Walid Regragui : Bukan Keajaiban Jika Menang, Seperti Rocky Balbao yang Bekerja Keras

Pelatih Maroko, Walid Regragui menegaskan, keberhasilan timnya bukanlah keajaiban tapi hasil dari kerja keras, dan ia meminta timnya seperti tokoh Rocky Balbao

oleh Yo Kavya diperbarui 12 Des 2022, 11:00 WIB
Diterbitkan 12 Des 2022, 11:00 WIB
Walid Regragui - Maroko - Piala Dunia 2022 - 10 Desember 2022
Pelatih Maroko Walid Regragui dilempar ke udara oleh para pemainnya setelah pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 menghadapi Portugal di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Sabtu, 10 Desember 2022. Maroko menang 1-0 dan lolos ke semfinal. (AP Photo/Martin Meissner)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Maroko, Walid Regragui ingin para pemainnya mengambil peran laiknya Rocky Balboa dalam sekuel film Rocky. Para penonton tidak pernah menganggap sang petinju melakukan keajaiban saat meraih kemenangan dalam jalan cerita filmnya.

“Kemenangan 1-0 atas Portugal dan melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 bukan sebagai keajaiban. Media, mungkin terutama media-media Barat, akan menyebut ini sebagai keajaiban, tapi bagi saya ini bukan keajaiban. Ini buah kerja keras kami,” kata Regragui dalam jumpa pers selepas pertandingan di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Sabtu (10/12/2022) malam.

Maroko menang 1-0 atas Portugal berkat gol sundulan Youssef En-Nesyri yang melompat tinggi demi membelokkan umpan silang kiriman Yahia Attiyat Allah. Hasil itu membuat Maroko menorehkan catatan emas sebagai tim benua Afrika sekaligus tim anggota Liga Negara-Negara Arab pertama yang mencapai babak semifinal Piala Dunia.

“Semua ini merupakan buah kerja keras para pemain Maroko yang tak gentar menghadapi Portugal yang di atas kertas lebih diunggulkan,” tegasnya.

Robert "Rocky" Balboa adalah karakter utama serial Rocky. Karakter tersebut dibuat oleh Sylvester Stallone, yang juga memerankannya dalam seluruh tujuh film Rocky. Tokoh ini digambarkan sebagai orang biasa yang mulai merantau, menghadapi rintangan-rintangan yang terjadi dalam kariernya sebagai petinju professional.

“Penonton pasti menganggap bahwa semua yang diraih Rocky Balboa adalah buah kerja kerasnya. Kami ingin menjadi Rocky Balboa di Piala Dunia 2022,” tegas mantan bek timnas Maroko itu.

Regragui menuturkan bahwa Maroko memasuki pertandingan dengan strategi permainan yang jelas, yakni beberapa pilar penting seperti Achraf Hakimi dan Sofiane Boufal harus berjuang lebih keras dalam upaya membongkar pertahanan Portugal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Level Determinasi

Sukacita Warga Maroko Rayakan Kemenangan atas Portugal
Para pendukung Maroko merayakan kemenangan negaranya atas Portugal pada babak 8 besar Piala Dunia 2022, di ibu kota Rabat, Sabtu (10/12/2022). Maroko mengubur mimpi Cristiano Ronaldo lewat gol semata wayang yang diciptakan Youssef En-Nesyri di babak pertama. (FADEL SENNA / AFP)

Di waktu bersamaan, level determinasi yang sama juga dituntut oleh Regragui kepada para pemain Maroko lainnya.

“Betul mereka banyak menekan kami, tapi sama seperti melawan Spanyol, kami juga tidak kebobolan di pertandingan ini,” ujarnya.

“Dengan segala capaian ini saya yakin sekarang kami menjadi tim yang paling disukai dan ditunggu-tunggu penampilannya di Piala Dunia ini,” imbuh Regragui.

Kemenangan Maroko menggoreskan sejarah bagi persepakbolaan Afrika. Untuk pertama kalinya ada tim dari Afrika yang menembus semifinal Piala Dunia.

Sebelumnya ada tiga wakil Afrika yang berhasil mencapai perempatfinal, namun semuanya kandas dan tak berhasil melangkah lebih jauh. Mereka adalah Kamerun pada 1990, Senegal pada 2002, dan Ghana pada 2010.

Kemenangan bersejarah itu dirayakan oleh warga Maroko yang berkumpul di Casblanca dan sejumlah tempat lainnya.

Orang-orang berkaos tim nasional dan bendera merah dengan bintang hijau, terlihat di mana-mana di jendela, kios, pasar. Lukisan dinding raksasa  memperlihatkan penyerang Chelsea, Hakim Ziyech dan pelatih Walid Reragui, yang telah disamakan sebagai pahlawan nasional.


Perayaan

Sukacita Warga Maroko Rayakan Kemenangan atas Portugal
Para pendukung Maroko merayakan kemenangan negaranya atas Portugal pada babak 8 besar Piala Dunia 2022, di ibu kota Rabat, Sabtu (10/12/2022). Jutaan rakyat Maroko bergembira merayakan kemenangan bersejarah Timnas Maroko atas Portugal di Piala Dunia 2022. (FADEL SENNA / AFP)

Reragui mengambil alih tim kurang dari tiga bulan sebelum kompetisi dimulai setelah Vahid Halilhodzic dipecat.

Tak hanya warga Maroko, di sejumlah negara di Arab dan Eropa juga berlangsung perayaan kemenangan itu.

 “Tim yang luar biasa, stamina yang luar biasa, pencapaian yang luar biasa,” kata Ilham El Idrissi, seorang wanita Casablanca berusia 34 tahun, kepada AFP.

Dia tidak sendirian memuji tim yang berjuluk Singa Atlas yang akan menghadapi juara bertahan Prancis untuk memperebutkan satu tempat di final Piala Dunia Qatar 2022.

“Saya pikir saya sedang bermimpi. Cubit saya! Sungguh kebanggaan yang besar. Saya berterima kasih kepada mereka dari lubuk hati saya,” kata Mouad Khairat, 29, seorang eksekutif di sebuah call center.

“Tim Maroko telah berhasil melakukan hal yang mustahil. Kami menginginkan piala itu sekarang,” imbuhnya.

Sedangkan mantan pemain timnas Maroko, Abderrazak Khairi mengatakan apa yang terjadi menunjukkan itulah keajaiban di sepakbola.

“Tidak ada yang mustahil dalam sepak bola, itulah keajaiban olahraga ini”, kata Khairi kepada AFP.


Sorakan

Sukacita Warga Maroko Rayakan Kemenangan atas Portugal
Warga Maroko merayakan kemenangan negaranya atas Portugal pada babak 8 besar Piala Dunia 2022, di ibu kota Rabat, Sabtu (10/12/2022). Maroko mengubur mimpi Cristiano Ronaldo lewat gol semata wayang yang diciptakan Youssef En-Nesyri di babak pertama. (AP Photo/Mosa'ab Elshamy)

 

Khairi mencetak dua gol dalam kemenangan mengejutkan 3-1 atas lawan yang sama, Portugal, di Piala Dunia 1986 di Meksiko. Saat itu, Maroko menjadi negara Afrika pertama yang mencapai babak sistem gugur. Tidak ada negara Afrika atau Arab yang berhasil melampaui perempat final.

Kamerun pada 1990, Senegal pada 2002, dan Ghana pada 2010 nyaris mencapai empat besar turnamen paling bergengsi itu.

Setelah kemenangan atas Spanyol dalam babak 16 besar lewat drama adu penalti di Stadion Education City, Al Rayyan, Selasa (6/12/2022) malam WIB euforia melanda Maroko, negara-negara Arab dan Afrika. Singa Atlas mengukir sejarah lolos ke perempat final Piala Dunia untuk kali pertama.

“Sorakan terdengar dari Tunis, Beirut, Bagdad, Ramallah dan kota-kota lain saat orang-orang Arab berkumpul untuk bersukacita atas kemenangan tak terduga atas Spanyol, kontras dengan perbedaan politik yang telah lama memecah belah negara-negara Arab,” kata situs TV Qatar.

Ketika Maroko berhasil menyingkirkan Portugal, di Yerusalem Timur, Ramallah, dan Gaza, warga Palestina merayakannya dengan kembang api, sorakan, dan membunyikan klakson.

 

Di jalan-jalan Maroko, para penggemar sepakbola mengibarkan bendera Palestina di samping bendera mereka sendiri.

Di Aljazair, meski ada ketegangan dengan negara tetangga Maroko, situs sepakbola DZfoot memuji tim Singa Atlas. “Heroik, sensasional. Selamat, selamat,” katanya.

Di Paris, para penggemar Maroko berkumpul di Champs Elysees, tempat Prancis merayakan kemenangan Piala Dunia mereka, dan meledak dengan kegembiraan saat peluit akhir berbunyi.

“Ini merupakan kebanggaan besar bagi semua negara Arab, bagi seluruh Afrika,” kata Maamar, 27, yang mengibarkan bendera Maroko tetapi mengaku aslinya adalah orang Aljazair.

Dounia, 23, warga keturunan Perancis-Maroko, mengatakan lolos ke semifinal adalah pencapaian hebat. “Hari ini juga hari ulang tahunku, aku tidak bisa mendapatkan hadiah yang lebih baik,” sebutnya.

Kemenangan Maroko membuat kibaran bendera Maroko, Aljazair, Syria, dan Palestina, ditambah nyanyian dalam bahasa Arab menghiasi Paris malam itu. Para penggemar sepak bola yang gembira berbaur dengan turis yang memadati jalan ikonis ibu kota Prancis itu pada malam musim dingin.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya