Terus Dipercaya Shin Tae-Yong, Hokky Caraka Usung Misi Ini Bersama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hokky Caraka makin termotivasi main di Timnas Indonesia karena selalu dipercaya Shin Tae-Yong. Dia berharap bisa terus main lebih baik di putaran berikutnya kualifikasi Piala Dunia 2026.

oleh Defri Saefullah diperbarui 19 Okt 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2023, 16:00 WIB
Kualifikasi Putaran Pertama Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Dimas Drajad (kiri) bersama Hokky Caraka setelah mencetak gol pertama ke gawang Brunei Darussalam pada laga putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023) malam WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Striker muda Timnas Indonesia Hokky Caraka selalu mendapatkan kepercayaan pelatih Shin Tae-Yong. Dari dua laga melawan Brunei Darussalam pada putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Hokky Caraka selalu jadi starter.

Hokky Caraka memang sudah dikenal kualitasnya oleh STY, panggilan akrab coach Shin. Striker PSS Sleman harusnya menjadi andalan STY di Piala Dunia U-20 yang batal main di Indonesia.

Hokky Caraka termasuk pemain yang paling terpukul dengan kegagalan itu. Namun kini, Hokky Caraka merangkai mimpi dengan Timnas Indonesia senior menuju Piala Dunia 2026.

Penampilannya makin mengilap usai dipercaya Shin Tae-Yong jadi starter. Ini membuatnya semakin termotivasi dan mengusung misi ini dengan Timnas Indonesia.

Semoga semakin ke sana (babak berikutnya), semakin baik permainan kita," ucap Hokky seperti dikutip situs PSSI.

"Saya berterima kasih kepada coach Shin Tae-yong karena telah mempercayai saya. Mungkin karena kerja keras tim, saya bisa mendapatkan hasil maksimal," tambahnya.

 


Shin Tae-Yong Puji Pemain Timnas Indonesia

Kualifikasi Putaran Pertama Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam
Para pemain starting XI Timnas Indonesia berbaris menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya menjelang dimulainya laga putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023) malam WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

 

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong puas atas kemenangan telak 6-0 yang didapatkan tim asuhannya atas Brunei Darussalam pada leg kedua babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Selasa (17/10).

Timnas Indonesia kembali tampil perkasa di hadapan Brunei. Setelah unggul 6-0 pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Timnas Indonesia mengulang kemenangan dengan skor sama yaitu 6-0 di kandang Brunei.

Enam gol Indonesia dilesakkan masing-masing oleh Hokky Caraka (6', 44'), Egy Maulana Vikri (42'), Witan Sulaeman (47' penalti), Rizky Ridho (64'), dan Ramadhan Sananta (82').

"Memang kami bandingkan setelah pertandingan pertama dan kedua memang saya melakukan perbedaan. Hampir 70 persen saya ganti starter-nya. Para pemain sendiri memang sangat bekerja keras dan bermain dengan baik," kata Shin Tae-yong seusai laga.

"Walaupun bermain tandang, tetapi mereka tidak lengah. Saya mengucapkan terima kasih kepada para pemain," ujarnya menambahkan.

 


Enam Pemain Belum Dapatkan Jatah Main

Foto: 5 Pemain yang Layak Dicoba sebagai Starter saat Timnas Indonesia Jumpa Brunei Darussalam pada Laga Kedua Piala AFF 2022
Edo Febriansyah. Bek kiri berusia 25 tahun milik Rans Nusantara FC ini hanya diturunkan sebagai pemain pengganti oleh pelatih Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia memetik kemenangan 2-1 ats Kamboja. Dengan cederanya Pratama Arhan saat menghadapi Kamboja, STY bisa saja memasukkan Edo Febriansyah menjadi starter untuk menghadapi Brunei Darussalam sebagai solusi ketidakhadiran Pratama Arhan jika belum pulih dari cedera. (Bola.com/Abdul Aziz)

 

Total dari 26 pemain yang dipanggil, hanya enam orang yang sama sekali tidak dimainkan dalam dua pertemuan dengan Brunei Darussalam, yakni Syahrul Trisna Fadillah, Wahyu Prasetyo, Mohammad Edo Febriansyah, Dzaky Asraf, Marselino Ferdinan, dan Rafael Struick. Dua nama yang ditulis terakhir mengalami cedera.

Dua kemenangan dengan agregat 12-0 atas Brunei ini membawa Timnas Indonesia ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pada babak tersebut, Tim Merah-Putih akan bersaing dengan Irak, Vietnam dan Filipina di Grup F.

 


Ranking Timnas Indonesia di FIFA Naik Drastis

Kualifikasi Putaran Pertama Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Muhammad Ramadhan Sananta (tengah) bersama rekannya, Witan Sulaeman (kiri) dan Asnawi Mangkualam setelah mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam pada laga putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023) malam WIB. (Bola.com/Abdul Aziz)

 

Berdasarkan perhitungan di situs football-ranking.com, Timnas Indonesia mendapat tambahan total 16.95 poin. Raihan itu berpotensi membawa mereka merangsek ke peringkat 145. Capaian ini sekaligus menggeser Eswatini dan St Kitts and Nevis yang harus rela menempati urutan 146 serta 147 FIFA.

Jika menilik pembagian poin secara spesifik, pasukan Garuda semula memang sudah mengantongi 8,66 poin dari kemenangan 6-0 saat menjamu Brunei Darussalam dalam laga leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023) malam WIB.

Tambahan 8,29 poin lantas kembali didapat Skuad Garuda usai menggilas pasukan negeri petro dollar dengan skor identik lima hari berselang. Dengan demikian, Timnas Indonesia diprediksi bakal mengantongi 1.069,82 poin.

Skuad racikan Shin Tae-yong selanjutnya berpotensi naik dua peringkat ke urutan 145 dibanding posisi sebelum melakoni laga kualifikasi Piala Dunia kontra Brunei Darussalam.

 


Jadwal Timnas Indonesia di Putaran 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Foto: Debut Hokky Caraka di Timnas Senior, Berikan Kontribusi Gol Pertama Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pemain Timnas Indonesia, Hokky Caraka (kedua kanan) menyanyikan lagu Indonesia Raya saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Brunei di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023). Laga tersebut dimenangkan oleh Timnas Indonesia dengan skor 6-0. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

 

Kamis, 16 November 2023

Irak vs Timnas Indonesia

Selasa, 21 November 2023

Timnas Indonesia vs Filipina

Kamis, 21 Maret 2024

Timnas Indonesia vs Vietnam

Selasa, 26 Maret 2023

Vietnam vs Timnas Indonesia

Kamis, 6 Juni 2024

Timnas Indonesia vs Irak

Selasa, 11 Juni 2024

Filipina vs Timnas Indonesia

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya