UCI Track Nations Cup 2023 Digelar di Jakarta, Jadi Ajang Kualifikasi Olimpiade 2024

UCI Track Nations Cup 2023 berlangsung di Jakarta International Velodrome pada 23-26 Februari 2023.

oleh Thomas diperbarui 22 Feb 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 22 Feb 2023, 19:51 WIB
UCI Track Nations Cup 2023 digelar di Jakarta
UCI Track Nations Cup 2023 digelar di Jakarta (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia kembali mendapat kehormatan menggelar ajang olahraga bergengsi. Pada akhir Februari 2023 giliran cabang balap sepeda disiplin track yang mempercayakan Indonesia menjadi tuan rumah UCI Track Nations Cup 2023.

UCI Track Nations Cup 2023 berlangsung di Jakarta International Velodrome pada 23-26 Februari 2023. Ajang ini diikuti atlet dari 41 negara dengan total peserta mencapai lebih dari 500 orang.

Istimewanya, UCI Track Nations Cup 2023 juga menjadi kualifikasi untuk Olimpiade 2024 bagi cabor balap sepeda disiplin track. Dipercayanya Indonesia sebagai tuan rumah merupakan sejarah baru. Pasalnya baru kali ini event sebesar UCI Track Nations Cup 2023 dipercayakan di negara Asia Tenggara.

"Terima kasih atas kepercayaan UCI yang telah memberikan kesempatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah UCI Nation Cup untuk pertama kalinya. Ini menjadi sejarah baru untuk balap sepeda Indonesia dan juga Asia Tenggara karena pembalap-pembalap hebat dunia akan hadir di Indonesia dan berlaga di venue terbaik di dunia," ujar Raja Sapta Oktohari dalam jumpa pers, Rabu (22/2/2023).

Di UCI Track Nations Cup 2023, Indonesia menerjunkan 16 pembalap. 14 pembalap Indonesia ini sudah dipastikan turun, sedangkan dua lainnya sebagai reserve.

"Kami memiliki atlet yang berpotensi lolos kualifikasi Olimpiade. Sebagai Ketua NOC Indonesia, kami berharap akan lebih banyak atlet Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade 2024 Paris dan di event ini perburuan poin kualifikasi Olimpiade akan dimulai. Event ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pertandingan balap sepeda,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persiapan Matang

UCI Track Nations Cup 2023 digelar di Jakarta (Liputan6.com)
UCI Track Nations Cup 2023 digelar di Jakarta (Liputan6.com)

Sehari jelang dimulainya event ini, UCI Head of track, Gilles Peruzzi memuji Velodrome sebagai lintasan Kejuaraan Dunia. Peruzzi juga mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan partner untuk bisa mengadakan event seperti ini.

"Saya sudah ke sini Desember dan tempatnya bagus. Ini adalah ajang kualifikasi pertama track di Indonesia. Saya senang dan membutuhkan partner seperti NOC Indonesia agar bisa menggelar kejuaraan seperti ini," kata Gilles.


Atlet Indonesia

UCI Track Nations Cup 2023 digelar di Jakarta
UCI Track Nations Cup 2023 digelar di Jakarta (Liputan6.com)

Dua atlet Indonesia yang akan jadi andalan di ajang ini adalah Bernard Van Aert dan Ayustina Delia. Keduanya sudah tidak sabar melahap lintasan Velodrome. Mereka siap mati-matian berjuang di depan publik sendiri.

"Deg-degan pasti, untuk sekarang jaga kondisi karena saya akan race di hari Sabtu untuk Omnium dan juga Minggu. Sekarang saya fokus menjaga kondisi," ujar Bernard.

"Saya akan lebih banyak berkoordinasi dengan team karena saya besok akan turun di Team Pursuit, jadi akan lebih banyak bekoordinasi dengan tim," ucap Ayu.

Juara dunia Kelsey Mitchel dari Kanada juga akan ikut serta di UCI Track Nations Cup 2023. "Saya senang ada di Indonesia dan ada juga atlet dunia yang baru pertama kali ke sini. Saya mendengar Velodrome ini menjadi salah satu lintasan tercepat di dunia, saya tidak sabar berkompetisi di UCI Track Nation," papar Kelsey dengan antusias.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya