper tim lainnya di La Liga musim ini. Tidak hanya musim ini, Ter Stegen menjadi yang terbanyak sejak musim 2005/06.


Klasemen La Liga

 
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya