8 Rahasia Awet Muda dan Mencegah Penuaan Ini Bisa Kamu Coba

Berikut ini beberapa rahasia awet muda dan mencegah penuaan menurut prinsip biohacking

oleh Sulung Lahitani diperbarui 30 Sep 2024, 17:04 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2024, 17:04 WIB
Contoh ilustrasi menghabiskan waktu bersama teman-teman
Menyisihkan waktu dengan bermain bersama teman terdekat dapat menjadi ritual sederhana untuk membuat kulit tetap awet muda (Foto: Unsplash.com/Jarritos Mexican Soda)

Liputan6.com, Jakarta Semua orang bermimpi untuk memutar balik waktu, dan merasa atau tampak lebih muda - dan semakin banyak orang yang mengira mereka telah menemukan rahasia untuk hidup lebih lama.

Biohacking adalah tren terbaru yang memiliki banyak manfaat, termasuk membantu Anda hidup lebih lama, meningkatkan kebugaran fisik, dan bahkan meningkatkan fungsi kognitif; sekaligus mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit kronis. Namun, beberapa orang juga mengatakan bahwa itu hanya mode yang menghabiskan banyak biaya dan tidak memiliki dasar ilmiah.

Tim Gray, 45 tahun, yang tinggal di London, adalah salah satu pakar biohacking terkemuka di Inggris. Ia mengatakan bahwa ia mengubah kesehatannya – dan hidupnya – dengan menerapkan prinsip-prinsip biohacking dalam praktik.

Biohacking jelas telah menjadi kata kunci, tetapi secara sederhana itu berarti perawatan kesehatan preventif dan pengoptimalan kesehatan,” kata Tim. 

“Dua belas tahun yang lalu saya adalah CEO dari agensi pemasaran saya sendiri dan hidup sesuai dengan mentalitas 'bekerja keras, bermain lebih keras'. Saya akhirnya kelelahan dan jatuh sakit parah. Saya tidak punya energi untuk bertahan hidup setiap hari."

“Tidak seorang pun dapat membantu saya, jadi saya mengatasinya sendiri. Melalui penelitian dan eksperimen sendiri, saya memperbaiki semua masalah saya. Sekarang, lebih dari satu dekade kemudian, saya berada dalam kondisi puncak dan memiliki usia biologis 24 tahun, meskipun telah berusia 45 tahun awal tahun ini.”

Ini adalah klaim yang mengesankan – tetapi biohacking bukan hanya tentang memutar balik waktu, kata Tim.

“Beberapa orang mungkin ingin melakukan biohacking pada gaya hidup mereka sehingga mereka dapat terlihat dan merasa semuda mungkin, yang lain mungkin ingin membalikkan masalah kesehatan kronis, dan yang lain mungkin hanya ingin mencoba dan hidup hingga usia 150 tahun. Apa pun tujuan mereka, prinsip dasarnya sama – biohacking adalah tentang menyempurnakan pola makan, tidur, hidrasi, dan lingkungan sehingga Anda bekerja bersama tubuh Anda untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.”

Dan Anda tidak pernah terlalu tua untuk memulai.

“Biohacking adalah pendekatan fleksibel yang dapat disesuaikan dengan individu di segala usia, dan memulai biohacking di usia lanjut masih dapat memberikan manfaat signifikan dan mendukung penuaan yang sehat. Namun, tidak ada pil ajaib. Tidak ada suplemen atau teknologi yang dapat memperpanjang kesehatan atau umur Anda. Perubahan positif kecil yang terakumulasi dalam jangka panjanglah yang membuat perbedaan terbesar.”

Mulailah dengan membuat beberapa perubahan gaya hidup sederhana, kata Tim. “Mulailah dengan hal-hal mendasar dan lakukan dengan benar terlebih dahulu sebelum menghabiskan banyak uang untuk suplemen dan teknologi.”

Berikut 8 rahasia awet muda dan mencegah penuaan menurut prinsip biohacking seperti dilansir dari Mirror.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pola makan dan hidrasi yang baik

Mengonsumsi Aneka Macam Makanan Sehat
Ilustrasi Pola Makan Anak Credit: pexels.com/Alex

Pastikan Anda terhidrasi dengan baik dan mengonsumsi makanan yang tepat. Biohacker sering kali menghindari air keran, sebaliknya memilih air mineral atau air reverse osmosis (jenis air yang disaring khusus) dengan tambahan garam laut untuk mengisi kembali mineral.

Mengenai makanan, fokuslah pada pola makan yang diproses secara minimal yang mengandung makanan utuh, dan belilah buah dan sayuran organik, dan daging yang diberi makan rumput, jika memungkinkan.

Prinsip utamanya adalah memilih makanan yang sedekat mungkin dengan alam, menghindari bahan kimia tambahan, pengawet, dan pestisida.

2. Tidur selama tujuh hingga sembilan jam

Tidur sangat penting agar tubuh dapat pulih dari kerusakan yang terjadi di siang hari. Tidur adalah fondasi energi dan pemulihan.

Biohacker sering melacak tidur dengan perangkat seperti cincin Oura. Kualitas tidur kita dapat memberi tahu kita banyak hal tentang gaya hidup dan pemulihan kita. Kita harus mendapatkan keseimbangan yang baik antara tidur nyenyak, ringan, dan REM.

3. Optimalkan paparan cahaya

Kita dirancang untuk bangun dan tidur bersama matahari. Cahaya memegang isyarat sirkadian – ini berarti di pagi hari kita perlu keluar dan mengekspos diri kita pada cahaya alami untuk mendukung respons kortisol dan energi. Cahaya siang menghentikan sekresi melatonin, hormon tidur kita.

Di malam hari, ini berarti membatasi paparan cahaya buatan, yang memberi tahu tubuh untuk tetap terjaga.

Biohacker menggunakan kacamata pemblokir cahaya biru dengan lensa merah/oranye, yang meniru spektrum cahaya yang kita lihat saat matahari terbenam.

 


4. Periksa kesehatan mulut Anda

Sebagai Obat Kumur Untuk Memelihara Kesehatan Mulut
Ilustrasi Obat Kumur Credit: pexels.com/Daria

Para biohacker percaya bahwa kesehatan dimulai dari mulut. Cobalah oil pulling – mengoleskan minyak kelapa di sekitar mulut Anda selama 10 menit – dan mengikis lidah Anda untuk mendukung mikrobioma mulut yang sehat. Mengoptimalkan mikrobioma mulut Anda juga akan membantu mencegah pembusukan.

5. Temukan orang-orang yang berpikiran sama

Ada banyak penelitian tentang pentingnya hubungan sosial dan bagaimana orang lain memengaruhi kita baik pada tingkat psikologis maupun biologis.

Jadi, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang berpikiran sama yang memprioritaskan hubungan positif yang berfokus pada kesehatan. Komunitas yang mendukung akan membantu Anda berkembang.

Kita tidak dirancang untuk gaya hidup modern yang penuh tekanan. Membina keseimbangan kehidupan kerja, menghabiskan waktu di alam, berhubungan dengan teman dan keluarga, serta mencoba hal-hal seperti latihan pernapasan dan meditasi dapat sangat membantu.

Grounding – meletakkan kaki telanjang Anda di permukaan bumi – terbukti menurunkan peradangan dan meningkatkan aliran darah. Hanya 10 menit sehari dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara signifikan.

 


7. Bergerak

Ilustrasi olahraga crossfit
Ilustrasi olahraga crossfit. (Image by Freepik)

Biohacker bukan hanya penggemar olahraga, tetapi juga pendukung gerakan teratur. Ini berarti berjalan sebanyak mungkin, menggunakan meja berdiri, dan beristirahat secara teratur sepanjang hari.

Nenek moyang kita tidak duduk selama delapan jam sehari dan kita pun seharusnya tidak melakukannya. Itu dapat menurunkan kinerja kognitif dan menyebabkan masalah postur tubuh.

8. Bersenang-senanglah

Meskipun berjuang untuk umur panjang itu hebat, sama pentingnya untuk memaksimalkan kualitas tahun-tahun yang Anda miliki. Ini tentang memanfaatkan setiap momen sebaik-baiknya dan memastikan pencarian Anda untuk umur panjang tidak mengaburkan kegembiraan hidup yang sebenarnya.

Infografis Sentra Batik di berbagai daerah di Indonesia
Infografis Sentra Batik di berbagai daerah di Indonesia. (Dok: Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya