Piala AFF 2022 Filipina vs Indonesia: Nadeo Prediksi Gaya Main Tuan Rumah

Nadeo memprediksi gaya main Filipina saat menghadapi Indonesia pada laga terakhir grup A Piala AFF 2022, seperti apa?

oleh Defri Saefullah diperbarui 01 Jan 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2023, 17:00 WIB
Piala AFF 2022: Indonesia vs Thailand
Aksi kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata saat menghadapi Thailand dalam laga matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022) sore WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia menghadapi duel krusial melawan Filipina pada laga terakhir grup A Piala AFF 2022 di stadion Rizal Memorial, Manila, Senin 92/1/2023). Indonesia wajib menang untuk jaga peluang lolos sebagai juara grup di Piala AFF 2022.

Di sisi lain, Filipina sudah nyaris tertutup peluangnya. Ini menyusul 2 kekalahan yang sudah mereka telan di tiga pertandingan.

Kiper Indonesia, Nadeo Argawinata mewaspadai ancaman dari Filipina. Meski begitu dia bisa memprediksi gaya main seperti apa yang bakal dipakai oleh pasukan Josep Ferre ini.

"Kita siap ikuti taktik dan stratregi dari pelatih coach Shin. Kondisi pemain kita juga butuh adaptasi melihat lapangan pakai rumput sintetis tapi itu tidak jadi masalah besar. Untuk keseluruhan kita pasti siap," kata Nadeo.

"Filipina kita tahu punya postur yang bagus, tinggi besar juga, apalagi main di lapangan ini. Mereka sangat paham juga. Saya prediksi mereka akan mengandalkan bola-bola di belakang kita dalam arti bola long ball," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Matangkan Taktik

Piala AFF 2022: Indonesia vs Thailand
Senyum pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sebelum dimulainya laga matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 menghadapi Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022) sore WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

 

Timnas Indonesia menjalani latihan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (31/12) malam.Para pemain terlihat begitu semangat menyantap menu latihan yang diberikan.

Marc Klok dan kawan-kawan sangat antusias dengan setiap materi yang diberikan oleh pelatih Shin Tae-yong jelang lawan Filipina.

Stadion Rizal Memorial yang menggunakan rumput sintetis disebut Nadeo bukan perkara besar. Ia tetap yakin timnas Indonesia bisa menunjukkan permainan terbaik.

"Kita pasti adaptasi dulu, tapi itu tidak ada masalah besar. Makanya kita latihan coba hari ini untuk membiasakan," ucap pilar Bali United tersebut.

 


Siap Kerja Keras

Foto: Cetak Tujuh Gol Lewat Pemain Berbeda, Timnas Indonesia Hancurkan Brunei Darussalam pada Matchday Kedua Piala AFF 2022
Berselang satu menit Ilija Spasojevic membawa Timnas Garuda unggul 4-0. Gol yang kembali dicetaknya setelah hampir 4 tahun tersebut dicetak dengan menggunakan tumit kaki kanannya memanfaatkan umpan Asnawi Mangkualam. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

 

Sementara itu, striker Ilija Spasojevic mengatakan bahwa skuad Garuda saat ini dalam kondisi bugar dan siap bekerja keras untuk kemenangan Indonesia.

"Setiap pemain harus siap ketika berada di depan gawang. Kami belum lolos dan membutuhkan kemenangan untuk melaju ke babak semifinal," kata Spaso.

"Meski begitu kami tetap waspadai Filipina, mereka tim yang bagus apalagi bermain di kandang sendiri. Bermain di lapangan sintetis (Stadion Rizal Memorial) tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kami, namun kami harus optimistis," dia menambahkan.

 


Selisih Gol

Foto: Cetak Tujuh Gol Lewat Pemain Berbeda, Timnas Indonesia Hancurkan Brunei Darussalam pada Matchday Kedua Piala AFF 2022
Timnas Indonesia semakin di atas angin saat kembali mencetak gol kelima melalui Ramadhan Sananta. Masuk menggntikan Ilija Spasojevic pada menit ke-63, Ramadhan Sananta mampu mencetak gol lima menit kemudian memanfaatkan umpan Saddil Ramdani. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

 

Timnas Indonesia saat ini menduduki peringkat kedua klasemen grup A. Fachruddin dan kawan-kawan kalah selisih satu gol dari Thailand yang berada di posisi pertama yang mengumpulkan poin serupa tujuh.

"Alhamdulillah kondisi saya dan seluruh tim bagus serta tidak ada masalah. Kami datang di Filipina tentu ingin meraih kemenangan dan lolos ke babak semifinal," kata striker timnas Indonesia, Ilija Spasojevic.

Indonesia tercatat 24 kali jumpa Filipina. Indonesia menang 19 kali, 4 kali imbang dan hanya satu kali kalah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya