Erik ten Hag Cuek Dikritik Cristiano Ronaldo, Singgung Karier Sang Legenda di Arab Saudi

Pelatih Manchester United Erik ten Hag baru-baru ini memberi tanggapan cuek usai dirinya dikritik oleh mantan pemain legendaris klub Cristiano Ronaldo. Apa katanya?

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 13 Sep 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 18:00 WIB
Pelatih Manchester United Erik ten Hag
Manajer Manchester United, Erik ten Hag, belum lama ini dikritik oleh mantan bintang klub Cristiano Ronaldo. 

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Manchester United Erik ten Hag baru-baru ini memberi tanggapan cuek usai dirinya dikritik oleh mantan pemain legendaris klub Cristiano Ronaldo.

Juru taktik asal Belanda menegaskan dia sama sekali tak terpengaruh dengan kata-kata Ronaldo, mengingat sang pemain kini tak lagi di MU dan sudah melanjutkan karier bersama klub Arab Saudi.

Seperti diketahui, CR7 baru-baru ini memang melontarkan komentar soal kiprah Ten Hag di Old Trafford. Pria yang pernah dua periode memperkuat Setan Merah itu mengisyaratkan klub akan sulit memenangkan gelar Liga Inggris atau Liga Champions apabila pelatih tidak menerima saran dari legenda MU, khususnya mereka yang benar-benar paham kondisi ruang ganti.

Melansir laporan sebelumnya, Cristiano Ronaldo secara spesifik menyebut nama Ruud van Nistelrooy sebagai salah satu sosok yang perlu didegarkan oleh Erik ten Hag ketika tampil dalam podcast Rio Ferdinand.

Pria yang baru ditunjuk sebagai asisten pelatih pada awal musim panas memang cukup familiar dengan situasi di Old Trafford. Van Nistelrooy pernah memperkuat Manchester United dari periode 2001 hingga 2006 dengan kontribusi 150 gol dalam 219 penampilan, sehingga diklaim bisa memberi masukan lantaran paham betul perihal klub.

Sementara itu, hubungan CR7 dan Ten Hag sendiri sejatinya tak begitu baik ketika sang pemain angkat kaki dari Theatre of Dreams. Dia berselisih dengan juru taktik Belanda pada akhir tahun 2022, sebelum memutuskan pergi dari klub dan banting setir menjadi bintang di negeri Timur Tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanggapan Cuek Erik ten Hag

Cristiano Ronaldo - Manchester United - MU - Liga Europa
Manajer Manchester United Erik ten Hag (kiri) akan memainkan Cristiano Ronaldo sejak awal laga saat menjamu Real Sociedad di laga pembuka Grup E Liga Europa. MU akan menjamu Sociedad di Old Trafford, Jumat (9/9/2022) pukul 02:00 WIB. (Adrian DENNIS / AFP)

Erik ten Hag yang rupanya sudah mendengar kritikan dari mantan anak asuhnya langsung melontarkan tanggapan cuek terhadap CR7. Dia menyiratkan Ronaldo sudah tak benar-benar tahu situasi yang terjadi di Old Trafford, mengingat dia kini bermain jauh di Arab Saudi.

"Dia bilang hal itu, bilang bahwa Manchester United tidak bisa memenangkan gelar Premier League. Dia bilang begitu, jika Anda baca artikelnya dengan saksama," ucap Ten Hag, dilansir dari Football Transfers.

"Dia jauh di Saudi, jauh dari Manchester, jadi semua orang bisa dan berhak memiliki pendapat, tidak masalah," sambung pelatih yang dulunya menukangi Ajax Amsterdam.


Ten Hag Tahu Harus Berbuat Apa

Foto: Akhiri Tiga Laga Tanpa Kemenangan, MU Sikat Newcastle di Laga Kandang Terakhir Liga Inggris Musim Ini
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag memberi aplaus kepada para suporter jelang dimulainya laga tunda pekan ke-34 Liga Inggris 2023/2024 menghadapi Newcastle United di Old Trafford Stadium, Manchester, Rabu (15/5/2024). (AP Photo/Dave Thompson)

Lebih lanjut, Erik ten Hag juga mengeklaim komentar Cristiano Ronaldo tak berpengaruh padanya. Pelatih asal Belanda pun menegaskan dia tahu di mana posisi MU saat ini dan tahu apa yang harus dilakukan.

"(Komentar) itu tidak memengaruhi saya. Saya tahu dalam proses ini, di mana kami berada dan apa yang harus kami lakukan," ucap pelatih MU, dinukil dari Football Transfers.

"Saya sudah mengatakan sebelumnya bahwa kami masih dalam masa transisi dan kami harus mengintegrasikan banyak pemain muda ke dalam tim. Kami masih harus mengatasi masalah cedera dan membawa pemain kembali ke tim," kata Ten Hag menambahkan.


Deadline Pemecatan Ten Hag

Foto: Tundukkan MU via Drama Adu Penalti, Man City Sabet Trofi Community Shield 2024
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag memberi instruksi kepada pemainnya saat menghadapi Manchester City pada laga Community Shield 2024 di Wembley Stadium, London, Sabtu (10/8/2024). (AP Photo/David Cliff)

Di sisi lain, Manchester United sebelumnya santer diklaim sudah menentukan tenggat waktu pemecatan Erik ten Hag di Old Trafford.

Petinggi klub diklaim hanya memberi waktu bagi pelatih Belanda untuk membalikkan keadaan sampai Natal 2024. Apabila dia gagal membuktikan progres MU, Ten Hag berpeluang besar didepak dari Theatre of Dreams.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya