Semifinal Piala AFF 2022: Shin Tae-yong Ungkap Alasan Tak Lakukan Pergantian Pemain hingga Menit Akhir

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap alasannya tidak melakukan pergantian pemain hingga menit-menit akhir semifinal Piala AFF 2022 kontra Vietnam di SUGBK pada Jumat (6/1/2023). Menurutnya, jajaran starting XI tampil cukup baik, sehingga tidak perlu dilakukan substitusi.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 06 Jan 2023, 23:33 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2023, 21:12 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memimpin timnya menghadapi Vietnam pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2022) sore WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi. 

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia gagal memetik kemenangan di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 kontra Vietnam. Tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Jumat (6/1/2023), Skuad Garuda harus puas bermain imbang 0-0.

Sejumlah peluang sejatinya sempat dicipptakan dalam laga tersebut. Akan tetapi, tak satu pun yang mampu dikonversi menjadi gol. Di saat yang sama, Vietnam juga kesulitan membongkar lini pertahanan Indonesia. Alhasil, duel berakhir tanpa pemenang.

Taktik pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong lagi-lagi menjadi sorotan dalam pertandingan kali ini. Pasalnya, sosok asal Korea Selatan memilih untuk tidak melakukan pergantian pemain hingga memasuki menit-menit akhir.

Keputusan ini pun dijelaskan oleh Shin Tae-yong dalam konferensi pers selepas laga. Eks juru taktik Taeguk Warriors ini menganggap jajaran starting XI-nya sudah bermain cukup baik, sehingga tak perlu dilakukan substitusi sampai mendekati pengujung duel.

“Memang dalam pertandingan, banyak situasi bisa terjadi di lapangan. Akan tetapi, pemain yang sebelum diganti (starting XI) sudah bekerja keras dan (tampil) baik dalam pertandingan. Jadi saya tidak melakukan pergantian sebelum itu,” ujarnya.

Sekadar informasi, Ricky Kambuaya merupakan pemain pengganti pertama yang diturunkan Shin Tae-yong di laga kontra Vietnam. Ia diminta mengambil alih posisi Rachmat Irianto di 10 menit akhir pertandingan waktu normal.

Pelatih Timnas Indonesia melakukan tiga pergantian sekaligus di masa injury time. Witan Sulaeman, Ilija Spasojevic, dan Saddil Ramdani dikirim masuk, sementara Dendy Sulistyawan, Yakob Sayuri, dan Marselino Ferdinan ditarik keluar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apresiasi Pemain

Foto: Lewat Laga Sengit, Timnas Indonesia Harus Puas Ditahan Imbang Vietnam dalam Laga Leg Pertama Semifinal Piala AFF 2022
Pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat (atas) berusaha memanfaatkan peluang dalam sebuah kemelut di depan gawang Vietnam dalam laga leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) sore WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

Meski tak berhasil meraih hasil positif, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi performa anak-anak asuhnya. Pelatih berusia 52 tahun itu menilai Skuad Garuda sudah bekerja keras dan menunjukkan upaya maksimal di laga tersebut.

Kendati demikian, Shin Tae-yong tetap menyayangkan kegagalan Dendy Sulistyawan dan kolega dalam mencetak gol. Dari sejumlah peluang yang didapat, tak satu pun yang mampu diubah menjadi angka oleh Timnas Indonesia

“Para pemain sudah bekerja maksimal di pertandingan hari ini. Memang ada beberapa peluang yang tidak bisa dimanfaatkan dengan baik dan tidak bisa mendapat kemenangan, itu yang sangat disayangkan. Tetapi, saya mau bilang bahwa kedua tim bekerja sangat keras hari ini,” tutur Shi Tae-yong selepas laga.


Komentar Pelatih Vietnam

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo
Pelatih Vietnam, Park Hang-seo pada sesi konferensi pers usai pertandingan melawan Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022. (Bagaskara Lazuardi/Bola.com)

Sebelumnya, Pelatih Vietnam Park Hang-seo juga sempat mengomentari jalannya pertandingan Indonesia vs Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

Rekan senegara Shin Tae-yong mengakui bahwa pasukan Merah Putih adalah tim yang kuat. Walau begitu, ia menilai anak-anak asuhnya lebih kuat dibanding Skuad Garuda.

“Memang Indonesia sangat kuat, tetapi saya pikir Vietnam lebih kuat. Seperti yang kita tahu, Shin Tae-yong sudah bekerja (lebih dari) dua tahun di Indonesia dan (dia) memiliki banyak pemain naturalisasi,” katanya.

“Akan tetapi, saya pernah mengalahkan Indonesia 4-0 (di Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia)... Sekali lagi, saya pikir Indonesia adalah tim yang kuat, tetapi kami lebih kuat,” tandas Park Hang-seo saat menghadiri jumpa pers pasca pertandingan, Jumat (6/1/2023).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya