Kabar Gembira buat Chelsea, Benfica Bersedia Kompromi soal Enzo Fernandez

Chelsea akhirnya menemui titik terang dalam proses perekrutan Enzo Fernandez. Benfica kabarnya sudi berkompromi mengenai harga dan persyaratan untuk melepas bintang Timnas Argentina.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 03 Jan 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2023, 14:00 WIB
Foto: 5 Bintang di Piala Dunia 2022 yang Mengalami Kenaikan Harga Pasar Tertinggi, Didominasi Pemain Argentina
Enzo Fernandez terpilih sebagai pemain muda terbaik pada perhelatan Piala Dunia 2022 bersama Timnas Argentina. Gelandang bertahan 21 tahun itu memainkan peranan penting di skuad Albiceleste dengan membuat 10 tackle sukses. Berkat penampilan gemilanya, pemain Benfica itu mengalami kenaikan harga pasar, dari 37,2 juta dolar menjadi 58,4 juta dolar. (AFP/Alberto Pizzoli)

Liputan6.com, Jakarta Chelsea nampaknya mulai menemui titik terang dalam perburuan tanda tangan Enzo Fernandez. The Blues dilaporkan sudah menyetujui struktur pembayaran dengan Benfica terkait transfer bintang Timnas Argentina.

Seperti diketahui, Chelsea belakangan memang amat serius mengejar Fernandez. Klub besutan Graham Potter bahkan digadang-gadang rela menebus klausul pelepasan bernilai tinggi demi mendatangkan pesepak bola berusia 21 tahun itu.

The Blues butuh amunisi tambahan untuk memperbaiki skuad. Pasalnya, posisi mereka saat ini tak baik-baik amat. Cesar Azpilicueta dan kawan-kawan hanya mampu bertengger di peringkat sembilan klasemen sementara dengan torehan 25 poin.

Dari lima laga terakhir yang dilakoni, hanya satu di antaranya berbuah kemenangan. Adapun tiga lain berujung kekalahan, sementara satu sisanya berakhir seri.

Akibat hal ini, The Blues berambisi melakukan investasi besar-besaran pada penggawa anyar di bursa transfer. Mereka kabarnya sudah menyetujui kesepakatan dengan Monaco terkait penandatangan Benoit Badiashile.

Chelsea selanjutnya berencana mendatangkan gelandang baru. Tim rekrutmen klub menilai Enzo Fernandez merupakan sosok ideal yang dapat menyegarkan lini tengah The Blues, usai mengantar negaranya menjadi juara di Piala Dunia 2022.

Malang Benfica yang menaungi Fernandez cukup alot selama proses negosiasi. Klub asal Portugal bersikeras pihaknya hanya akan melepas Fernandez jika klausul rilis seharga 106 juta poundsterling miliknya dibayar secara penuh.

Hal ini langsung menjadi batu sandungan instan bagi Chelsea. Upaya mereka mandek selama berminggu-minggu, meski sang pemain sendiri sebenarnya sudah menyetujui persyaratan pribadi dengan raksasa Liga Inggris.


Kompromi

Timnas Polandia vs Timnas Argentina Grup C Piala Dunia 2022
Pemain Argentina, Enzo Fernandez (kanan) berebut bola dengan pemain Polandia, Piotr Zielinski saat matchday ketiga Grup C Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion 974, Kamis (01/12/2022). (AP/Jorge Saenz)

Beruntung kebuntuan itu tak berlarut-larut. Jurnalis Sky Sport Italia, Gianluca Di Marzio, mengeklaim Chelsea dan Benfica sudah berkompromi. Kedua klub kini tengah berada dalam tahap pembicaraan lanjutan terkait transfer Fernandez.

Melansir laporan Metro, The Blues setuju membayar lebih mahal dibanding harga asli klausul pelepasan Fernandez, asalkan Benfica mau menerima cicilan selama beberapa tahun.

Kabar menyebut total biaya yang digelontorkan Chelsea demi menyegel kesepakatan dengan eks pemain River Plate itu mencapai 112 juta poundsterling.

Upah ini selanjutnya akan dibayar melalui tiga kali angsuran dalam tiga jendela transfer, dengan masing-masing cicilan berjumlah sekitar 37 juta poundsterling.


Financial Fair Play

Argentina Lolos ke Final Piala Dunia 2022 Usai Taklukkan Kroasia
Gelandang Argentina, Enzo Fernandez berlari dengan bola saat bertanding melawan Kroasia pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Rabu (14/12/2022). Argentina berhasil lolos ke final setelah menang telak atas Kroasia dengan skor 3-0. (AP Photo/Petr David Josek)

Metode cicilan yang diusung Chelsea nampaknya cukup efektif. Selain bisa mengontrak Fernandez, The Blues juga terhindar dari ancaman pelanggaran aturan Financial Fair Play (FFP).

Dikutip dari Metro, klub milik Todd Boehly memang berisiko melanggar FFP jika mereka setuju membayar seluruh biaya pelepasan Fernandez di muka. Kondisi tersebut jelas bakal melemahkan kemampuan mereka dalam membeli target lain secara besar-besaran.

Sekadar informasi, detail persetujuan antara Chelsea dan Benfica terkait transfer Fernandez kini sedang disepakati. Pihak-pihak yang terlibat meyakini kepindahan sang pemain menuju Stamford Bridge dapat dituntaskan dalam waktu dekat.

Kubu Portugal kabarnya juga sudah menyiapkan pemain alternatif untuk menggantikan Enzo Fernandez. Benfica konon menargetkan Carlos Alcaraz yang transfernya kemungkinan bakal menelan biaya senilai 15 juta poundsterling.


Fernandez di Benfica

Liga Champions Juventus vs Benfica
Gelandang Benfica Enzo Fernandez berebut bola dengan gelandang Juventus Weston McKennie dalam duel matchday 2 Grup H Liga Champions 2022/2023 di Allianz Stadium, Kamis (15/9/2022) dini hari WIB. Juventus dipermalukan tamunya Benfica dengan skor 1-2. (AP Photo/Antonio Calanni)

Fernandez pertama kali bergabung dengan Benfica pada Juni lalu. Pihak klub kala itu menghabiskan 17 juta poundsterling untuk memboyongnya dari River Plate. Transfer ke Chelsea tak pelak bakal memberi keuntungan berkali-kali lipat bagi tim Portugal.

Sekadar informasi, Fernandez tadinya tak diberi izin kerja untuk bergabung dengan klub Inggris pada musim panas lantaran belum pernah menjadi starter bagi Timnas Argentina. Namun, peran krusialnya di Piala Dunia 2022 mengubah situasi sang pemain.

Fernandez juga diketahui mampu bersinar di kompetisi Liga Portugal dan Liga Champions. Penggawa kelahiran 2001 tercatat telah mencetak satu gol serta menyumbangkan empat assist dari 19 penampilan di ajang tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya