Jadwal Asian Games 2023, Senin 2 Oktober: Menanti Penebusan dari Bulu Tangkis

Cabang olahraga bulu tangkis mulai menggulirkan nomor perorangan menurut jadwal Asian Games 2023, Senin (2/10/2023). Usai gagal di nomor beregu, wakil Indonesia berharap dapat menebus dosa pada ajang yang berlangsung di Hangzhou, China.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 02 Okt 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2023, 06:00 WIB
TIm Bulu Tangkis Putra Indonesia - Asian Games 2023 - Bulu Tangkis
Tim Indonesia tersingkir di perempat final Asian Games 2023 setelah kalah dari Korea Selatan pada cabang bulu tangkis nomor beregu. Indonesia kalah 1-3 dari Korea Selatan di Beijing Gymnasium, China, Jumat (29/3/2023). (foto: PBSI) 

Liputan6.com, Jakarta - Cabang olahraga bulu tangkis mulai menggulirkan nomor perorangan menurut jadwal Asian Games 2023, Senin (2/10/2023). Usai gagal di nomor beregu, wakil Indonesia berharap dapat menebus dosa pada ajang yang berlangsung di Hangzhou, China.

 

Setelah tim putri urung membuat kejutan saat bertemu tuan rumah pada perempat final, tim putra yang berstatus unggulan pertama juga tumbang di babak yang sama. Mereka takluk dari Korea Selatan. 

Kini wakil tepok bulu Indonesia terjun di nomor perorangan Asian Games 2023. Para pemain diharapkan bisa melewati fase-fase awal dalam usaha menebus kegagalan dan membawa pulang medali emas.

Selain bulu tangkis, atlet Merah Putih dari cabor lainnya juga tampil hari ini. Mereka berjuang merebut kemenangan demi mendongkrak posisi Tanah Air.  

Hingga Minggu (1/10/2023) malam WIB, Indonesia berada di urutan 10 klasemen medali Asian Games 2022 dengan koleksi empat emas, tiga perak, dan 11 perunggu.

 


Indonesia Rebut Emas Keempat di Asian Games 2023

Foto: Aksi Sifa dan Jasmine Pastikan Indonesia Rebut Emas ke-4 dan Perunggu ke-11 dari Balap Sepeda BMX Putri Asian Games 2022
Selebrasi dua pembalap BMX putri Indonesia, Amellya Nur Sifa (kanan) yang merebut medali emas dan Jasmine Azzahra Setyobudi yang menyumbang medali perunggu setelah berakhirnya lomba balap sepeda nomor BMX putri Asian Games 2022 di Chun'an Jieshou Sports Centre BMX Course, Minggu (1/10/2023) pagi WIB. (PB ISSI/Nick Hanoatubun)

Indonesia merebut emas keempat Asian Games 2023, Minggu (1/10/2023, dari cabang olahraga sepeda BMX melalui Amellya Nur Sifa.

Dia berjaya pada nomor individu putri dengan mengungguli wakil tuan rumah China, Gu Quanquan, di Chun'an Jieshou Sports Centre. Sementara perunggu juga didapat wakil Indonesia yakni Jasmine Azzhra Setyobudi.

Amellya menjadi yang terbaik berkat catatan waktu 45,244 detik di run pertama dan meraih 4 poin, lalu 43,551 detik di run kedua (3 poin) juga 2 poin di run terakhir lewat catatan waktu 43,958 detik.

“Memang tadi kita melihat bahwa persaingan di putri cukup ketat, di mana dua pebalap China dan dua pebalap Indonesia saling berdekatan poin. Di final moto 3 kami mempersiapkan strategi yang cukup matang,” kata Dadang Haris Poernomo, Kepala Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia.

Menurut Dadang, China sangat jelas mengincar medali emas dan perak di nomor BMX putri ini. Tapi, strategi itu sudah dibaca tim peltih yang langsung mengatur strategi untuk bisa mengurungkan niatan tuan rumah tersebut.

“Kita tidak mau kalah dan diam. Kita atur strategi Sifa dan Jasmin untuk supaya di tempatkan di gate yang tepat untuk menghadapi dua pebalap China. Dan betul, Alhamdulillah Jasmin dan Sifa bisa menjalankan perintah dengan baik dan selama perlombaan mereka tidak ada kendala, cukup lancar semuaya dilalui dengan baik.”

“Semua obstacle dihadapi dengan sangat bagus dan ternyata strategi ini bisa menghambat laju China untuk mendapatkan medali emas dan perak,” jelas Dadang.

 


Misi Indonesia di Asian Games 2023

Defile kontingen Indonesia saat pembukaan Asian Games 2023 Hangzhou
Sedangkan Hernanda Zulfi memakai baju adat Rote, dengan menggunakan jas putih tertutup yang bawahannya merupakan kain tenun dan topi tradisional khas Rote yang disebut Ti’i Langga. (AP Photo/Dita Alangkara)

Kontingen Indonesia menggirimkan total 413 atlet ke Hangzhou, China. Target kali ini jauh lebih rendah ketimbang Asian Games 2018. Kali ini Indonesia mematok masuk 12 besar di klasemen medali. Sebanyak 12 medali emas dibidik kontingen Indonesia di Hangzhou.

Dari 413 atlet yang diberangkatkan di China, Indonesia total mengikuti 30 cabang olahraga. Kontingen Indonesia di Hangzhou dipimpin oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang bertindak sebagai CdM tim Indonesia.

"Pesan saya kepada para atlet, Asian Games bukan sekedar pertandingan. Ini adalah panggung di mana kita menunjukkan jati diri, kehormatan, dan semangat bangsa kita. Jangan ragu untuk mengejar medali emas," ujar Ketua NOC Raja Sapta Oktohari.

"Jangan ragu untuk mengejar medali emas. Jangan gentar menghadapi lawan. Ingatlah, setiap langkah dan keringat kalian merepresentasikan doa dan harapan 273 juta rakyat Indonesia," tambahnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya