Hasil BRI Liga 1 2023/2024: Gol Carlos Fortes Menangkan PSIS Semarang atas Persebaya Surabaya

PSIS Semarang sukses meraup poin penuh dalam laga pekan ketiga BRI Liga 1 2023/2024 kontra Persebaya Surabaya di Stadion Jatidiri pada Minggu (16/7/2023). Brace yang dilesakkan Carlos Fortes di babak kedua mengantar Laskar Mahesa Jenar unggul 2-0 atas tim tamu.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 16 Jul 2023, 17:08 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2023, 17:05 WIB
PSIS Semarang - Carlos Fortes
Carlos Fortes mencetak dua gol bagi PSIS Semarang di laga pekan ketiga BRI Liga 1 2023/2024. Catatan tersebut sekaligus mengantar Laskar Mahesa Jenar unggul 2-0 atas Persebaya Surabaya yang menjadi tamunya pada Minggu (16/7/2023). (Bola.com/Arief Bagus)

Liputan6.com, Jakarta - PSIS Semarang sukses meraup poin penuh dalam laga pekan ketiga BRI Liga 1 2023/2024 kontra Persebaya Surabaya.

Tampil di Stadion Jatidiri, Semarang, pada Minggu (16/7/2023) sore WIB, Laskar Mahesa Jenar unggul 2-0 atas tamunya berkat dwigol yang dicetak Carlos Fortes di babak kedua.

PSIS dan Persebaya nampak kesulitan membongkar lini belakang masing-masing di awal babak pertama. Tidak ada gol atau peluang terlalu berbahaya yang mampu diciptakan hingga laga berjalan lebih dari 15 menit.

Ze Valente sempat mencoba menebar ancaman di lini pertahanan Laskar Mahesa Jenar jelang memasuki menit ke-20. Akan tetapi, upayanya masih gagal berbuah angka, sehingga skor imbang 0-0 tak kunjung berubah.

Memasuki menit ke-24, gantian PSIS Semarang yang mendapat peluang mencetak gol. Taisei Marukawa melakukan penetrasi dan mendekati gawang Bajul Ijo, tetapi eksekusinya masih melambung di atas mistar gawang Ernando Ari Sutaryadi.

Kedua tim terus menemui jalan buntu hingga 10 menit akhir waktu normal babak pertama. Kerja sama Septian David dan Taisei Marukawa sempat membahayakan gawang Persebaya Surabaya di menit ke-35, tetapi shooting yang dilakukan penggawa Laskar Mahesa Jenar lagi-lagi belum akurat.

Tak ada perubahan signifikan yang sanggup diciptakan oleh duo kesebelasan di pengujung paruh pertama. Alhasil skor imbang tanpa gol bertahan sampai wasit meniupkan peluit tanda turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua PSIS Semarang vs Persebaya Surabaya

BRI Liga 1 2022/2023: Persita Tangerang vs PSIS Semarang
Pemain PSIS Semarang, Taisei Marukawa saat laga pekan ke-10 BRI Liga 1 2022/2023 antara Persita Tangerang melawan PSIS Semarang di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Rabu (14/9/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

PSIS Semarang dan Persebaya Surabaya berupaya memecah kebuntuan di babak kedua. Akan tetapi, duo kesebelasan kembali menemui kesulitan dalam upayanya untuk mencetak angka pertama.

Laskar Mahesa Jenar sempat lebih dulu mendapat peluang apik lewat aksi Septian David Maulana di menit ke-50. Namun, kesempatan ini gagal dikonversi menjadi gol lantaran bola yang dikirimnya langsung diblok oleh penggawa Bajul Ijo.

Memasuki menit ke-59, giliran Fredyan Wahyu Sugiantoro yang memperoleh ruang demi mencetak gol. Malang, situasi itu pun belum berhasil dimanfaatkan dengan baik usai shooting yang dilakukannya melebar dari tiang gawang.

Sejumlah perubahan mulai dilakukan oleh kedua kubu setelahnya. Persebaya menarik keluar Reva Adi Utama, Sho Yamamoto, dan Song Ui-young untuk digantikan oleh Muhammad Alwi Slamat, Muhammad Iqbal, serta Brylian Aldama. Sementara itu, PSIS Semarang memutuskan untuk menukar Gian Zola dengan Septian David Maulana.

Malang upaya tersebut tak serta-merta menciptakan perubahan signifikan pada performa Bajul Ijo dan Laskar Mahesa Jenar. Kedua tim terus menghadapi jalan buntu hingga laga memasuki menit ke-75.

Nestapa menghampiri Persebaya di 15 menit akhir waktu normal. Wasit menunjuk titik putih usai Taisei Marukawa dijatuhkan oleh Ripal Wahyudi di kotak terlarang.

Carlos Fortes yang dikirim sebagai eksekutor berhasil menunaikan tugaasnya dengan baik. Bola gagal diamankan oleh Ernando Ari, sehingga skor akhirnya berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan PSIS Semarang.

Persebaya Surabaya mencoba mengejar ketertinggalan di waktu yang tersisa. Namun, tidak satu pun kesempatan yang didapat berhasil ditukar menjadi gol. Justru PSIS Semarang yang berhasil menambah keunggulan di masa injury time.

Carlos Fortes sanggup menjebloskan bola dalam posisi terjatuh usai memanfaatkan umpan dari Freitas. Bajul Ijo kehabisan waktu. Mereka mau tak mau harus mengakui keunggulan tuan rumah usai tunduk 2-0 di akhir laga.


Susunan Pemain PSIS Semarang vs Persebaya Surabaya

BRI Liga 1 2021: Borneo FC vs Persebaya Surabaya
Kiper Persebaya, Ernando Ari Sutaryadi berusaha mengamankan bola saat melawan Borneo FC dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (04/09/2021). Persebaya kalah 1-3. (Foto: Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

PSIS Semarang: Adi Satryo; Fredyan Wahyu Sugiantoro, Wahyu Prasetyo, Lucao, Haykal Alhafiz; Alfeandra Dewangga, Boubakary Diarra; Taisei Marukawa, Septian David Maulana, Vitinho; Carlos Fortes

Persebaya Surabaya: Ernando Ari Sutaryadi; Reva Adi Utama, Dusan Stevanovic, Kadek Raditya, Arief Catur; Ripal Wahyudi, Song Ui-young, Ze Valente; Sho Yamamoto, Kasim Botan, Paulo Victor


Klasemen Sementara BRI Liga 1 2023/2024

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya