Sebelum Uji Coba, Erik Ten Hag Teror Pemain-Pemain MU Lewat Email?

Erik Ten Hag didatangkan untuk menggantikan posisi Ralf Rangnick. Musim lalu, MU kembali tanpa trofi dan gagal melaju ke Liga Champions karena hanya menempati urutan keenam di Liga Inggris 2021/2022.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 10 Jun 2022, 17:00 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2022, 17:00 WIB
Erik ten Hag - Manchester United - 22 Mei 2022
Manajer baru Manchester United Erik ten Hag menyaksikan pertandingan terakhir Liga Inggris MU melawan Crystal Palace di Stadion Selhurst Park, London, Minggu (22/5/2022). (JUSTIN TALLIS / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Beban berat dipikul manajer baru Manchester United, Erik Ten Hag. Pria asal Belanda tersebut diminta mengembalikan kejayaan Setan Merah yang terus terpuruk beberapa tahun belakangan ini. 

Ten Hag didatangkan untuk menggantikan posisi Ralf Rangnick. Musim lalu, MU kembali tanpa trofi dan gagal melaju ke Liga Champions karena hanya menempati urutan keenam di Liga Inggris 2021/2022.

Tidak ingin kehadirannya sia-sia, Ten Hag berharap para pemain benar-benar mendukungnya. Pria berusia 52 tahun itu kabarnya bahkan telah mengirim ultimatum kepada mereka sebelum tampil di rangkaian uji coba dalam waktu dekat ini. Dalam pesan yang dikirim lewat email itu, Ten Hag intinya meminta para pemain agar mengutamakan kepentingan klub ketimbang kepentingan pribadi. 

"Pelatih baru mengirim email kepada para pemain inti, menjelaskan kepada mereka kalau sepak bola adalah pemainan tim dan tidak ada satu pemain pun yang lebih penting dari yang lainnya," ujar salah seorang sumber kepada The Sun seperti dilansir dari Metro.co.uk, Jumat (10/6/2022). 

"Semua harus lebih mementingkan tim, meski MU memiliki sejumlah bintang dunia," ujarnya. 

Sumber tersebut juga berkata, lewat emailnya, Erik Ten Hag juga meminta para pemain untuk berlatih lebih keras lagi. "Dia ingin mereka mengeluarkan  kemampuan terbaik seperti saat pertandingan."

Bukan kali ini saja Ten Hag memberi ultimatum kepada para pemain MU. Bulan lalu, di juga sempat menyoroti masalah kebugaran mereka yang dianggap tidak cukup ideal saat tampil di lapangan.

 

 


Baca Buku Ferguson

Foto: Bruno Fernandes Gak Maruk, Sumbang Dua Assist saat Manchester United Benamkan Brentford 3-1 di Liga Inggris
Manchester United semakin menjauh dengan unggul 3-0 pada menit ke-77. Marcus Rashford yang baru dimasukkan pada menit ke-71 menggantikan Mason Greenwood berhasil mencetak gol usai menerima umpan pendek Bruno Fernandes. (AP/Matt Dunham)

Selain itu, Ten Hag juga memperingatkan siapapun yang tidak bisa mengikuti sistem kerjanya akan dikeluarkan dari tim dan digantikan oleh pemain-pemain yang lebih muda. Ten Hag juga kabarnya ingin membaca buku Sir Alex Ferguson untuk mengetahui kehidupan pribadi para pemainnya. Ten Hag ingin tahu apa kegiatan yang dilakukan para pemain MU di luar lapangan dan apa hobi mereka selama ini.

Di luar pembenahan internal, Ten Hag juga telah mendata para pemain incarannya musim ini. Setidaknya tujuh pemain disebut-sebut menjadi top list untuk menggantikan pemain yang pergi. 

Salah satunya adalah Jurrien Timber. Pemain Ajax Amterdam ini menjadi salah satu target incaran Ten Hag. Dia sudah mengenal pemain yang bisa beroperasi di posisi tengah mapun di kanan tersebut. Kehadirannya bakal menggantikan Aaron Wan-Bissaka yang dikaitkan dengan Crystal Palace.

Proses perburuan pemain masih terus berlangsung hingga saat ini. Namun di sisi lain, MU juga tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi serangkaian uji coba sebagai pemanasan sebelum kompetisi. 

 

 


Ke Thailand dan Australia

Foto: 7 Raja Hattrick Manchester United di Liga Inggris sejak Era Premier League
Cristiano Ronaldo baru saja menambah koleksi hattrick-nya bersama Manchester United di Liga Inggris saat menghadapi Norwich City (16/4/2022). Sejak era Premier League pada musim 1992/1993, MU memiliki 7 pemain sebagai pengoleksi hattrick terbanyak bagi Setan Merah. (AFP/Paul Ellis)

Atletico Madrid menjadi lawan kelima MU yang dihadapi menyambut musim baru. Setan Merah sebelumnya mengumumkan bakal menjalani tur ke Thailand dan Australia.

Patut ditunggu apakah MU bakal mencari lawan tambahan sebelum kampanye anyar dimulai. Musim 2022/2023 bakal dimulai lebih cepat, tepatnya pada akhir pekan perdana Agustus.

Kompetisi dimajukan karena berlangsungnya Piala Dunia Qatar pada musim dingin.

"Kami akan memulai pramusim pada 27 Juni. Saya akan melihat per individu siapa yang bakal bertahan," ungkap Ten Hag.

Jangan lewatkan jadwal uji coba MU pada halaman selanjutnya


Jadwal Uji Coba MU

12 Juli 2022

MU vs Liverpool, Rajamangala Stadium

15 Juli 2022

Melbourne Victory vs MU, Melbourne Cricket Ground

19 Juli 2022

MU vs Crystal Palace, Melbourne Cricket Ground

23 Juli 2022

MU vs Aston Villa, Optus Stadium

30 Juli 2022

MU vs Atletico Madrid, Ullevaal Stadium

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya