Korea Open 2023; 9 Pebulu Tangkis Indonesia Siap Tempur

Sembilan pebulu tangkis Indonesia siap berlaga di Korea Open 2023. Turnamen dengan level BWF Super 500 ini bakal dihelat di Jinnam Stadium, Yeosu, Korea, 18-23 Juli.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 17 Jul 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2023, 21:00 WIB
Gregoria Mariska Tunjung - Korea Open 2023 - Bulu Tangkis
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung menjalani latihan terakhir sebelum berlaga pada Korea Open 2023 di Jinnam Stadium, Yeosu, Korea, Senin (17/7/2023). (foto: PBSI)

Liputan6.com, Jakarta - Tim bulu tangkis Indonesia siap tampil di Korea Open 2023. Turnamen dengan level BWF Super 500 ini bakal dihelat di Jinnam Stadium, Yeosu, Korea, 18-23 Juli.

Gregoria Mariska Tunjung dan kolega baru menyelesaikan latihan terakhir pada Senin (17/7) sore WIB, sebelum berlaga di Korea Open yang dimulai besok. Latihan selama 60 menit ini juga sekaligus menjajal lapangan pertandingan.

"Ini pertama kali saya main di kota Yeosu dan dibandingkan lapangan pertandingan yang lain, relatif lebih kecil venuenya," kata Gregoria dalam rilis PBSI yang diterima Liputan6.com.

"Karakteristiknya sedikit berangin, jadi tadi coba benar-benar adaptasi agar tidak terpengaruh dengan kondisi itu. Selain itu, saya merasa cahaya di lapangannya juga tak merata. Di pinggir-pinggir itu agak gelap tapi mungkin besok sudah lebih merata saat pertandingan," imbuhnya.

Juara Spain Masters 2023 itu ingin mendapat hasil maksimal di Korea Open. Karenanya, faktor mental benar-benar disiapkan pebulu tangkis berusia 23 tahun tersebut.

"Dari fisik, Puji Tuhan semuanya dalam keadaan baik. Paling mau lebih menyiapkan di luar itu seperti mentalnya," ucap Gregoria. "Karena saya mau punya hasil maksimal di turnamen ini."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri Keluhkan Lapangan dan Penerangan

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri  - Korea Open 2023
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri mengeluhkan kondisi lapangan dan penerangan Jinnam Stadium, Yeosu, Korea, Senin (16/7/2023), jelang Korea Open 2023. (foto: PBSI)

Senada dengan Gregoria Mariska Tunjung, ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri juga merasakan hal yang sama saat mencoba lapangan pertandingan. Beberapa bagian lapangan terasa gelap yang membuat mereka agak kesulitan mengontrol shuttlecock.

"Secara garis besar lapangannya menurut kami aman, tapi memang agak licin. Tapi, kami tidak tahu itu karena karpetnya memang licin atau karena sebelum kami ada yang menggunakan juga," papar Bagas.

"Selain agak licin, di pinggir-pinggirnya agak gelap, kurang terang, jadi kami agak kesulitan mengontrol bola ke samping. Ini jadi bahan adaptasi kami untuk bertanding besok," timpal Fikri.

Di Korea Open 2023, semifinalis tahun lalu ini mengaku harus dapat mengalahkan diri mereka sendiri, terutama saat berada di dalam tekanan. "Kami harus bisa keluar ketika berada di bawah tekanan dalam sebuah pertandingan," ucap Bagas.

"Kami ingin tampil konsisten. Cukup sulit menjaga konsistensi tapi kami berharap setidaknya kami mampu mengulangi pencapaian tahun lalu," pungkas Fikri.


Daftar Wakil Indonesia di Korea Open 2023

Pramudya Kusumawardana - Korea Open - Bulu Tangkis
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Pramudya Kusumawardana menjalani latihan perdana jelang Korea Open 2023 di practice hall Jinnam Badminton Hall, Yeosu, Senin (17/7) pagi. (foto: PBSI)

Tunggal Putra:

1. Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri:

1. Gregoria Mariska Tunjung

2. Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra:

1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

2. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

3. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

4. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

Ganda Campuran

1. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

2. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Infografis bulu tangkis
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya