Terungkap, Sir Jim Ratcliffe Bukan Alasan Richard Arnold Mundur dari Kursi CEO Manchester United

Calon pemilik saham minoritas Manchester United (MU) Sir Jim Ratcliffe rupanya tak memainkan peran apa pun di balik mundurnya Richard Arnold dari kursi CEO Manchester United.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 06 Des 2023, 19:30 WIB
Diterbitkan 06 Des 2023, 19:30 WIB
Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Sir Jim Ratcliffe tak pernah meminta Richard Arnold mundur dari jabatan CEO, meski pihaknya bakal mengakuisis 25 persen saham Manchester United. (AFP/Valery Hache)

Liputan6.com, Jakarta - Calon pemilik saham minoritas Manchester United (MU) Sir Jim Ratcliffe rupanya tak memainkan peran apa pun di balik mundurnya Richard Arnold dari kursi CEO Setan Merah.

Seperti diketahui, pria Inggris berusia 52 tahun itu memang baru saja mengumumkan keinginnya untuk turun takhta dari kursi CEO akhir 2023. Kabar tersebut juga dikonfirmasi oleh pihak klub lewat pernyataan resmi belum lama ini.

Menariknya, berita pengunduran diri Richard Arnold mencuat ketika Sir Jim Ratcliffe setuju membeli 25 persen saham MU. CEO INEOS rela membayar 1,3 miliar poundsterling demi mengambil alih sebagian kepemilikan dari keluarga Glazer.

Sebagai gantinya, Sir Jim Ratcliffe bakal diberi kewenangan untuk mengurusi operasional sepak bola Setan Merah. Miliarder Inggris ini juga sudah santer dikabarkan bakal melakukan perubahan besar-besaran, meski dirinya belum benar-benar tiba di Old Trafford.

Adapun salah satu perubahan pertama yang dianggap sebagai efek kedatangan Sir Jim Ratcliffe ialah mundurnya Arnold dari jabatan CEO. Pemilik Nice itu dicurigai merupakan penyebab petinggi MU meninggalkan posisinya lantaran ia digadang-gadang ingin menempatkan orang-orang kepercayaannya di balik layar Setan Merah.

Namun, belakangan tersiar kabar yang menyebut keputusan Arnold sama sekali tak ada sangkut pautnya dengan kedatangan Sir Jim Ratcliffe. Dia tak pernah meminta Arnold mundur dari jabatannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Calon CEO Baru Manchester United

Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Sir Jim Ratcliffe berniat menempatkan orang-orang kepercayaannya di balik layar Manchester United (MU) setibanya di Old Trafford. (AFP/Valery Hache)

Terlepas dari kisah di balik mundurnya Richard Arnold, Sir Jim Ratcliffe kabarnya sudah menyiapan kandidat baru untuk menggantikan petinggi MU yang cabut. Miliarder Inggris berencana memboyong Jean Claude Blanc untuk mengisi kursi CEO di Old Trafford.

Nama lain yang juga ramai dirumorkan bakal tergusur pasca kedatangan Sir Jim Ratcliffe adalah Direktur Sepak Bola Manchester United John Murtough. Beberapa nama pengganti potensial pun sudah santar terdengar, meski Mirror melaporkan Murtough masih ingin bertahan di MU serta melanjutkan karier di bawah tim baru Ratcliffe.


Kedatangan Sir Jim Ratcliffe Diumumkan Pekan Depan

Foto: Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Inggris yang Dikabarkan Tertarik Beli Manchester United
Sir Jim Ratcliffe (tengah) sendiri merupakan miliarder Inggris yang lahir di Failsworth, Manchester. Ia mengungkapkan bahwa sejak kecil dirinya memang merupakan penggemear MU. (AFP/Valery Hache)

Sekadar informasi, Sir Jim Ratcliffe hingga kini masih belum diperkenalkan secara resmi sebagai pemilik saham minoritas Manchester United.

Miliarder Inggris itu sejatinya sudah melalui proses cukup panjang untuk mengakuisisi Setan Merah, dengan proses pengambilalihan sebagian saham MU semula diperkirakan rampung pada akhir November.

Akan tetapi, Manchester United nyatanya belum kunjung membuat pengumuman soal kedatangan Sir Jim Ratcliffe. Kabar terbaru menyebut pihak klub baru berencana menyambut kedatangan sang miliarder Inggris lewat pengumuman resmi awal pekan depan.


Posisi MU di Liga Inggris 2023/2024

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya