FIBA Asia Cup 2022: Erick Thohir Puji Penampilan Timnas Basket Indonesia, Minta Tak Terlena

Timnas basket Indonesia berhasil meraih kemenangan telak atas Arab Saudi di laga pertama FIBA Asia Cup 2022.

oleh Thomas diperbarui 13 Jul 2022, 06:38 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2022, 06:30 WIB
Foto: Aksi-aksi Memukau Marques Bolden Saat Bawa Timnas Basket Indonesia Tenggelamkan Arab Saudi di FIBA Asia Cup 2022
Pebasket Indonesia, Marques Tarell Bolden mencetak poin saat matchday pertama Grup A FIBA Asia Cup 2022 antara Timnas Arab Saudi melawan Timnas Indonesia di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/07/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Timnas basket Indonesia tampil cemerlang pada laga perdana FIBA Asia Cup 2022. Bertanding di Istora Senayan Jakarta tim asuhan Milos Pejic menghajar Arab Saudi dengan skor 80-54 pada Selasa (12/7/2022) malam WIB. 

Kemenangan telak ini membuat Indonesia sementara berada di puncak grup A dengan selisih memasukan-kemasukan plus 26 poin. Sedangkan Australia yang di laga sebelumnya menang 78-60 dari Yordania memiliki selisih memasukan dan kemasukan 18 poin.

Pemain naturalisasi Marques Bolden yang baru pertama kali bermain di hadapan pendukung sendiri di Istora Senayan, tampil luar biasa. Pria asal Amerika Serikat ini menorehkan 32 poin, 16 rebound dan 6 assist.

Tidak hanya Bolden yang tampil menawan. Sejumlah pemain Indonesia lainnya yang mampu mencetak angka dua digit adalah Abraham Damar Grahita 13 poin, Andakara Prastawa 10 poin dan 9 assist, Brandon Jawato 10 poin dan Derrick Michael 8 poin dan 14 rebound.

FIBA Board Member Erick Thohir yang turut menyaksikan secara langsung penampilan Indonesia melawan Arab Saudi memuji kemenangan ini. Namun Erick juga mengingatkan agar pemain tetap fokus dan tak terlena karena perjuangan masih panjang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harus Konsisten

Erick Thohir nonton timnas basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022
Erick Thohir nonton timnas basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022

"Luar biasa penampilan dan perjuangan para pemain Indonesia. Semoga Mereka bisa konsisten di laga selanjutnya," ujar Erick Thohir. 

"Dua lawan berikutnya Yordania dan Australia akan lebih berat. Oleh sebab itu butuh dukungan dari semua pihak. Terutama pencinta basket di tanah air untuk ikut mendukung langsung dan mensukseskan FIBA Asia 2022 ini," lanjut Erick yang juga pernah memimpin PP Perbasi maupun SEABA.

Erick Thohir yang juga hobby bermain basket ini berharap momentum emas SEA Games 2021 Vietnam lalu bisa berlanjut. "Momentum emas SEA Games yang merupakan sejarah emas pertama Indonesia, semoga terus berlanjut bagi Indonesia. Kita berharap basket di Indonesia bisa terus berkembang."

Indonesia akan melanjutkan perjuangannya di ajang FIBA Asia Cup 2022, Kamis (14/7/2022) melawan Yordania dan terakhir pada Sabtu (16/7/2022) melawan tim kuat Australia. Target Indonesia masuk delapan besar FIBA Asia Cup 2022 agar bisa tampil di FIBA World Cup 2023.


Jalannya Pertandingan

Timnas Basket Indonesia Awali Laga Perdana di FIBA Asia Cup 2022 dengan Kemenangan
Pebasket Timnas Indonesia, Marques Terrell Bolden (kanan) mencoba mengecoh Muhammad Almarwani (Arab Saudi) pada Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). Timnas Basket Indonesia mengawali kiprah di FIBA Asia Cup 2022 dengan menundukkan Arab Saudi dengan skor 80-54. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bertanding dihadapan sekitar 5.000 penonton, Indonesia mengawali laga dengan baik. Pasukan Milos Pejic langsung tancap gas unggul 10-0. Delapan poin awal disumbangkan pemain naturalisasi Marques Bolden ditambah dua free throw Brandon Jawato.

Disiplin Indonesia saat bertahan membuat Arab Saudi mati kutu. Mereka tak bisa membuat angka di empat menit awal pertandingan. Indonesia terus mempertahankan ritme positif ini sampai kuarter pertama berakhir. Indonesia unggul 18-13.

Indonesia makin percaya diri di kuarter dua. Dunk dari Bolden dan layup Arki menjaga keunggulan Indonesia hingga pertengahan kuarter dua. 

Tembakan tiga angka Juan Laurent Kokodiputra dan jump shot Abraham Damar membuat Indonesia unggul sampai 13 poin dengan tersisa di bawah dua menit. 

Kuarter kedua akhirnya ditutup Indonesia dengan keunggulan 14 poin, 44-30 berkat dua tembakan bebas sempurna dari Brandon Jawato. 


Bolden

Timnas Basket Indonesia Awali Laga Perdana di FIBA Asia Cup 2022 dengan Kemenangan
Pebasket Timnas Indonesia, Marques Terrell Bolden (kedua kiri) saat melawan Arab Saudi pada Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). Kemenangan ini membuka peluang Indonesia lolos ke delapan besar, jika berhasil memetik kemenangan melawan Yordania di laga berikutnya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Memasuki kuarter tiga Indonesia makin percaya diri. Alley-oop dunk dan tembakan tiga angka Bolden membuat Indonesia sempat unggul 19 poin. 

Sudah unggul jauh, Indonesia makin bermain lepas di kuarter empat. Giliran Prastawa yang tampil cemerlang di kuarter empat.

Pras menghasilkan empat angka beruntun dan membuat dua assists apik untuk diselesaikan oleh Derrick Michael dan Bolden dengan dunk guna membawa Indonesia unggul 24 poin. Indonesia akhirnya menutup laga dengan skor 80-54.

Kuarter ketiga ditutup dengan keunggulan 16 poin untuk Indonesia setelah Abraham Damar Grahita melepaskan buzzer beater dua poin. Indonesia 61-45 Arab Saudi. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya