Luka Modric Isyaratkan Bisa Bermain di Euro 2024 Setelah Juara 3 Piala Dunia 2022

Luka Modric akan menjalani kariernya di Kroasia selangkah demi selangkah setelah meraih juara ketiga Piala Dunia 2022. Pemain berusia 37 tahun itu tidak mengesampingkan kesempatan untuk tampil di Euro 2024.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 18 Des 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 18 Des 2022, 07:30 WIB
Luka Modric - Kroasia - Piala Dunia 2022
Luka Modric menunjukkan medali perunggu setelah membantu Kroasia mengalahkan Maroko 2-1 pada perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Sabtu, 17 Desember 2022. Kroasia menang 2-1. (AP Photo / Frank Augstein)

Liputan6.com, Jakarta - Luka Modric sudah memutuskan tetap bermain untuk Kroasia setelah membantu tumnya meraih juara ketiga Piala Dunia 2022. Ini berarti sang kapten tetap berada di jantung lini tengah Vatreni pada Euro 2024 saat mendekati ulang tahunnya yang ke-39.

Playmaker Real Madrid itu tidak melihat terlalu jauh ke depan untuk saat ini. Tapi, yang terpenting dia tidak menutup kemungkinan untuk memperpanjang kariernya buat Kroasia.

Tugas Modric selanjutnya usai Piala Dunia adalah memperkuat Kroasia dalam Nations League Finals yang akan berlangsung di Belanda pada 2023. Kroasia bergabung bersama tuan rumah, ditambah Italia dan Spanyol.

Setelah meraih juara kedua pada Piala Dunia 2018 di Rusia, Modrid mengaku senang dengan pencapaian tahun ini. "Medali ini sangat penting bagi kami, bagi saya, bagi Kroasia sebagai tim nasional dan sebagai negara," katanya kepada beIN SPORTS.

"Dengan medali ini, kami mengonfirmasi bahwa Kroasia memainkan peran penting dalam dunia sepak bola, dan kami meninggalkan Qatar sebagai pemenang."

"Tentang masa depan saya, saya tidak tahu apakah saya akan berada di Euro di Jerman. Saya harus melangkah selangkah demi selangkah," ucap Modric menambahkan.

"Saya menikmati tim nasional, saya merasa senang, saya masih berpikir saya bisa tampil di level tinggi, dan saya ingin melanjutkan setidaknya sampai Nations League, dan setelah itu akan ada lebih banyak waktu untuk memikirkan Euro."

"Tapi, sekarang berjalan selangkah demi selangkah dan berlanjut setidaknya sampaiNations League Finals, dan setelah itu kita akan lihat," ujar Modric.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Zlatko Dalic dan Dejan Lovren

Foto: Momen Kemeriahan dan Kebahagiaan Pemain Kroasia Rayakan Peringkat Ketiga Piala Dunia 2022
Luka Modric (kiri) dan Zlatko Dalic merupakan dua sosok penting di Timnas Krosia setelah berhasil meraih peringkat ketiga Piala Dunia 2022. Pada edisi 2018 keduanya juga meraih hasil yang baik sebagai runner-up. (AP Photo/Hassan Ammar)

Ada kekhawatiran di beberapa kalangan bahwa Luka Modric akan pensiun dari sepak bola internasional setelah Piala Dunia 2022. Tapi, pelatih Kroasia Zlatko Dalic menyatakan optimisme bahwa Modric akan bermain hingga putaran final Euro 2024 di Jerman.

Kroasia akan bersaing dengan Wales, Armenia, Turki, dan Latvia di grup kualifikasi Euro 2024. Mereka sangat diunggulkan untuk lolos dan mencapai final.

Jika Modric membuka peluang masih bakal bermain, Dejan Lovren masih tanda tanya. Bek tengah berusia 33 tahun itu belum memutuskan tentang masa depannya.

Lovren mengatakan meraih medali perunggu Piala Dunia sesuatu yang istimewa. Ia memberikan penghormatan kepada Modric.

"Saya menjadi emosional, karena ini adalah Piala Dunia terakhir bagi kami, dan saya menjalani begitu banyak kenangan indah bersamanya," kata Lovren.

Lovren mengatakan suatu kehormatan untuk bermain bersama pemain top seperti Modric, yang memenangkan penghargaan Ballon d'Or setelah Kroasia melaju ke final Piala Dunia 2018. Bahkan, dia menilai Modric sudah membuktikan dirinya sebagai pemain yang lebih unggul dari Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di tahap akhir Piala Dunia.

"Dia lebih baik dari mereka pada saat-saat ini," kata Lovren tentang Modric. "Tidak terlalu banyak pemain yang merebut perak dan perunggu. Dia bisa bangga dan dia tahu itu. Dia orang yang spesial."

Sementara tentang masa depannya sendiri, mantan bek Liverpool itu berkata: "Saya harap saya dapat memberi tahu Anda apa yang akan terjadi dalam dua tahun. Saya hanya menikmati momen ini, dan kita akan lihat."


Kalahkan Maroko

Kalahkan Maroko, Kroasia Peringkat Tiga Piala Dunia 2022
Para pemain berpose untuk foto pada akhir pertandingan playoff perebutan peringkat ketiga Piala Dunia 2022 melawan Maroko di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Sabtu (17/12/2022). Ini untuk kedua kalinya buat Kroasia menempati peringkat ketiga setelah Piala Dunia 1998. (AP Photo/Pavel Golovkin)

Kroasia meraih juara ketiga Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Maroko di Stadion Khalifa International, Al Rayyan, Qatar, Sabtu (17/12) malam WIB. Luka Modric dan kawan-kawan menang 2-1.

Kroasia unggul cepat lewat gol sundulan Josko Givardiol pada menit ke-7. Namun, Maroko membalas dua menit kemudian lewat Achraf Dari.

Kroasia kembali unggul pada menit ke-42 lewat gol indah Mislav Orsic. Skor 2-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya