Pitch Management FIFA: Rumput JIS Terbaik Dibanding 3 Venue Piala Dunia U-17 2023 Lainnya

JIS menjadi tuan rumah 16 pertandingan selama Piala Dunia U-17 2023. Semuanya mampu berjalan dengan lancar.

oleh Thomas diperbarui 30 Des 2023, 22:31 WIB
Diterbitkan 27 Nov 2023, 18:30 WIB
Jakarta International Stadium (JIS) menyambut Piala Dunia U-17 2023
Kondisi terkini sisi barat Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (4/7/2023). (Bola.com/Hery Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta- Jakarta International Stadium (JIS) telah selesai menggelar pertandingan di Piala Dunia U-17 2023. Stadion yang berada di Jakarta Utara itu mementaskan 16 pertandingan mulai dari fase grup hingga terakhir, babak perempat final.

JIS menjadi stadion yang paling banyak dipercaya FIFA menggelar pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Duel super big match Brasil melawan Argentina di babak perempat final menutup rangkaian pertandingan Piala Dunia U-17 di JIS.

Duel Brasil kontra Argentina ini memang sempat ditunda cuaca ekstrem. Keterangan FIFA soal cuaca ini sekaligus membantah kabar bahwa laga sempat ditunda karena genangan di lapangan. Sebaliknya FIFA justru memuji bahwa JIS bisa menyelenggarakan 16 laga dalam tempo 15 hari dengan optimal. Hal ini membuktikan kualitas lapangan yang baik.

FIFA Pitch Management – yang memonitor dan mengawal langsung dari awal hingga akhir turnamen khusus di JIS – menilai sistem drainase dan rumput JIS sangat baik. Ini terbukti dengan cepatnya lapangan menyerap air yang sempat masuk akibat intensitas hujan yang tinggi.

FIFA Pitch Management menilai rumput JIS sudah memenuhi persyaratan FIFA secara menyeluruh. "Visibilitas rumput yang baru 3 minggu dipasang memang belum maksimal namun pantulan dan aliran bola selama 16 match di JIS merupakan yang terbaik diantara 3 venue lain," kata Pitch Management FIFA dalam keterangannya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perawatan Rumput di JIS

Piala Dunia U-17 2023
Suasana Jakarta International Stadium (JIS) saat dihiasi flashlight suporter di jeda babak pertama dan kedua Amerika Serikat vs Prancis pada Sabtu (18/11/2023).

Kini pertandingan Piala Dunia U-17 yang tersisa, yakni semifinal dan partai puncak akan digelar di Stadion Manahan, Solo. Adapun untuk JIS, pihak pengelola dan FIFA sudah bersepakat untuk terus berkoordinasi agar standar stadion kebanggaan masyarakat Jakarta itu bisa menjadi lebih baik lagi.

"JIS dan FIFA pitch management juga sepakat terus melakukan koordinasi setelah U-17 agar ke depannya rumput yang dirawat dan dimonitor secara rutin oleh JIS dan FIFA juga melalui PSSI pitch management bisa menjadi venue yang siap dan lebih baik lagi ke depan nya," ungkap FIFA.


Nyaris Setiap Hari JIS Gelar Pertandingan

FIFA pun menilai rumput JIS sangat optimal meski digunakan dalam intensitas tinggi. Sebagai gambaran, sepanjang Piala Dunia U-17, total 16 laga berlangsung di JIS. Ke-16 laga itu dilakukan hanya dalam tempo 15 hari. Ini berarti nyaris setiap harinya JIS memainkan laga sepak bola level atas.

Jika dikomparasi dalam kompetisi, JIS layaknya memainkan jumlah pertandingan yang sama dengan setengah musim liga yang berlangsung dalam jangka waktu 3-4 bulan.

Hal ini membuktikan bahwa lapangan JIS memiliki kualitas terbaik, hingga dapat mengatasi intensitas pertandingan yang sangat padat. Semua laga berlangsung lancar dan tanpa kendala di atas lapangan.

Infografis Negara Paling Sering Juara Piala Dunia U-17
Infografis Negara Paling Sering Juara Piala Dunia U-17 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya