Tampil di MotoGP Aragon, Marc Marquez Sebut Peluang Podium Hanya 1 Persen

Marc Marquez akan kembali tampil pada MotoGP Aragon 2022.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 16 Sep 2022, 12:37 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2022, 12:36 WIB
Foto: Marc Marquez dan 5 Pembalap Spanyol yang Pernah Menjuarai MotoGP Jerez, Didominasi Pabrikan Honda
Marc Marquez menjadi pembalap Spanyol terakhir yang berhasil menjuarai MotoGP Jerez, yaitu pada 2019. Pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut tercatat sudah tiga kali menang di sirkuit dengan panjang 4,4 kilometer tersebut. Marquez menyabet gelar pertamanya pada tahun 2014 dan pada 2018 ia berhasil menggandakan catatannya. (AFP/Jorge Guerrero)

Liputan6.com, Jakarta Juara dunia delapan kali, Marc Marquez bakal tampil di MotoGP Aragon 2022. Keputusan ini diambil setelah, pembalap Honda Repsol itu tampil memukau pada tes MotoGP di Misano, 6-8 September 2022. 

Usai sesi tertsebut, Marquez menyatakan siap bersaing di MotoGP Aragon. Balapan ini akan menjadi penampilan perdana pembalap Honda Respol itu setelah lama absen pada lima seri sebelumnya.

"Saya akan ada di tampil Aragon, kali ini untuk balapan. Setelah bicara dengan dokter dan tim, kami memutuskan cara terbaik untuk pemulihan adalah dengan naik motor. Ini juga penting menyambut musim depan," kata Marquez melalui media sosial-nya.

Musim ini, Marquez telah melewatkan banyak seri. Dia terpaksa absen demi menjalani proses pemulihan.

Marquez sudah tidak ikut balapan pada seri kedua yang berlangsung di Mandalika, Indonesia. Saat itu, pembalap asal Spanyol tersebut sempat mengalami tiga kali kecelakaan saat latihan bebas. Puncaknya terjadi pada sesi pemanasan di mana Marquez sempat terpental dari motornya dalam posisi highside. 

Dia lalu dilarikan ke rumah sakit. Meski tidak ditemukan luka berat, Marquez dinyatakan tidak fit untuk berlomba. Setelah itu, dia kemudian diterbangkan ke Spanyol untuk menjalani pemeriksaan lebih jauh.

Marquez kembali absen pada seri Argentina. Setelah tampil lagi di seri berikutnya di Portugal, Marquez menjalani operasi lengan kanan usai MotoGP Italia. Akibatnya, dia pun harus menepi lagi.

 

 

 


Potensi Podium Rendah

Marc Marquez
Marc Marquez beraksi kembali di MotoGP Amerika Serikat (AFP)

Marquez mengaku sudah cukup fit untuk tampil di MotoGP Aragon. Namun pria berusia 29 tahun tersebut masih menyimpan keraguan terhadap respons lengan kanannya pada balapan nanti. Karena itu, rider yang pernah memenangkan 8 gelar juara dunia tersebut enggan muluk-muluk dalam menentukan target. 

"Mengenai peluang podium ada 1 %," kata Marquez seperti dilansir dari Crash.net. 

"Maksud saya, itu benar-benar rendah. Satu hal yang pasti, saya masih jauh dari kondisi fisik terbaikku. Juga mengenai otot lengan--tulangnya telah diperbaiki, tapi kondisi ototnya masih jauh," katanya. 

 

 

 

 


Fokus Pemulihan

Marc Marquez
Marc Marquez siap tempur di MotoGP Qatar di sirkuit Losail (AFP)

Pada kesempatan yang sama, Marquez juga mengaku sadar akan kondisi yang dihadapinya. Menurutnya, Repsol Honda sedang dalam momen yang sulit setelah melihat jarak pembalap lain yang cukup jauh.  

Marquez pun memilih tidak muluk-muluk. Dia hanya berusaha memperbaiki kondisinya saja.   

"Kami melihat pembalap lain sangat jauh. Kami tertinggal jauh dari pabrikan lain. Tujuanku adalah berusaha finis di setiap akhir pekan dari sekarang," kata Marc Marquez menambahkan. 

 

 


Honda Memaklumi

Foto: 7 Pembalap MotoGP Spesialis Trek Basah, Sayang Marc Marquez Harus Mundur di MotoGP Mandalika 2022
Marc Marquez. Pembalap Spanyol berusia 29 tahun ini baru saja gagal beraksi di kelas MotoGP pada GP Mandalika 2022 akibat terjatuh saat sesi pemanasan. Sejatinya ia juga menjadi favorit pilihan pembalap, karena mampu tampil sama baiknya di trek kering maupun basah. (AFP/Mohd Rasfan)

Marquez sebenarnya optimistis bisa melalui MotoGP Aragon dengan baik. Hanya saja, Marquez secara jujur mengaku belum bisa memastikan apakah dia bisa bertahan menjalani setiap balapan yang tersisa.

"Memang benar, saya harus jujur dengan kondisiku. Saya pikir di sini, Aragon saya tidak akan punya banyak masalah pada akhir pekan ini, tapi setelah itu saya belum tahu," kata Marquez. 

Tantangan berat memang bakal menanti Marquez dan para pembalap lain setelah MotoGP Aragon. Mereka harus melewati dua seri dalam dua pekan secara beruntun, yakni Thailand dan Jepang.  

"Memang benar bahwa tiga balapan datang berturut-turut dan di sanalah kelelahan otot dari Aragon ke Motegi, Motegi ke Thailand - saya tidak tahu bagaimana reaksinya," kata Marquez.

"Saya sudah berbicara dengan Honda dan mereka memahami situasinya dan bahwa dalam beberapa akhir pekan, saya mungkin perlu berhenti. Pada saat itu kami harus jujur ​​dengan kondisi saya."


Jadwal MotoGP Aragon 2022

Jumat, 16 September 2022

14:55-15:40 WIB: Latihan Bebas 1

19:10-19:55 WIB: Latihan Bebas 2

 

Sabtu, 17 September 2022

14:55-15:40 WIB: Latihan Bebas 3

18:30-19:00 WIB: Latihan Bebas 4

19:10-19:25 WIB: Kualifikasi 1

19:35-19:50 WIB: Kualifikasi 2

 

Minggu, 18 September 2022

14:40-15:00 WIB: Pemanasan

19:00 WIB: Balapan

MotoGP
Infografis Jadwal MotoGP 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya