Jadwal Drawing Babak 16 Besar Liga Europa 2022/2023: Siapa Berani Lawan MU?

Drawing babak 16 besar Liga Europa bakal dilakukan di markas UEFA yang berlokasi di Nyon, Swiss, pada Jumat (24/2/2023) pukul 12.00 waktu setempat atau 18.00 WIB.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 24 Feb 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2023, 16:30 WIB
FOTO MU Vs Barcelona
Para pemain Manchester United merayakan gol yang diciptakan Antony ke gawang Barcelona pada leg kedua play-off babak gugur Liga Europa 2022/2023. (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi Liga Europa 2022/2023 telah merampungkan seluruh pertandingan babak play-off knock-out. Sebanyak enam belas tim, termasuk Manchester United (MU) dinyatakan berhak melenggang ke fase selanjutnya.

Melansir situs resmi UEFA, pengundian alias drawing babak 16 besar Liga Europa selanjutnya bakal dilakukan di markas UEFA yang berlokasi di Nyon, Swiss, pada Jumat (24/2/2023) pukul 12.00 waktu setempat atau 18.00 WIB.

Tim-tim yang lolos telah lebih dulu dibagi ke dalam dua pot, dengan masing-masing pot terdiri atas delapan klub. Tim dari pot pertama akan diundi untuk berhadapan dengan mereka yang menempati pot kedua.

Sekadar informasi, pot pertama drawing babak 16 besar Liga Europa dihuni oleh kesebelasan yang menyandang status sebagai unggulan (seeded).

Klub-klub ini sebelumnya sukses merebut tiket fase 16 besar setelah finis di puncak klasemen grup. Mereka adalah Arsenal, Real Betis, Fenerbahce, Ferencvaros, Feyenoord, SC Freiburg, Real Sociedad, dan Union Saint-Gilloise.

Sementara itu, pot kedua berisikan klub-klub yang menang dalam pertandingan play-off knock-out . Laga di fase tersebut diramaikan oleh klub yang finis sebagai runner-up grup Liga Europa serta tim yang menghuni urutan tiga grup Liga Champions.

Manchester United (MU) menjadi salah satu klub yang lolos ke babak 16 besar lewat jalur kedua. Setan Merah kalah saing dari Real Sociedad di fase penyisihan grup, sehingga harus menghadapi adangan Barcelona saat play-off.

Skuad racikan Erik ten Hag sempat bermain imbang 2-2 kala bertandang ke markas Blaugrana di leg pertama pada Jumat (17/2/2023) lalu. MU akhirnya berhasil comeback di leg kedua sepekan setelahnya, berkat sumbangan gol dari Fred dan Antony.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Bakal Jumpa Arsenal

Liga Europa Arsenal vs FC Zurich
Bek Arsenal Hector Bellerin (kiri) bersaing dengan bek FC Zurich Nikola Katic pada matchday terakhir Grup A Liga Europa 2022/2023 di Emirates Stadium, Jumat (4/11/2022) dinihari WIB. Tak ada gol tambahan sepanjang babak kedua. Arsenal menang dengan skor 1-0. (Photo by Glyn KIRK / AFP)

Bruno Fernandes dan kawan-kawan tinggal menanti calon lawannya di babak 16 besar Liga Europa. Setan Merah dipastikan tak bakal berjumpa dengan Arsenal, meski keduanya menghuni pot yang berbeda.

Peraturan di situs resmi UEFA menegaskan bahwa klub yang lolos tak bisa saling berhadapan dengan rekan senegaranya. Regulasi serupa juga bakal membuat Real Betis dan Real Sociedad tak bisa menghadapi Sevilla di pot kedua.

Adapun pertandingan fase 16 besar Liga Europa akan berlangsung dalam dua leg, dengan leg pertama dijadwalkan mulai pada 9 Maret, sementara leg kedua dihelat sepekan setelahnya.

Tidak ada aturan gol kandang dan tandang pada babak ini, sehingga apabila skor agregat imbang terjadi di pengujung leg kedua, duo kesebelasan harus bermain dalam perpanjangan waktu hingga adu penalti.

kesebelasan yang dinyatakan menang di babak 16 besar akan mendapat tiket untuk melaju ke fase perempat final. Selanjutnya, drawing babak delapan besar dijadwalkan berlangsung pada 17 Maret waktu setempat.


Daftar Tim Lolos

Foto: Strategi Comeback Ten Hag Berhasil, MU Bikin Barcelona Pupus di Theatre of Dreams
Selebrasi pemain Manchester United setelah Fred (tengah) menjebol gawang Barcelona dalam pertandingan leg kedua play-off babak gugur Liga Europa 2022/2023 yang berlangsung di Old Trafford, Jumat (24/2/2023) WIB. (AP Photo/Dave Thompson)

Berikut adalah daftar tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Europa 2022/2023.

Jalur Juara Grup

Arsenal (ENG)

Betis (ESP)

Fenerbahçe (TUR)

Ferencváros (HUN)

Feyenoord (NED)

Freiburg (GER)

Real Sociedad (ESP)

Union Saint-Gilloise (BEL)

 

Jalur Menang Play-off

Juventus (ITA)

Leverkusen (GER)

Man United (ENG)

Roma (ITA)

Sevilla (ESP)

Shakhtar (UKR)

Sporting CP (POR)

Union Berlin (GER)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya