Rapor Wakil Asia di Play-off Olimpiade, Timnas Indonesia U-23 Didukung Sejarah?

Timnas Indonesia U-23 menghadapi Guinea pada play-off Olimpiade 2024 di INF Clairefontaine, Kamis (9/5/2024). Pemenang laga ini akan menyusul 15 negara lain yang terlebih dahulu memesan tiket.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 08 Mei 2024, 00:01 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2024, 00:01 WIB
Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23: Semifinal Piala Asia U-23 2024
Timnas Indonesia U-23 menghadapi Guinea di play-off Olimpiade Paris. (AFP/Karim Jaafar)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 menghadapi Guinea pada play-off Olimpiade 2024 di INF Clairefontaine, Kamis (9/5/2024). Pemenang laga ini akan menyusul 15 negara lain yang terlebih dahulu memesan tiket.

Sejak peserta cabang olahraga sepak bola Olimpiade terkena pembatasan usia pada 1992, play-off konfederasi edisi 2024 merupakan kali keenam diterapkan. Namun, pada lima kesempatan sebelumnya, hanya sekali yang melibatkan wakil Asia.

Momen tersebut hadir untuk Olimpiade 2012. Kala itu Oman bersua Senegal demi tiket ke London.

Pada play-off Olimpiade yang berlangsung di City of Coventry Stadium, Oman kesulitan meredam permainan eksposif Senegal. Mereka akhirnya menyerah 0-2 akibat gol Ibrahima Balde dan Abdoulaye Sane.

Patut dicermati pula daftar pemain yang turun di partai tersebut. Senegal diperkuat satu nama yang kemudian menghiasi panggung termegah sepak bola. Sosok itu tidak lain Sadio Mane yang meraup berbagai gelar bergengsi, di antaranya Liga Champions.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tantangan Timnas Indonesia U-23 Melawan Guinea

Ilaix Moriba dipanggil Timnas Guinea U-23 untuk melawan Timnas Indonesia U-23 di play-off Olimpiade Paris.
Ilaix Moriba dipanggil Timnas Guinea U-23 untuk melawan Timnas Indonesia U-23 di play-off Olimpiade Paris. (Bola.com/Dok.AFP/Issouf SANOGO).

Timnas Indonesia U-23 menghadapi tantangan serupa kala bersua Guinea. Ditangani Kaba Diawara, sang lawan memiliki talenta-talenta muda yang sudah berkiprah di Eropa.

Nama terbesar tidak lain Ilaix Moriba. Sebelumnya dia tidak pernah membela Guinea di level usia, termasuk absen saat Guinea melakoni kualifikasi Olimpiade Paris melalui Piala Afrika U-23 2023.

Wajar, level Moriba dianggap sudah terlalu tinggi dan langsung dipercaya memperkuat tim senior. Dia sudah mengantongi 22 caps.

Moriba merupakan produk Akademi Barcelona La Masia. Gaya permainannya ketika baru muncul mengingatkan publik terhadap Yaya Toure.

Namun, keengganan memperpanjang masa kerja pada tahun terakhir kontrak mendorong Barcelona untuk melepasnya ke klub Jerman RB Leipzig pada 2021. Sejak itu dia sudah menjalani dua masa pinjaman bersama Valencia dan Getafe.


Timnas Indonesia U-23 Tantang Guinea

Play-off Olimpide 2024 - Ilustrasi Duel Pertandingan Guinea Vs Timnas Indonesia U-23
Play-off Olimpide 2024 - Ilustrasi Duel Pertandingan Guinea Vs Timnas Indonesia U-23 (Bola.com/Adreanus Titus)

Indonesia dan Guinea melakoni play-off Olimpiade Paris setelah sama-sama menduduki peringkat empat turnamen regional. Indonesia kalah dari Irak pada perebutan peringkat tiga Piala Asia U-23 2024. 

Sementara Guinea harus mengakui keunggulan Mali melalui adu penalti pada laga podium terakhir Piala Afrika U-23 2023. Patut dicermati, Indonesia dan Guinea sama-sama melakoni debut pada kompetisi regional tersebut.

"Peluang kita untuk bisa tampil di Olimpiade masih terbuka. Kita harus berjuang di pertandingan melawan Guinea. Ini merupakan kesempatan terakhir untuk bisa tampil di Olimpiade, harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Bismillah," tukas Ketua Umum PSSI Erick Thohir di situs resmi federasi.

Infografis Timnas Indonesia U-23 Berburu Tiket Terakhir Olimpiade Paris 2024 dan Harapan Menang Lawan Guinea
Infografis Timnas Indonesia U-23 Berburu Tiket Terakhir Olimpiade Paris 2024 dan Harapan Menang Lawan Guinea (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya