Indonesia Raih Emas Keempat di Asian Games 2023 Lewat Amellya Nur Sifa

Perolehan medali emas Indonesia di Asian Games 2023 akhirnya bertambah menjadi empat lewat sumbangan atlet sepeda BMX.

oleh Thomas diperbarui 01 Okt 2023, 20:50 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2023, 10:57 WIB
Dua atlet sepeda bmx Indonesia memperembahkan emas dan perunggu di Asian Games 2023 Hangzhou
Dua atlet sepeda bmx Indonesia memperembahkan emas dan perunggu di Asian Games 2023 Hangzhou (PB ISSI/NICK HANOATUBUN)

Liputan6.com, Jakarta- Perolehan medali emas Indonesia di Asian Games 2023 akhirnya beranjak dari angka tiga setelah sempat tak bertambah-tambah selama tiga hari. Emas keempat didapat pada Minggu 1 Oktober 2023 dari cabang olahraga sepeda BMX atau Cycling BMX melalui Amellya Nur Sifa.

Amellya Nur Sifa meraih emas di sepeda BMX pada nomor Women’s Individual. Dia menjadi yang terbaik di Chun'an Jieshou Sports Centre setelah mengungguli wakil tuan rumah China, Gu Quanquan, yang harus puas meraih perak.

Bersamaan dengan kesuksesan Amellya, Indonesia juga menambah medali dari sepeda BMX nomor indivisual wanita yakni perunggu. Adalah Jasmine Azzhra Setyobudi yang mempersembahkan perunggu ke-11 untuk kontingen Indonesia di Asian Games 2023.

Amellya menjadi yang terbaik berkat catatan waktu 45,244 detik di run pertama dan meraih 4 poin, lalu 43,551 detik di run kedua (3 poin) juga 2 poin di run terakhir lewat catatan waktu 43,958 detik.

“Memang tadi kita melihat bahwa persaingan di putri cukup ketat, di mana dua pebalap China dan dua pebalap Indonesia saling berdekatan poin. Di final moto 3 kami mempersiapkan strategi yang cukup matang,” kata Dadang Haris Poernomo, Kepala Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia.

Menurut Dadang, China sangat jelas mengincar medali emas dan perak di nomor BMX putri ini. Tapi, strategi itu sudah dibaca tim peltih yang langsung mengatur strategi untuk bisa mengurungkan niatan tuan rumah tersebut.

“Kita tidak mau kalah dan diam. Kita atur strategi Sifa dan Jasmin untuk supaya di tempatkan di gate yang tepat untuk menghadapi dua pebalap China. Dan betul, Alhamdulillah Jasmin dan Sifa bisa menjalankan perintah dengan baik dan selama perlombaan mereka tidak ada kendala, cukup lancar semuaya dilalui dengan baik.”

“Semua obstacle dihadapi dengan sangat bagus dan ternyata strategi ini bisa menghambat laju China untuk mendapatkan medali emas dan perak,” jelas Dadang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Raihan Indonesia Selama Asian Games 2022

Emas dari Amellya membuat Indonesia total sudah mendapatkan empat keping. Sebelumnya dua emas didapat dari cabang olahraga menembek lewat Muhammad Sejahtera Dwi Putra serta satu emas dari wushu yang diraih Harris Horatius.

Di Asian Games 2022 ini, Indonesia menargetkan bisa finis di 12 besar dengan raihan 12 keping medali emas. Sayangnya beberapa cabang olahraga gagal mempersembahkan medali seperti sepak bola, bola basket, hingga esports.


Posisi Indonesia di Asian Games 2022

Asian Games 2023
Foto udara yang diambil pada 18 Juli 2022 ini menunjukkan logo Asian Games 2022 yang dibuat dengan tanaman di Hangzhou, di provinsi Zhejiang timur, Tiongkok. (STR / AFP)

Hingga Minggu siang pulung 10.30 WIB, Indonesia total sudah mendapat 18 medali di Asian Games Hangzhou. Rinciannya adalah empat emas, tiga perak dan 11 perunggu. Indonesia pun naik ke posisi 10 klasemen perolehan medali.

Medali Indonesia masih akan bertambah karena sejumlah cabor potensial juga masih belum bertanding seperti panahan, bulu tangkis perorangan hingga angkat besi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya