Anjloknya Performa Cristiano Ronaldo Bikin Pelatih Portugal Pusing Hadapi Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Qatar mulai 20 November hingga 18 Desember 2022.

oleh Rangga Ari diperbarui 26 Okt 2022, 23:00 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2022, 23:00 WIB
Foto: Frustrasinya Cristiano Ronaldo saat Gagal Cetak Gol ke-700 saat MU Hanya Menang Tipis atas Omonia di Liga Europa
Cristiano Ronaldo lagi-lagi gagal mencetak gol bersama Manchester United. Kali ini ia gagal membobol gawang tuan rumah Omonia Nicosia dalam matchday ketiga Liga Europa 2022/2023, Jumat (7/10/2022) dini hari WIB. Padahal, ia hanya membutuhkan 1 gol lagi untuk menggenapkan koleksi golnya di angka 700. (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos mengaku pusing dengan kondisi timnya jelang dimulainya Piala Dunia 2022 yang kurang dari satu bulan lagi. Pria berusia 68 tahun itu dihadapkan badai cedera yang menghantam timnya dan performa bintangnya, Cristiano Ronaldo yang terus menurun.

Kapten Selecao itu sudah tidak menjadi pemain utama di Manchester United dan jarang mendapatkan menit bermain. CR7 hanya menjadi starter dua kali dari 11 laga MU di Liga Inggris (EPL) musim ini.

Situasi non teknis lainnya membuat top skorer Timnas Portugal dengan 117 golnya itu berada dalam performa yang menurun. Misalnya urusannya dengan Erik Ten Hag yang kian meruncing membuat CR7 memilih pergi lebih dulu meninggalkan bench pemain saat MU bertemu Tottenham Hotspurs, Kamis (20/10).

Catatan penampilan Ronaldo di UEFA EUropa League sedikit membantu, dia telah tampil 4 kali dan seluruhnya tampil sejak menit pertama. Eks pemain Real Madrid ini baru mencetak satu gol dan satu assist di UEL.

Dilansir dari The Sun, situasi ini justru akan memperburuk keadaan di Timnas Selecao. Pasalnya Ronaldo masih menjadi tumpuan untuk Juara Eropa 2016 itu berlaga pada Piala Dunia 2022 di Qatar yang juga Piala DUnia terakhir bagi Ronaldo.

Di Timnas Portugal, Ronaldo selalu tampil 90 menit baik di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 ataupun laga UEFA Nations League dan laga persahabatan. Dari 10 laga terakhir Tim Selecao, CR7 hanya absen satu kali, sisanya bermain full 90 menit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berjuang untuk Tempat Utama

Cristiano Ronaldo - Manchester United - MU - Liga Europa
Manajer Manchester United Erik ten Hag (kiri) akan memainkan Cristiano Ronaldo sejak awal laga saat menjamu Real Sociedad di laga pembuka Grup E Liga Europa. MU akan menjamu Sociedad di Old Trafford, Jumat (9/9/2022) pukul 02:00 WIB. (Adrian DENNIS / AFP)

Manajer Manchester United, Erik ten Hag mengatakan Cristiano Ronaldo sudah mereda pasca pertengkarannya saat melawan Tottenham lalu. Ten Hag menyebut, CR7 berjanji akan berbenah dan berjuang mendapatkan tempat utama di skuad MU.

"Tidak ada masalah lagi dengan kasus (Ronaldo) karena setelah kejadian itu lebih penting untuk memiliki langkah yang tepat, standar dan nilai yang baik. Untuk jangka panjang selalu lebih penting dan pada akhirnya akan membawa ke posisi yang tepat," dilansir dari The Sun.

Ronaldo, kata ten Hag sangat ingin menampilkan performa terbaiknya di Piala Dunia 2022. Maka dia ingin berangkat dengan performa di puncak setelah mendapatkan menit bermain yang cukup jelang ke Qatar.

CR7 diparkir dari skuad MU oleh ten Hag pada saat melawan Chelsea. Ini merupakan hukuman dari sang arsitek pasca sikap Ronaldo yang meninggalkan bench pemain ke ruang ganti sebelum pertandingan selesai.

 


Segera Tinggalkan MU

Foto: 5 Pemain Manchester United yang Layak Dipertahankan Erik Ten Hag pada Musim Depan
Cristiano Ronaldo langsung menjadi andalan Manchester United sejak kembali ke Old Trafford pada musim panas 2021 lalu. CR7 telah mencetak 18 gol dan tiga assist dalam 22 penampilannya bersama MU. Ia sangat layak untuk dipertahankan oleh Erik Ten Hag pada musim depan. (AFP/Paul Ellis)

Dilansir dari The Sun, manajemen Manchester United berencana untuk mendepak Ronaldo pada bursa transfer musim panas mendatang. Nampaknya pemain 37 tahun itu akan berlabuh di Major League Soccer (MLS) yang dinilai menjadi pilihan terbaik bagi kedua pihak.

Manajemen MU sejatinya memang sudah berniat melakukan trasnfer Ronaldo pada awal musim ini. Namun tim besar Eropa yang berlaga di Liga Champions, sesuai keinginanya belum ada yang mengajukan penawaran resmi.

Ronaldo bergabung bersama MU untuk kedua kalinya pada 2021 lalu didatangkan dari Juventus. Pada tahun 2003 peraih lima Ballon d'Or ini sempat berlabuh di The Red Devils dan bertahan selama enam tahun sebelum pada 2009 pindah ke Real Madrid dan semakin matang.

Sejak datang ke MU performa CR7 terus menurun dikarenakan faktor usia yang sudah menginjak 37 tahun. Ditambah saat Erik ten Hag menangani MU, Ronaldo makin tersingkirkan karena ten Hag menggunakan sistem high pressing yang mengandalkan kecepatan pemain depan.

 


Badai Cedera Portugal

Foto: Bermain Tanpa Cristiano Ronaldo, Portugal Sukses Menang Telak di Laga Keenam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa
Portugal menggandakan keunggulan lima menit berselang lewat gol yang dicetak Andre Silva. Ia sukses menuntaskan umpan tarik yang diberikan Diogo Jota menjadi gol ke-10nya di Timnas Portugal. (Foto: AFP/Tofik Babayev)

Situasi menurunnya performa Ronaldo membuat persoalan baru di skuad Selecao. Lantaran juara Eropa 2016 ini juga sedang dihadapkan pada badai cedera beberapa pemain inti.

Di antaranya pemain Liverpool Diogo Jota yang mengalami cedera betis dan sempat ditandu keluar lapangan saat melawan Manchester City pekan lalu. Jota diprediksi tidak akan kembali dalam waktu yang cepat dan kemungkinan besar harus terpaksa batal tampil di Piala Dunia 2022.

Gelandang bertahan PSG Danilo Pereira, yang juga bisa diplot sebagai bek tengah untuk Portugal juga saat ini absen karena cedera hamstring. Namun Danilo diperkirakan akan kembali beraksi dalam beberapa minggu mendatang.

Pemain lainnya yang cedera yaitu winger Wolverhampton, Pedro Neto yang menderita cedera pergelangan kaki dan membuatnya absen dari Piala Dunia. Neto bergabung dengan mantan rekan setimnya di Wolves Diogo Jota yang dipaksa untuk menonton turnamen dari ruang perawatan.

 


Skuad Portugal

Meskipun ditinggal beberapa pemain andalannya, skuad Portugal masih diisi oleh pemain-pemain bintang. Sebut saja Bruno Fernandes yang telah menemukan kembali performa terbaiknya di Manchestr United.

Kemudian rekan setimnya Diogo Dalot serta dua pemain Manchester City, Bernardo Silva dan Ruben Dias juga bermain bagus untuk klub mereka.

Lalu ada Rafael Leao yang juga tampil gemilang bersama AC milan musim ini. Winger kiri lincah itu telah mencetak lima gol dan lima assist dari 10 pertandingan AC Milan di Serie A. Sedangkan di lima pertandingan Liga Champions Eropa, Leao berhasil mencatatkan satu gol dan tiga assist.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Portugal bergabung di Grup H bersama Ghana, Uruguay dan Korea Selatan. Pada Piala Dunia edisi sebelumnya, Portugal disingkirkan Uruguay di babak 16 besar berkat dua gol Edison Cavani.

Infografis Grup H Piala Dunia 2022
Infografis Grup H Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya