Bola Ganjil: Serbabisa, Bermain di 11 Posisi dan Membantu Tim Meraih Kemenangan

Pemain serbabisa kerap mengisi 3-4 posisi. Namun ada sejumlah nama yang pernah bermain di 10-11 posisi di tim sepak bola.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 19 Feb 2022, 00:30 WIB
Diterbitkan 19 Feb 2022, 00:30 WIB
Foto Liga Inggris: Kapten Tim yang Menginspirasi dari Era Premier League Hingga Saat Ini, Ada Dua Pemain Manchester United
Steven Gerrard dikenal sebagai salah satu pemain serbabisa. Dia pernah menjadi bek pada final Liga Champions 2005. (Foto: AFP/Steve Parkin)

Liputan6.com, Jakarta - Pemain serbabisa menjadi aset berharga bagi tim sepak bola karena dapat mengisi berbagai posisi. Para pemain ini biasanya dibagi menjadi sejumlah kategori, baik itu situasi dalam pertandingan (bertahan dan menyerang) atau sektor operasi (tengah dan sisi lapangan).

Sangat jarang pemain mampu menjalankan banyak tugas yang tersedia, karena sejak kecil mereka sudah dididik sesuai kemampuan.

Namun Lee Bullen melampaui ekspektasi pada musim 2005/2006. Dia tercatat bermain di setiap posisi bagi Sheffield Wednesday.

Memulai karier sebagai penyerang sebelum mundur ke belakang seiring perjalanan karier, sosok kelahiran Edinburgh, Skotlandia, ini menjadi penjaga gawang di laga tandang melawan Millwall, Februari 2006.

Bullen mengambil tanggung jawab ketika kiper David Lucas terkena cedera jelang berakhirnya babak pertama, dengan tidak ada penjaga gawang pengganti di bangku cadangan.

Tidak lama berselang Millwall sukses menyarangkan bola di gawangnya. Namun, wasit menganulir gol tersebut.

Bullen lalu tampil heroik dan mementahkan serangan tuan rumah. The Owls kemudian memastikan kemenangan berkat gol Frank Simek pada pertengahan babak kedua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemain Serbabisa Lain

ilustrasi bola ganjil
bola ganjil (Liputan6.com/Abdillah)

Guardian mencatat Steve Palmer (Watford), David Webb (Chelsea), and Mick Tait (Portsmouth) juga mengisi 10 hingga 11 posisi bagi klub masing-masing dalam semusim. Berbagai cerita unik pun mengiringi capaian mereka.

Memasuki laga kandang terakhir musim 1997/1998, Palmer sudah menempati 10 posisi kecuali kiper. Ketika statistik ini diungkit ke Graham Taylor, sang pelatih pun gatal ingin membantu anak asuhnya.

Palmer memulai pertandingan melawan Bournemouth sebagai bek, posisi utamanya. Ketika bola mati, dia langsung berganti seragam dengan kiper Alec Chamberlain untuk menjadi penjaga gawang.

 


Pakai Seragam 1 Hingga 11

ilustrasi BOLA GANJIL
BOLA GANJIL (Liputan6.com/Abdillah)

Sedangkan capaian Webb terlihat dari nomor punggung. Ketika itu, para starter memakai seragam 1 hingga 11. Setiap nomor merepresentasikan posisi yang ditempatinya.

Webb mengenakan seluruh nomor-nomor itu pada 42 laga Chelsea musim 1971/1972. Dia memakai jersey 1 di duel kontra Ipswich Town pada Desember 1971 dan bahkan mencatat clean sheet.

Pelatih Dave Sexton mempercayakan gawang kepadanya karena kiper utama Peter Bonetti dan pelapisnya John Phillips cedera. Sementara kiper tim B Steve Sherwood terlambat datang ke stadion.


Infografis

Infografis transfer Liverpool - November 2021
Infografis transfer Liverpool. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya