Hasil Kualifikasi Euro 2024: Belanda Menang Tipis Atas Yunani, Portugal Pesta Gol

Belanda harus bekerja keras sebelum berhasil mengalahkan Yunani di laga lanjutan Kualifikas Euro 2024 Grup B, sebaliknya Portugal menang mudah atas Bosnia di pertandingan lain.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 17 Okt 2023, 05:24 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2023, 05:24 WIB
Yunani vs Belanda
Virgil van Dijk dari Belanda, kanan, merayakan bersama rekan satu timnya usai pertandingan sepak bola kualifikasi grup B Euro 2024 antara Yunani dan Belanda di OPAP Arena di Athena, Yunani, Senin, 16 Oktober 2023. Belanda menang 1-0. (Foto AP/Thanassis Stavrakis)

Liputan6.com, Jakarta Belanda buka peluang lolos ke putaran final Euro 2024 setelah sukses mencuri poin di kandang Yunani di OPAP Arena, Athena, Selasa dini hari (17/10/2023). Tim Oranje berhasil mengalahkan tuan rumah di laga lanjutan Kualifikas Grup B.

Kemenangan ini membuat Belanda ada di peringkat dua klasemen Grup B dengan perolehan 12 poin. Mereka berhasil memperbesar peluang untuk lolos langsung ke putaran final Euro 2024.

Virgil van Dijk tampil sebagai penentu kemenangan Belanda lewat golnya dari tendangan penalti jelang laga berakhir. Sebeumnya, mereka juga memperoleh hadiah penalti di babak pertama, namun sepakan Wout Weghorst gagal berbuah gol.

Pertandingan kedua tim berjalan sengit, meski dalam penguasaan bola Belanda lebih mendominasi dan konsisten meneror pertahanan Yunani.

Belanda memperoleh kesempatan membuka keunggulan setelah pada menit ke-25 mendapat penalti usai Konstantinos Koulierakis dianggap melanggar Virgil van Dijk di kotak terlarang. Sayang, eksekusi penalti yang diambil Wout Weghorst bisa dimentahkan Odisseas Vlachodimos.

Yunani sempat kewalahan mendapat tekanan dari Belanda. Namun, pertahanan tuan rumah cukup solid hingga mampu menahan imbang hingga babak pertama berakhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gol Penalti Van Dijk Jadi Penentu Kemenangan Belanda

Yunani vs Belanda
Petros Mantalos dari Yunani, tengah, mengoper bola pada pertandingan sepak bola kualifikasi grup B Euro 2024 antara Yunani dan Belanda di OPAP Arena di Athena, Yunani, Senin, 16 Oktober 2023. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Di babak kedua, Yunani mencoba untuk lebih berani keluar menyerang. Meski kini cukup mengimbangi penguasaan bola Belanda.

Peluang demi peluang banyak diciptakan Belanda dan Yunani, tapi belum ada gol tercipta. Namun, pada menit 89 wasit Alejandro Jose Hernandez Hernandez dari Spanyol lagi-lagi memberikan penalti kepada Belanda.

Hukuman diberikan pada Yunani setelah Vangelis Pavlidis dianggap mendorong Denzel Dumfries di kotak terlarang. Kali ini Van Dijk yang kini menjadi algojo pun sukses memperdaya Vlachodimos.

Tak ada gol tambahan yang tercipta di sisa waktu. Skor 1-0 untuk kemenangan Belanda pun menjadi hasil akhir laga ini.


Portugal Pesta Gol ke Gawang Bosnia

Bosnia vs Portugal
Reaksi pemain Portugal Cristiano Ronaldo saat pertandingan sepak bola kualifikasi grup J Euro 2024 antara Bosnia-Herzegovina dan Portugal, di Stadion Bilino Polje di Zenica, Bosnia dan Herzegovina, Senin, 16 Oktober 2023. (AP Photo/Armin Durgut)

Pada pertandingan Lain Portugal sukses mencukur Bosnia-Herzegovina 5-0 di Stadion Bilino Polje, di laga lanjutan Grup J Kualifikasi Euro 2024, Selasa (17/10/2023) WIB.

Pesta gol Portugal terjadi sepanjang babak pertama. Bruno Fernandes (25’), Joao Cancelo (32’), dan Joao Felix (41’) menyarangkan masing-masing satu gol. Dua gol lainnya diborong oleh Cristiano Ronaldo. Gol pertamanya lewat titik putih di menit ke-5 dan gol keduanya di menit ke-20.

Hasil ini semakin memperkokoh Portugal di puncak klasemen sementara dengan 24 poin. Bosnia dipastikan tidak lolos setelah tertahan di peringkat ke-5 dengan koleksi sembilan poin.


Susunan Pemain Yunani vs Belanda

Yunani vs Belanda
Penjaga gawang Belanda Bart Verbruggen, terbawah, melakukan penyelamatan saat Giorgos Giakoumakis dari Yunani melompati dia selama pertandingan sepak bola kualifikasi grup B Euro 2024 antara Yunani dan Belanda di OPAP Arena di Athena, Yunani, Senin, 16 Oktober 2023. ( Foto AP/Thanassis Stavrakis)

Yunani: Odisseas Vlachodimos; Lazaros Rota, Konstantinos Mavropanos, Panagiotis Retsos, Konstantinos Koulierakis (Manolis Siopis 61'); Anastasios Bakasetas (Taxiarchis Fountas 60'), Dimitrios Kourbelis (Andreas Bouchalakis 60'), Petros Mantalos (Vangelis Pavlidis 81'); Giorgos Masouras (Giorgos Giakoumakis 77'), Fotis Ioannidis, Kostas Tsimikas.

Pelatih: Gustavo Poyet.

Belanda: Bart Verbruggen; Lutsharel Geertruida (Donyell Malen 46'), Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Mats Wieffer (Marten De Roon 81'), Tijjani Reijnders, Quilindschy Hartman (Micky Van de Ven 74'); Xavi Simons (Joey Veerman 62'), Wout Weghorst (Brian Brobbey 62'), Steven Bergwijn.

Pelatih: Ronald Koeman.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya