Idolakan Marc Marquez, Fadillah Arbi Aditama Banyak Tiru Gaya Balapan Si Baby Alien

Pembalap JuniorGP Fadillah Arbi Aditama mengaku punya sosok idola yang jadi panutannya dalam kelas MotoGP. Rider Astra Honda Racing Team itu menggandrungi Marc Marquez (Repsol Honda) yang sudah enam kali menyabet predikat juara dunia MotoGP.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 25 Jul 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2023, 07:00 WIB
Fadillah Arbi Aditama
Pembalap JuniorGP Fadillah Arbi Aditama mengaku suka dengan gaya balapan rider Repsol Honda Marc Marquez dalam kompetisi MotoGP. Menurunya, pembalap asal Spanyol itu punya agresivitas yang baik serta keberanian mengambil keputusan berisiko. (Liputan6.com/Zulfikar Abubakar)

Liputan6.com, Jakarta Pembalap JuniorGP Fadillah Arbi Aditama mengaku punya sosok idola yang jadi panutannya dalam kelas MotoGP. Rider Astra Honda Racing Team itu menggandrungi Marc Marquez (Repsol Honda) yang sudah enam kali menyabet predikat juara dunia MotoGP.

Sekadar informasi, nama Fadillah Arbi Aditama belakangan memang tengah naik daun di kancah balapan Indonesia. Remaja beruisa 18 tahun itu sukses menorehkan prestasi gemilang usai keluar sebagai juara JuniorGP 2023 seri Barcelona di Sirkuit Catalunya pada Minggu (16/7/2023) lalu.

Arbi dinobatkan sebagai pemenang race 2 dengan catatan waktu 27 menit 52,626 detik. Ia berhak naik ke podium tertinggi, meski finis di posisi kedua lantaran pesaing terdekatnya David Almansa mendapat penalti usai menyalip kala yellow flag tengah berkibar.

Capaian tersebut menandai prestasi terbaik Arbi setelah sebelumnya hanya mampu menempati posisi sembilan dalam balapan kedua di Sirkuit Jerez. Ia juga menjadi pembalap Indonesia pertama yang berhasil menyabet predikat juara dalam ajang serupa.

Usut punya usut, keberhasilan Arbi unjuk gigi di ajang JuniorGP 2023 rupanya tak lepas dari peran idola Marc Marquez. Pembalap berusia 18 tahun itu mengaku suka dengan gaya balapan rider Repsol Honda, sehingga banyak mengambil contoh darinya saat tengah menjajal lintasan.

"Untuk gaya balap, yang paling Arbi suka di kelas MotoGP itu Marc Marquez," tuturnya saat diwawancarai awak media di Jakarta pada Senin (24/7/2023).

"(Saya) banyak mencontoh dari Marquez (saat balapan)," sambung rider yang menjadi juara JuniorGP seri Barcelona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fadillah Arbi Aditama Kagumi Agresivitas Marc Marquez

Foto: 7 Pembalap MotoGP Spesialis Trek Basah, Sayang Marc Marquez Harus Mundur di MotoGP Mandalika 2022
Marc Marquez. Pembalap Spanyol berusia 29 tahun ini baru saja gagal beraksi di kelas MotoGP pada GP Mandalika 2022 akibat terjatuh saat sesi pemanasan. Sejatinya ia juga menjadi favorit pilihan pembalap, karena mampu tampil sama baiknya di trek kering maupun basah. (AFP/Mohd Rasfan)

Bukan hanya karena berhasil mengoleksi banyak gelar juara dunia, Fadillah Arbi Aditama punya alasan spesifik mengapa dirinya amat mengidolakan Marc Marquez di MotoGP.

Pembalap Astra Honda Racing Team itu mengaku kagum dengan argresivitas The Baby Alien. Rider asal Spanyol juga dinilai memiliki mental juara dan berani mengambil keputusan berisiko saat memacu kuda besi di lintasan. "Dari dulu suka sama Marquez karena Marquez itu agresif, kemudian bermental juara. Dia juga bisa berani mengambil keputusan yang berisiko (saat balapan)," papar Arbi.

Meski, Marquez belakangan ini sejatinya tengah mengalami penurunan performa di MotoGP. Kendati demikian, Arbi mengaku dirinya cukup optimistis dengan prospek The Baby Alien. Ia menilai Marc Marquez masih punya peluang untuk bangkit, terlepas dari hasil minor yang diraih dalam sejumlah seri terakhir.

"Lumayan (sedih Marquez menurun di MotoGP), tapi (yakin dia) masih bisa (naik lagi)," tutur Arbi kepada awak media.


Fadillah Arbi Aditama Pakai Nomor 93 di JuniorGP

Marc Marquez
Marc Marquez secara mengejutkan berhasil menjadi yang tercepat di FP2 MotoGP Jepang (AFP)

Sekadar informasi, Fadillah Arbi Aditama saat ini memakai nomor 93 di JuniorGP. Angka tersebut sama persis dengan nomor yang digunakan Marc Marquez saat memperkuat Repsol Honda dalam kompetisi MotoGP.

Menurut pembalap asal Purworejo, ia semula mengincar nomor 23 di JuniorGP. Akan tetapi, angka tersebut sudah digunakan oleh rider Italia Elia Bartolini pada kelas yang sama.

Alhasil, Arbi mau tak mau harus memakai nomor lain. Pilihannya pun jatuh pada angka 93 lantaran nomor tersebut juga dipakai oleh sang idola Marc Marquez.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya