Usai Ajukan Surat Pengunduran Diri, Menpora Akan Bertemu Jokowi Pekan Depan

Menpora Zainudin Amali baru saja terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI mendampingi Erick Thohir.

oleh Thomas diperbarui 09 Mar 2023, 12:45 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2023, 12:41 WIB
Launching Merchandise Resmi Piala Dunia U-20 2023 Indonesia
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kiri) dan Menpora, Zainudin Amali (tengah), dan CEO PT JUARAGA, Mochtar Sarman berfoto bersama merchandsie yang bertanda tangan saat launching merchandise resmi Piala Dunia U-20 2023 di Atrium Mall FX Sudirman, Senayan, Jakarta, Rabu (08/03/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali telah menyerahkan surat permohonan pengunduran diri dari jabatannya pada Kamis (9/3/2023). Menpora datang sendiri menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara.

Menpora mengajukan surat pengunduran diri karena memilih fokus menjalani tugas baru sebagai wakil ketua umum Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) pada Februari 2023. Amali mendampingi Erick Thohir yang menjadi ketum PSSI.

Karena merupakan menteri olahraga, Amali didesak mundur usai menjadi waketum PSSI. Dikhawatirkan akan ada konflik kepentingan jika pria asal Gorontalo itu tetap bertahan sebagai Menpora.

Setelah menyerahkan surat pengunduran diri, Menpora Amali batal bertemu Presiden Joko Widodo hari ini. Pasalnya Jokowi sedang tidak berada di Istana Negara. Zainudin Amali memperkirakan akan bertemu Jokowi pada awal pekan depan.

"Memang saya harus ketemu Bapak Presiden, beliau sekarang tidak ada (di Jakarta), maka kemungkinan saya dijadwalkan hari Senin akan bertemu dengan Pak Presiden," kata Zainudin Amali usai menyerahkan surat pengunduran diri di Kantor Kemensetneg Jakarta, Kamis (9/3/2023).

"Jadi teman-teman kan menanyakan kapan nganter suratnya, hari ini tanggal 9 Maret, Kamis, saya serahkan," lanjut Amali.

"Karena enggak etis bagi saya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga mengurusi semua cabang olahraga kok hanya berfokus pada satu cabang itu. Akhirnya, saya minta izin Pak presiden," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tunggu Keputusan Jokowi

Menpora, Zainuddin Amali (Liputan6.com/Fauzan)
Menpora, Zainuddin Amali (Liputan6.com/Fauzan)

Adapun soal pengunduran dirinya sebagai Menpora, Amali meminta semua pihak menunggu keputusan Jokowi apakah akan mengabulkan atau menolaknya.

"Keputusannya ada di bapak Presiden," tutur Amali.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan Zainudin Amali sudah menyampaikan keinginannya mundur dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Namun, Jokowi belum menerima surat pengunduran diri dari Amali secara resmi.

"Secara resmi belum, tertulis belum. Informal sudah," kata Jokowi usai meninjau Normalisasi Kali Ciliwung Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Dia belum mau berbicara soal Menpora pengganti Zainudin Amali. Hal itu, kata Jokowi, akan diputuskan setelah Zainudin Amali menyampaikan pengunduran diri secara resmi. "Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara ya," ujar Jokowi.

  


Menpora ke Tokyo

Di tengah kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang pada beberapa hari lalu Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali meluangkan waktu melakukan pertemuan dengan pemain Indonesia, Pratama Arhan yang saat ini sedang bermain di klub J-League 2, Tokyo Verdy.  

Dalam pertemuan itu, Menpora Amali ingin memastikan kondisi Pratama Arhan dalam kondisi baik. Bahkan pada pertemuan tersebut Menpora juga makan malam bersama Arhan. 

Menpora juga menyampaikan pada pertemuan tersebut, Arhan mengatakan ingin membela Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja. 

"Pada pertemuan di Jepang, Arhan menyampaikan keinginannya untuk membela Timnas Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja," ujar Menpora Amali, saat melakukan kunker ke Tokyo pada 28 Februari sampai 2 Maret 2023.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya