Piala Dunia U-17 2023: Sempat Rusak Gara-Gara Hujan Deras, Erick Thohir Pastikan Stadion Si Jalak Harupat Sudah Diperbaiki

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan Stadion Si Jalak Harupat sudah mendapat penanganan yang tepat usai sempat rusak akibat diguyur hujan deras dan angin kencang. Sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu memastikan Stadion SJH telah diperbaiki, sehingga siap menggelar ajang Piala Dunia U-17 2023.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 08 Nov 2023, 23:00 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2023, 23:00 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir Piala Dunia U-17 2023
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan Stadion Si Jalak Harupat sudah diperbaiki setelah sempat mengalami sedikit kerusakan akibat hujan deras jelang menghelat ajang Piala Dunia U-17 2023. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan Stadion Si Jalak Harupat sudah mendapat penanganan yang tepat usai sempat rusak akibat diguyur hujan deras dan angin kencang.

Sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu memastikan Stadion SJH telah diperbaiki, sehingga siap menggelar ajang Piala Dunia U-17 2023.

Sebagaimana diketahui, Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah FIFA U-17 World Cup sebelumnya menyiapkan empat stadion utama untuk digunakan sebagai lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), Jakarta International Stadium (Jakarta), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) bakal menjadi saksi persaingan 24 negara peserta di ajang sepak bola muda bergengsi dunia.

Sayangnya, stadion terakhir sempat mengalami kendala beberapa waktu jelang pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023. Hijan deras dan angin kencang yang melanda wilayah Bandung menyebabkan adanya sedikit kerusakan pada Stadion Si Jalak Harupat.

Kendati begitu, pihak penyelenggara langsung mengambil langkah cepat untuk mengantisipasi situasi, sehingga Stadion Si Jalak Harupat saat ini dipastikan siap menggelar ajang Piala Dunia U-17 2023.

"Kemarin di Bandung sempat ada hujan besar, jadi ada beberapa kerusakan (di Stadion Si Jalak Harupat), tetapi sudah diperbaiki," ujar Erick Thohir saat menghadiri konferensi pers untuk mengenalkan brand ambassador Piala Dunia U-17 2023 di bilangan Jakarta Selatan, Rabu (8/11/2023).

"Lapangan juga tidak ada masalah, tinggal bagaimana pertandingan ini. Saya rasa dari negara-negara yang hadir belum ada komplain. Jadi semuanya senang dengan fasilitas hotel, jarak tempuh, lapangan, transportasi, semua positif," tambah Ketum PSSI.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.


FIFA Puji Kesiapan Infrastruktur di Indonesia

Foto: Stadion Si Jalak Harupat Bersolek Jelang Piala Dunia U-17 2023
Suasana Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Bandung, Sabtu (21/10/2023). Stadion ini menjadi satu dari empat stadion untuk Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sementara itu terkait 3 venue lainnya, Erick Thohir juga mengeklaim tidak ada isu atau permasalahan berarti mendekati Piala Dunia U-17 2023. FIFA selaku federasi sepak bola internasional bahkan disebut cukup puas dengan kesiapan infrastruktur di Tanah Air.

"Venue, seperti yang FIFA bilang ada 27 lapangan, pertandingan maupun latihan. Dari 27 ini FIFA sudah cek semua, di mana FIFA happy dengan preparations-nya," tutur Erick Thohir kepada awak media.

"Gelora Bung Tomo saya rasa sebagai (lokasi) pembukaan, kita akan lihat tanggal 10, mungkin akan surprise. Apalagi sekarang equipment FIFA sudah masuk, itu akan jadi sesuatu yg menarik."

"Untuk JIS saya rasa kita fokus di akses, kalau mengenai infrastrukur terutama rumput sudah tuntas kemarin. Akses yangdibangun pemerintah untuk penyeberangan dari JIS ke Ancol sudah jadi juga. Untuk di Bandung dan Solo saya belum ada informasi apa-apa," tandasnya.


Presiden FIFA Akan Datang ke Indonesia

Erick Thohir
Menteri BUMN RI Erick Thohir saat bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino. (Istimewa)

Sekadar informasi, Presiden FIFA Gianni Infantino bakal turut menghadiri pembukaan Piala Dunia U-17 2023 di Surabaya. Pria yang menduduki kursi tertinggi federasi sepak bola dunia bakal tiba di Tanah Air pada Kamis (9/11/2023) dan menjalani agenda makan malam bersama Ketum PSSI.

Setelahnya, Infantino juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Jumat (10/11/2023) pagi WIB. Kedua pihak kabarnya bakal duduk bersama untuk berdiskusi

"Presiden FIFA akan mendarat di Indonesia tanggal 9. Lalu saya ada dinner dan tanggal 10 pagi Presiden FIFA bertemu dengan Bapak Presiden, diskusi seperti apa saya tidak tahu, kita lihat nanti. Yang pasti kita akan dorong FIFA event di Indonesia tapi kita harus fokus U-17 ini sukses dulu," ucap Erick Thohir.

Infografis Negara Paling Sering Juara Piala Dunia U-17
Infografis Negara Paling Sering Juara Piala Dunia U-17 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya