Erick Thohir Jadi Ketua Umum PSSI 2023-2027, La Nyalla Minta Pengurus Mafia Jangan Dikasih Tempat

Kalah dari Erick Thohir, La Nyalla mengaku menerima hasil di bursa pemilihan. Ia juga menyatakan bakal memercayakan kepengurusan PSSI di bawah nakhoda sang Menteri BUMN.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 16 Feb 2023, 14:12 WIB
Diterbitkan 16 Feb 2023, 13:29 WIB
Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI
Calon ketua umum PSSI, Erick Thohir tiba pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). KLB PSSI untuk memilih pengurus baru periode 2023-2027 resmi dimulai dan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Erick Thohir resmi dinyatakan menang dalam bursa pemilihan calon ketua umum PSSI periode 2023-2027. Sosok yang pernah memegang mayoritas saham klub Inter Milan itu berhak menduduki kursi tertinggi federasi usai mengantongi 64 suara dari total 86 voters yang bisa memberikan hak pilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). 

Adapun La Nyalla Mattalitti, yang menjadi pesaingnya, memperoleh suara dari 22 voters. Sementara itu, dua kandidat lain yakni Arif Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi tidak mengantongi vote.

Pasca kekalahannya atas Erick Thohir, La Nyalla mengaku menerima hasil di bursa pemilihan. Ia juga menyatakan bakal memercayakan kepengurusan PSSI di bawah nakhoda sang Menteri BUMN.

"Saya kalah, saya menerima, dan kita serahkan kepada Mas Etho. Saya berharap PSSI akan segera berubah," ujarnya saat ditemui selepas pemungutan suara untuk jabatan Ketua Umum PSSI, Kamis (16/2023).

Lebih lanjut, La Nyalla berharap PSSI di bawah kepengurusan baru nantinya tak lagi menempatkan stakeholder yang tidak kredibel di kursi kepemimpinan.

"Harapan saya juga, Mas Etho tidak melibatkan pengurus-pengurus lama yang kita tahu sebagai mafia bola. Kalau sampai mereka masuk lagi ke kabinet Mas Erick, saya yakin tidak lama lagi akan terjadi KLB."


Dukung Erick Thohir

Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI
Dua calon ketua umum PSSI, La Nyalla Mattaliti dan Erick Thohir (tengah) berpelukan di hadapan rekan media dan tamu yang hadir pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). KLB PSSI untuk memilih pengurus baru periode 2023-2027 resmi dimulai dan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

La Nyalla, yang pernah menduduki jabatan Ketum PSSI, kini telah menyatakan dukungannya untuk Ketua Umum terpilih Erick Thohir. Ia juga mengaku bakal tetap memberi bantuan yang diperlukan bagi sepak bola Indonesi. 

"Saya akan tetap mendukung Mas Erick sebagai ketua umum," ujarnya kepada awak media di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Kamis 16/2/2023).

"Pasti, saya akan tetap bantu sepak bola. Pasti nanti kalau diminta akan bantu," pungkasnya selepas bursa pemilihan ketua umum PSSI periode 2023-2027.


Jumlah Voters

KLB PSSI 2023
Dua calon ketua PSSI, Erick Thohir dan La Nyalla Mahmud Mattalitti, berjabat tangan saat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat pada Kamis (16/2/2023). KLB PSSI tersebut untuk memilih satu Ketua, dua Wakil Ketua, dan 12 anggota Komite Eksekutif (Exco) untuk periode 2023-2027. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

KLB PSSI 2023 yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, sejatinya diikuti pemilik suara dengan hak pilih berjumlah 87. Mereka terdiri dari 34 Asosiasi Provinsi, 18 Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 Liga 3, Federasi Futsal Indonesia, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Akan tetapi, satu voters dikabarkan tidak bisa menggunakan hak suara akibat masalah dualisme, sehingga total pemilik suara yang bisa memberikan dukungannya menjadi hanya 86. 

Merujuk Pasal 38 Ayat (1)dan (3) Statuta PSSI 2019, Exco PSSI terdiri satu ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 anggota yang salah satunya adalah wanita. Dengan demikian, seluruh Exco PSSI nantinya akan beranggotakan 15 orang.

Infografis Ragam Tanggapan Bursa Bakal Calon Ketum PSSI 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ragam Tanggapan Bursa Bakal Calon Ketum PSSI 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya