Megah dan Modern, Mengintip 8 Stadion Tuan Rumah Piala Dunia Dunia 2022 Qatar

Sederet stadion yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Okt 2022, 21:00 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2022, 21:00 WIB
Foto: Gelar Laga Uji Coba Resmi, Iconic Lusail Stadium sebagai Stadion Terbesar di Qatar Siap Gelar Piala Dunia 2022, Ini Profil Singkatnya
Iconic Lusail Stadium terletak sekitar 20 kilometer dari Doha sebagai ibu kota negara Qatar. (AFP/Mustafa Abumunes)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 sudah di depan mata. Qatar akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan  kompetisi sepak bola internasional yang hanya diadakan setiap 4 tahun sekali. Piala Dunia FIFA 2022 dijadwalkan akan berlangsung dari 20 November hingga 18 Desember. Hal ini menjadi momentum spesial, mengingat ini pertama kalinya negara di Timur Tengah menjadi tuan rumah Piala Dunia. 

Sebanyak 8 stadion yang ada di Qatar telah ditunjuk untuk mengambil bagian. Sebanyak 32 tim akan bertanding dalam 64 pertandingan Piala Dunia FIFA 2022. Lantas, ada ada stadion apa saja yang akan menjadi saksi bisu perhelatan Piala Dunia 2022? Yuk, intip sederet stadion yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar berikut ini!

1. Lusail Iconic Stadium

Terletak di kota Lusail, Lusail Iconic Stadium akan untuk pembukaan dan penutupan perhelatan Piala Dunia 2022.  Sebagai stadion terbesar di Qatar, stadion ini dapat menampung 80.000 penonton. Stadion ini menggunakan gaya arsitektur Arab dan Islam. Setelah perhelatan Piala Dunia 2022 selesai, stadion ini akan didedikasikan untuk ruang komunitas sekolah dan masyarakat setempat di masa depan. 

2. Al Bayt Stadium

Al Bayt Stadium menjadi museum kedua terbesar yang ada di Qatar. Berkapasitas 60.000 penonton, stadion ini dirancang oleh arsitek Albert Speer. Al Bayt Stadium berlokasi di kota Al khor, dekat dengan ibukota Qatar, Doha. Selain itu, stadion ini menjadi salah satu stadion ramah lingkungan di dunia. Terdapat banyak taman dan lahan hijau di sekitar stadion.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Al Janoub Stadium

Stadion Al-Janoub sebelumnya dikenal sebagai Stadion Al-Wakrah dan terletak di Al-Wakrah (Photo: AFP/GIUSEPPE CACACE)
Stadion Al-Janoub sebelumnya dikenal sebagai Stadion Al-Wakrah dan terletak di Al-Wakrah (Photo: AFP/GIUSEPPE CACACE)

Al Janoub Stadium diresmikan pada 16 Mei 2019. Stadion ini mampu menampung sekitar 40.000 penonton. Stadion yang berlokasi di Al Wakrah ini menawarkan teknologi yang hemat energi seperti pendingin cerdas.

4. Ahmad Bin Ali Stadium

Ahmad Bin Ali Stadium sering disebut sebagai multi fungsi. Stadion ini berlokasi di Al Rayyan, salah satu kota dengan populasi penduduk terbesar di Qatar selain Doha. Berkapasitas 40.000 penonton, stadion ini menjadi kandang bagi Al Rayyan SC.


5. Khalifa International Stadium

Pemandangan luar Khalifa International Stadium, yang akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia sepak bola FIFA 2022 (Photo: GABRIEL BOUYS / AFP)
Pemandangan luar Khalifa International Stadium, yang akan menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia sepak bola FIFA 2022 (Photo: GABRIEL BOUYS / AFP)

Khalifa International Stadium telah menjadi tuan rumah perhelatan acara olahraga penting sejak diresmikan pada 1976. Berlokasi di kota Al Rayyan, stadion ini dapat menampung 40.000 penonton. Stadion ini juga memiliki sistem pendingin stadion untuk menjaga suhu yang nyaman bagi pemain dan penonton. 

6. Education City Stadium

Terletak di kota Al Rayyan, Education City Stadium yang dibuat untuk Piala Dunia FIFA 2022. Selain itu, stadion ini terletak di  pusat pembelajaran dan pengetahuan. Memiliki Berdesain ultra-modern yang dipadukan dengan arsitektur Islam tradisional, stadion ini dapat menampung 40.000 penonton. 


7. Al Thumama Stadium

Pemandangan Stadion Al-Thumama di ibu kota Doha (Foto: AFP)
Pemandangan Stadion Al-Thumama di ibu kota Doha (Foto: AFP)

Bermakna, Al Thumama Stadium punya tempat di hati masyarakat setempat. Bentuk stadion ini mewakili budaya lokal. Terletak di ibukota Qatar, Doha, stadion ini dapat menampung 40.000 penonton. 

8. Stadium 974

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa apa arti  angka 974 yang disematkan pada stadium unik yang satu ini. Angka 974 kode panggilan internasional untuk Qatar. Stadion ini berada di Doha dengan daya tampung 40.000 penonton.

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya