Sambut Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Kedatangan 2 Amunisi Tambahan

Timnas Indonesia kembali kedatangan amunisi tambahan jelang tampil dalam ajang Piala Asia 2023. Dua pemain naturalisasi, Rafael Struick dan Ivar Jenner, sudah tiba di Antalya, Turki untuk bergabung dalam pemusatan latihan bersama rekan-rekannya di skuad Garuda.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 30 Des 2023, 22:52 WIB
Diterbitkan 30 Des 2023, 13:15 WIB
Ivar Jenner dan Rafael Struick - Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia Ivar Jenner dan Rafael Struick resmi bergabung bersama rekan-rekannya untuk menjalani pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia kembali kedatangan amunisi tambahan jelang tampil dalam ajang Piala Asia 2023. Dua pemain naturalisasi, Rafael Struick dan Ivar Jenner, sudah tiba di Antalya, Turki untuk bergabung dalam pemusatan latihan bersama rekan-rekannya di skuad Garuda. 

Seperti diketahui, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sebelumnya memanggil total 29 nama untuk mengikuti TC jelang Piala Asia 2023. Sayangnya tak semua anggota skuad Garuda langsung ikut bertolak ke Turki ketika pemusatan latihan pertama digelar pada 20 Desember lalu. 

Sejumlah nama dilaporkan datang terlambat lantaran masih membela klub masing-masing. Barulah pada Rabu (27/12/2023), Timnas Indonesia kedatangan Jordi Amat, disusul Rafael Struick dan Ivar Jenner yang tiba Kamis (28/12/2023) malam. 

Situs resmi PSSI melaporkan, duo pemain naturalisasi era kepelatihan Shin Tae-yong langsung mengikuti latihan di gym sehari berselang. Keduanya nampak antusias mempersiapkan diri bersama Timnas Indonesia, meski baru saja menempuh perjalanan cukup panjang menuju lokasi TC Skuad Garuda. 

"Saya senang berada di sini setelah perjalanan kemarin. Ini adalah latihan gym pertama saya. Saya sangat bersemangat," ucap Rafael Struick sebagaimana dilansir dari situs resmi PSSI, Sabtu (30/12/2023).

"Saya siap bermain, saya sangat bersemangat ingin bermain di timnas. Saya siap untuk Piala Asia. Oleh karena itu, saya menyiapkan diri beberapa minggu ini agar bisa memberikan yang terbaik bagi tim, untuk menjadi tim yang kuat," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ivar Jenner Sempat Dilanda Cedera

Latihan Resmi Timnas Indonesia Jelang Laga FIFA Matchday Melawan TimnasArgentina
Pemain Timnas Indonesia, Ivar Jenner, sempat dilanda cedera sebelum bergabung bersama rekan-rekannya di Turki untuk mengkuti pemusatan latihan jelang Piala Asia 2023. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Senada dengan pernyataan Rafael Struick, Ivar Jenner juga mengaku antusias mengikuti TC bersama Timnas Indonesia di Turki. Meski sempat dilanda cedera, pesepak bola berusia 19 tahun nampak bersemangat menjajal latihan di gym jelang menyambut kompetisi Piala Asi 2023.

"Sama dengan Rafael, saya juga bersemangat ikut pemusatan latihan di Antalya dan bisa bermain kembali bersama timnas," ucap Ivar Jenner, melansir situs resmi PSSI. 

"Sebelumnya saya sempat dibekap cedera untuk waktu yang lama, dua hingga empat bulan. Saya sangat senang bisa bermain lagi untuk Indonesia."

"Kondisi saya semakin membaik.Namun saya belum bermain lagi selama cedera, jadi sekarang saya bisa bermain, laga pertama nanti bersama timnas, saya sangat senang," pungkas dia.


Indonesia Hadapi Persaingan Sengit

Latihan Timnas Indonesia Jelang Hadapi Timnas Argentina
Pemain Timnas Indonesia, Rafael Struick saat menjalani sesi latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023) sore WIB. Latihan dilakukan sebagai persiapan menghadapi Timnas Argentina pada laga persahabatan FIFA Matchday, 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sekadar informasi, kompetisi Piala Asia 2023 dijadwalkan bergulir mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024 di Qatar.

Timnas Indonesia dipaksa terlibat persaingan sengit lantaran tergabung dalam grup D bersama negara-negara kuat sekelas Jepang, Irak, dan musuh bebuyutan di Asia Tenggara Vietnam. 

Kendati begitu, Rafael Struick menilai Timnas Indonesia punya peluang untuk bersaing di fase grup Piala Asia 2023. Meski dihadapkan pada lawan berat, penggawa Skuad Garuda optimistis ia dan rekan-rekannya mampu tembus ke fase knock-out.

"Lawan kita kuat, tetapi kita juga tim yang kuat dan bagus, jadi saya kira kita punya peluang. Jika kita bekerja keras, kita akan bisa mengambil peluang itu. Semoga kita bisa lolos hingga knock out stage lebih dahulu," ucap Rafael Struick, mengutip situs resmi PSSI.


Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk TC Piala Asia 2023 di Turki

Kiper:

1. Syahrul Trisna - Persikabo

2. Muhamad Riyandi - Persis Solo

3. Ernando Ari - Persebaya Surabaya

 

Belakang:

4. Justin Hubner - Wolverhampton

5. M. Edo Febriansah - Persib Bandung

6. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang

7. Rizky Ridho - Persija Jakarta

8. Jordi Amat - Johor Darul Tazim FC

9. Elkan Baggott - Ipswich Town

10. Sandy Walsh - KV Mechelen

11. Shayne Pattynama - Viking FK

12. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons

13. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

 

Tengah:

14. Saddil Ramdani - Sabah FC

15. Marc Klok - Persib Bandung

16. Ricky Kambuaya - Dewa United

17. Witan Sulaeman - Persija Jakarta

18. Egy Maulana - Dewa United

19. Adam Alis - Borneo FC

20. Arkhan Fikri - Arema FC

21. Yakob Sayuri - PSM Makassar

22. Yance Sayuri - PSM Makassar

23. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

24. Ivar Jenner - Jong Utrecht

 

Depan:

25. Hokky Caraka - PSS Sleman

26. Ramadhan Sananta - Persis Solo

27. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara Presisi FC

28. Dimas Drajad - Persikabo

29. Rafael Struick - ADO Den Haag

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya